counter create hit

10 Saham Dengan Dividen Tertinggi (2022)

Bagikan:

Salah satu keuntungan investasi dibandingkan trading saja ialah penanam modal berhak menerima dividen.

Dividen yakni laba yang dibagikan oleh perusahaan terhadap penanam modal yang mempunyai saham perusahaan tersebut dalam era waktu tertentu. 

Sayangnya, tidak semua saham membagikan dividen. Hal ini mampu terjadi alasannya adalah beberapa alasannya entah itu kondisi keuangan perusahaan yang kurang baik atau memang emiten tersebut sedang fokus membangun bisnisnya sehingga seluruh laba dimasukkan kembali ke kas perusahaan (retained earning). 

Oleh sebab itu, tak heran apabila perusahaan yang membagikan dividen acap kali dikejar oleh para penanam modal.

Berikut ini 10 saham dengan dividen tertinggi:

1. PT. Indo Tambangraya Megah (ITMG)

PT. Indo Tambangraya Megah adalah salah satu saham yang bergerak di bidang pertambangan dan distribusi batu bara. Seiring dengan kenaikan harga watu bara dunia di sepanjang tahun 2021, maka tak heran kalau perusahaan ini juga kedapatan buahnya.

ITMG tercatat mempunyai laba bersih sebesar 461.730 miliar USD hingga selesai Desember lalu. Jumlah ini meningkat 13,5% dibandingkan keuntungan tahun 2020 yang hanya sekitar 31 miliar USD saja.

Pada selesai Oktober 2021 lalu, perusahaan ini mengumumkan akan membagikan dividen sebesar 1,33 triliun rupiah sehingga penanam modal bisa mendapatkan dividen sebesar 1218 rupiah per lembar saham. Angka tersebut mengakibatkan ITMG selaku salah satu saham dengan dividen paling tinggi.

2. PT. Indocement Tunggal Prakarsa (INTP)

Pada Juli tahun 2021 lalu, manajemen PT Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) memberitahukan akan membagikan dividen senilai 1,8 triliun rupiah. Uang untuk dividen ini diambil dari pemasukan perusahaan tersebut tahun 2020. Dari hasil pembagian dividen ini, masing-masing penanam modal berhak mendapatkan dividen senilai 725 per lembar saham. 

Baca Juga:   Mengenal Fraksi Harga Saham: Pergantian Aturan Dan Dampaknya

PT Indocement Tunggal Prakarsa atau INTP ialah perusahaan produsen semen paling besar kedua di Indonesia. Didirikan secara resmi pada tahun 1985, perusahaan ini bantu-membantu ialah adonan perusahaan-perusahaan semen yang lebih kecil. INTP mulai IPO pada tahun 1989. 

Sejak dikala itu, INTP rajin membagikan dividen. Termasuk diantaranya pada tahun 2019 dan 2020. Ketika itu, lembar setiap saham yang beredar masing-masing menerima jatah 500 dan 225 rupiah. 

3. PT. Adira Multi Dinamika Finance (ADMF)

ADMF ialah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan mirip, pembiayaan kendaraan bermotor, elektronika dan berbagai jenis pembiayaan yang lain. Mulai beroperasi sejak tahun 1991, PT. Adira Multi Dinamika Finance mulai melantai di bursa semenjak tahun 2004. 

Meskipun pemasukan pada tahun 2020 sempat anjlok 50%, tetapi perusahaan ini terus berkomitmen untuk membagikan dividen terhadap pemilik saham perseroan. Tercatat pada Juni 2021, Adira mengumumkan akan membagikan saham senilai 513 per lembar saham. Dengan jumlah tersebut, ADMF tergolong saham dengan dividen tertinggi di Indonesia.

4. PT. Unggul Cahaya Tunggal Tbk (UNIC)

Perusahaan lain yang membagikan dividen namun tidak tergolong anggota indeks IDX High Dividend 20 yakni PT. Unggul Cahaya Tunggal Tbk (UNIC). Pada Desember 2021 kemudian, perusahaan ini memberitahukan akan membagikan dividen sebesar 172,4 miliar rupiah atau sekitar 450 rupiah per lembar saham. 

PT. Unggul Cahaya Tunggal Tbk (UNIC) adalah perusahaan produsen alkylbenzene, materi kimia utama untuk produk deterjen. Sepanjang tahun 2021, perusahaan ini mencatatkan kinerja yang cukup baik dengan menghasilkan laba sebesar 41,8 miliar USD pada kuartal 3 2021. Nilai ini naik 3 kali lipat lebih dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

5. PT. Hexindo Adiperkasa (HEXA)

Jika berbicara tentang alat berat mirip forklift, ekskavator dan yang lain pasti Anda sudah cukup erat dengan alat berat bermerek Hitachi. Nah, PT. Hexindo Adiperkasa (HEXA) ini ialah perusahaan penyedia alat-alat berat tersebut dari Jepang ke Indonesia. 

Perusahaan yang telah bangkit semenjak tahun 1989 ini pada September 2021 kemudian menginformasikan akan membagikan dividen sebesar 70,48 juta USD sehingga per lembar saham yang dipegang penanam modal akan mendapatkan dividen sebesar 351 rupiah.Hal ini bisa terjadi alasannya perusahaan ini mencatatkan performa cukup baik sepanjang tahun. 

Baca Juga:   Apa itu SID, RDN, SRE dan Kartu AKSes

6. PT. United Tractors (UNTR)

Perusahaan agen alat berat lain yang masuk ke dalam list ini yakni perusahaan distributor alat berat merek Komatsu yaitu PT United Tractors (UNTR). Pada 27 September 2021 lalu, manajemen perusahaan ini mengumumkan bahwa akan membagikan dividen sebesar 1,25 triliun atau 335 rupiah per lembar saham. 

Perusahaan ini sendiri mencatatkan kinerja yang cukup memuaskan tahun kemudian. UNTR per September 2021 sukses mendapatkan penghasilan komprehensif sebesar 9,4 triliun atau naik 3 triliun dari masa yang sama tahun sebelumnya. 

7. PT. Indofood Sukses Makmur (INDF)

INDF yang ialah salah satu perusahaan consumer goods terbesar di Indonesia memberitahukan akan membagikan dividen total 2,44 triliun rupiah pada September 2021. Apabila dibagi per saham, maka masing-masing lembar saham akan kebagian 278 rupiah. 

Terlepas dari kinerja baiknya selama tahun 2021, INDF memang cukup rajin membagikan dividen. Tercatat sejak tahun 2016, perusahaan ini terus membagikan dividen tinggi terhadap penanam modal dengan jumlah sekitar 235 sampai 278 rupiah per lembar. Hanya saja, lazimnya perusahaan ini membagi rata labanya (50% retained earning, 50% untuk dividen) tetapi kali ini hanya 38% untuk dividen dan sisanya masuk kembali ke kas perusahaan. 

8. PT. Bank Mandiri (Persero) (BMRI)

Terlepas dari penurunan keuntungan perusahaan ke 14 triliun pada September tahun 2020,  Bank Mandiri terus berkomitmen untuk menawarkan dividen terhadap investor. Hal ini dibuktikan dengan pengumuman pembagian dividen ke investor BMRI pada Maret 2021 lalu. Ketika itu, pihak manajemen mengumumkan akan membagikan dividen sebesar 10,2 triliun atau 220 rupiah per lembar saham. 

Berbeda dengan bank HIMBARA lainnya yang sudah ada semenjak sebelum kemerdekaan RI, Bank Mandiri ialah bank yang lahir dari merger 5 bank kecil akhir krisis 1998. Seiring dengan perbaikan ekonomi Indonesia dan perbaikan administrasi perusahaan, kini bank berwarna biru ini sudah menjadi salah satu bank dengan nilai aset paling besar di negeri ini. 

9. PT. Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP)

Keluarga Indofood lain yang masuk ke dalam list ini ialah ICBP atau PT. Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP). Perusahaan milik grup Salim ini tercatat membagikan dividen per lembar saham sebesar 215 rupiah pada tahun 2021. 

Baca Juga:   Cara Evaluasi Teknikal Saham

Sama seperti INDF, ICBP juga bersungguh-sungguh membagikan dividen. Tercatat sejak tahun 2010, perusahaan ini setiap tahun terus membagikan dividen kepada investor dengan rentang nilai 116 hingga 215 rupiah per lembar saham. Dari segi payout ratio, ICBP juga sering membagi rata labanya antara dibagikan dalam bentuk dividen atau disimpan kembali jadi kas perusahaan. 

10. PT. Telkom Indonesia (Persero) (TLKM)

Siapa yang tidak mengenal market leader saham telekomunikasi di Indonesia ini?. Perusahaan ini pada Mei 2021 menginformasikan akan membagikan dividen senilai 16,4 triliun rupiah atau 168 rupiah per lembar saham.

Menurut kebijakan dividen perusahaan, rasio pembagian dividen dari total laba perusahaan beragam antara 60%-90%. Pada pembagian dividen kali ini, persentase payout ratio untuk dividen adalah sebesar 80% dari keuntungan sementara sisanya masuk ke dalam retained earning perusahaan.


Bagikan:
close