counter create hit

10 Tips Meninggalkan Rumah Dikala Pulang Kampung Supaya Kondusif

Bagikan:

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik – Setelah sebelumnya kita telah membahas perihal kiat mudik pakai kereta api dan pakai transportasi yang lain, kali ini kami akan membicarakan tentang tips meninggalkan rumah saat pulang kampung agar aman. Sebelum kepembahasan utama, pulang kampung adalah salah satu hal yang sungguh lumrah di tanah air kita ini, dimana setiap tahun atau saban hari raya Idul Fitri para pemudik akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan idul fitri bersama dengan keluarga mereka.

Mudik juga menjadi fenomena yang sangat unik dan cuma ada di Indonesia saja. Bahkan pada tahun 2015, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Perhubungan memperkirakan bahwa pemudik mencapai angka 20 juta yang mungkin sudah naik sampai tahun ini. Berbicara tentang pulang kampung, kita pastinya akan meninggalkan rumah untuk rentang waktu yang cukup lama, maka dari itu kalian harus waspada akan langkah-langkah kriminal yang kerap terjadi, mirip pencurian, perampokan dan lain-lain yang tentunya sangat membuat kita khawatir.

Maka dari itu sebelum meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman, sebaiknya kalian mengevaluasi semua yang ada di rumah semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya dengan mengunci pintu rumah, jendela atau lemari dan jangan sesekali meninggalkan barang berharga di rumah alasannya adalah hal tersebut sangatlah beresiko pada dikala rumah ditinggal. Bagi kalian yang mungkin memiliki saudara yang tidak pulang pulang kampung, kalian mampu meminta sumbangan mereka untuk meninggali rumah yang kalian tinggal atau cuma sekedar memantaunya.

Baiklah daripada ingin tau lebih baik eksklusif saja kita simak ulasan mendalam mengenai kiat meninggalkan rumah saat pulang kampung yang mampu eksklusif kalian simak berikut ini.

Daftar Isi

Baca Juga:   Harga Harley Davidson Bekas Paling Murah 2022

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Agar Aman

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Agar Aman - 10 Tips Meninggalkan Rumah Dikala Pulang Kampung Supaya Kondusif

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Agar Aman

1. Kunci Semua Pintu dan juga Jendela

Tips meninggalkan rumah ketika mudik semoga aman yaitu dengan mengunci semua pintu dan juga jendela serta lemari. Tips ini termasuk hal yang wajib dilakukan sebelum kalian pergi mudik ke kampung halaman. Kalian dapat menyertakan gembok di bagian pintu dan jendela biar lebih aman dari tindak pencurian.

2. Cabut Listrik dan Gas untuk Meminimalisir Resiko Kebakaran

Selanjutnya yakni dengan mencabut listrik dan gas untuk mengurangi kebakaran. Kebakaran umumnya terjadi alasannya adalah konsleting listrik, maka jangan lupa untuk mencabut perangkat elektronika yang masih tertancap dan kemudian copot regulator dari tabung gas untuk menyingkir dari kebocoran gas.

3. Jangan Lupa Mematikan Saluran PAM dan juga Kran Air

Lalu tentukan terlebih dulu bila terusan PAM sudah dimatikan. Hal ini bertujuan semoga pengeluaran tidak membesar dan tidak terjadi kebocoran saat rumah ditinggalkan.

4. Hindari Hal-hal yang Menunjukkan Bahwa Rumah Sedang Kosong

Disini kalian dapat meminta derma terhadap tetangga lokal untuk mematikan atau menyalakan lampu rumah supaya rumah tidak terlihat sedang ditinggal. Dan bila kalian berlangganan koran, kalian dapat memerintahkan distributor koran untuk tidak mengirim koran saat ditinggal pulang kampung. Yang paling penting carilah orang terpercaya untuk senantiasa mengawasi rumah kalian agar lebih kondusif.

5. Usahakan Menyimpan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Tips meninggalkan rumah ketika pulang kampung yang kelima yaitu usahakan untuk tidak menyimpan barang berguna ditempat yang terbuka atau mudah diketahui oleh pencuri. Kami lebih menyarankan untuk menyimpan duit atau pemanis di bank atau pegadaian, alasannya akan lebih aman. Sedangkan untuk kendaraan yang kalian miliki mampu kalian titipkan ke tetangga terdekat yang dapat mengemban amanah.

Baca Juga:   6 Cara Menciptakan Sim Internasional 2022 : Syarat Dan Ongkos Pengerjaan

6. Titipkan Rumah terhadap Orang yang Dipercaya

Tips meninggalkan rumah dikala pulang kampung yang berikutnya adalah dengan menitipkan rumah kita terhadap tetangga atau saudara yang dapat dipercaya. Mintalah mereka agar selalu menganalisa keadaan rumah saat kita sedang pulang kampung. Atau kalian juga mampu meminta terhadap RT/RW lokal atau keselamatan lokal.

7. Bersihkan Rumah dan Tutup Semua Lubang Pembuangan

Untuk menyingkir dari busuk wangi dan serangan serangga seperti nyamuk, kecoa dan tikus. Kalian dapat apalagi dahulu membersihkan seluruh isi rumah dengan pembersih dan semprotan serangga mulai dari kamar, dapur, kamar mandi, ruang tamu dan lain-lain.

8. Hindari Narsis Pamer Mudik ke Sosial Media

Hal ini yang umumnya sering kita lalaikan dan malah mengundang para kriminalitas untuk bertindak kejahatan. Sosial media memang tidak pernah lepas dari hidup kita, dimana gadget senantiasa ada di tangan kita dan tak pernal lepas dari pantauan kita. Disini kami menyarankan untuk jangan sesekali mengupdate ke sosial media saat kita sedang mudik ke kampung halaman. Karena hal tersebut akan menjadi celah bagi para pelaku kejahatan.

9. Pasang Lampu Otomatis

Kemudian kalian dapat memasang jenis lampu otomatis yang sudah dilengkapi dengan rangkaian elektro yang mutakhir, dimana mampu mendeteksi cahaya terang dan gelap sehingga akan secara otomatis menyala dan mati. Karena kalau lampu menyala terus menerus di siang hari, ini akan menarik minattamu yang tidak diundang.

10. Pasang Alarm Pengintai atau CCTV

Tips meninggalkan rumah ketika pulang kampung yang terakhir ialah dengan memasang alarm pengintai atau CCTV. Hal ini juga mampu dianggap cukup diharapkan sebab kita bisa mengawasi rumah dari kejauhan cuma dengan memakai smartphone. Letakan CCTV ditempat yang riskan mirip ruang tamu, teras dan juga kamar.

Nah itulah beberapa kiat meninggalkan rumah saat mudik supaya aman. Kalian juga mampu membaca artikel lain mirip tips pulang kampung pakai kereta api dan daftar harga tiket bus lebaran di artikel lainnya. Mungkin cuma ini saja yang mampu kami sampaikan, supaya postingan diatas dapat berfaedah bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga:   15 Tips Pulang Kampung Pakai Motor Yang Nyaman, Kondusif & Tak Mudah Lelah


Bagikan:
close