Mengatasi Hang, Susah Download Aplikasi, Baterai Cepat Habis dan Panas Pada HP Android

kichanhelp.com -Meskipun teknologi smartphone yang ada saat ini sudah semakin canggih, nyatanya masalah-masalah yang menyertainya pun masih tetap menjadi momok yang merugikan pengguna.

Terutama di smartphone Android, berbagai masalah-masalah yang sering terjadi bisa sangat beragam, entah itu masalah dari sisi software maupun hardware.

kichanhelp sudah merangkum 7 masalah yang sering terjadi di pada perangkat Android. Kalian pengguna smartphone Android pun dijamin pasti pernah mengalaminya. Lalu adakah cara mengatasi masalah-masalah tersebut?

7 Masalah yang Sering Terjadi di HP Android dan Cara Mengatasinya

1. Hang

Masalah yang satu ini mungkin jarang terjadi pada smartphone yang mempunyai spesifikasi tinggi. Namun, untuk smartphone kelas menengah, masalah hang pada Android bukan hal yang aneh. Karena biasanya banyak smartphone Android yang mengalami hang saat menjalankan suatu aplikasi. Nah, cara untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu rutin membersihkan file cache. File tersebut memang sering membuat Android menjadi hang pada beberapa kasus.

2. Baterai Cepat Habis

Selain sering hang, baterai cepat habis juga sering menjadi masalah bagi beberapa pengguna. Sistem Android memang belum sepenuhnya mampu mengoptimalisasi penggunaan baterai. Jadi tak jarang orang yang merasa baterainya menjadi cepat boros, namun sebenarnya cara untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah. Cobalah untuk mematikan fitur yang tidak terpakai seperti GPS dan WiFi. Selain itu mengatur kecerahan juga bisa membuat baterai jadi lebih awet.

3. Cepat Panas

Android juga sering mengalami masalah suhu pada smartphone yang mendadak menjadi sangat tinggi atau cepat panas. Biasanya masalah ini sering terjadi saat penggunaan yang cukup intens ataupun kondisi jaringan yang tidak stabil. Jadi solusinya kamu bisa mematikan koneksi internet saat jaringan yang kurang stabil. Karena saat jaringan tidak stabil, smartphone akan terus berusaha untuk mencari jaringan dan itu bisa menyebabkan smartphone jadi cepat panas. Selain mematikan jaringan, kamu juga bisa mengurangi penggunaan smartphone yang berlebih, misalnya pada saat gaming.

4. Susah Download dari Play Store

Masalah satu ini juga cukup sering menghantui para pengguna Android. Umumnya hal ini terjadi saat kita hendak menginstall aplikasi dari Play Store namun pihak Google selalu menggagalkannya. Kejadian semacam ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti koneksi internet kalian yang kurang memadai, memori internal kalian yang terlalu penuh, atau bisa juga karena file cache yang terlalu menumpuk dan jarang dibersihkan. Cara mengatasinya, kalian bisa menggunakan koneksi Wi-Fi yang stabil saat ingin mengunduh aplikasi, atau mengosongkan memori internal serta membersihkan file cache yang menumpuk di smartphone.

6. Terinfeksi Virus

Meskipun produsen smartphone terus berlomba dalam penanganan masalah keamanan pada perangkat Android, nyatanya virus malware yang dibuat oleh orang-orang tak bertanggung jawab juga tak kalah canggih untuk mengalahkan sistem keamanan tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan menginstall aplikasi antivirus pihak ketiga yang sudah terbukti dan terpercaya untuk membasmi virus-virus pada smartphone serta mencegahnya terinfeksi kembali.

7. Bootloop

Sebagian besar pengguna Android juga pernah mengalami kejadian dimana perangkatnya tiba-tiba bootloop atau hanya stuck hingga di logo. Bootloop pada Android memang cukup sering terjadi, biasanya diawali dengan smartphone yang menjadi hang dan tiba-tiba mati. Namun, ketika dihidupkan malah hanya stuck di logo, untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya cukup rumit. Kamu bisa mencoba mematikan smartphone dan melepas baterainya selama sesaat dan menghidupkan kembali smartphone. Tapi jika belum berhasil, maka kalian harus membawanya ke tempat servis untuk diperbaiki.