Cara Simple Memperbaiki LCD HP Rusak Atau Kurang Responsif

Kichanhelp.com – Ponsel layar sentuh tentu terlihat keren dan menyenangkan saat kerjanya normal. Tapi, saat rusak atau kurang sensitif, segala kemudahan yang sebelumnya Anda dapatkan pun sirna. Menjelma jadi rasa frustasi dan jengkel.

Pasalnya, cuma lewat layar LCD saja kita bisa mengoperasikan perangkat. Maka, wajar jika saat LCD rusak, banyak aktivitas Anda terganggu.

Umumnya, saat menghadapi kondisi ini, kita akan segera menghubungi layanan perbaikan terdekat. Dengan harapan, bantuan profesional di bidangnya bisa membantu mengatasi hal ini.

Cara Memperbaiki Layar HP Rusak Paling Mudah

Beruntungnya, ada juga beberapa cara memperbaiki LCD HP yang rusak dan bisa Anda lakukan sendiri. Mulai dari langkah paling mudah, hingga yang sulit.  Jika Anda ingin melakukannya sendiri, kichanhelp sudah merangkum  beberapa cara memperbaiki layar HP rusak paling mudah dari berbagai sumber.

Mulai Ulang (Restart) Perangkat

Mungkin langkah ini terdengar dasar dan terlalu sederhana. Tapi, pada sebagian besar perangkat, melakukan restart bisa jadi solusi paling gampang untuk mengatasi kerusakan pada layar.

Pada perangkat Android, restart perangkat bisa dilakukan dengan mudah. Cukup tekan dan tahan beberapa saat tombol Power. Tahan hingga muncul menu baru di layar. Pilih menu ‘Mulai Ulang’ agar perangkat bisa menjalankan restart.

Sementara itu, pada iPhone, caranya tidaklah sulit. Pada seri iPhone X dan yang terbaru, Anda bisa menekan lalu tahan tombol di samping dan tombol ‘Volume Down’ secara bersamaan. Sedangkan pada seri yang lebih lawas, cukup tekan dan tahan tombol ‘Sleep/Wake’.

Bersihkan Layar dan Lapisan Pelindung

Pada beberapa kasus, layar HP jadi kurang responsif atau sensitif akibat debu yang melapisinya. Baik lapisan pada layar sentuh atau pada kaca pelindung.

Cara mengatasinya pun tak sulit. Anda cuma perlu membersihkan layar dan kaca pelindung. Tapi, jangan gunakan sembarang kain untuk membersihkannya. Pasalnya, tekstur kasar milik kain tertentu justru bisa menggores layar dan menambah kerusakan.

Untuk membersihkan layar HP, Anda perlu menyiapkan kain mikrofiber. Jika Anda menggunakan kacamata, bisa memanfaatkan kain pembersih kacamata. Tekstur halus dari kain tersebut lebih aman jika digunakan untuk membersihkan layar ponsel Anda.