Apa Itu Maintenance Di Game? Ini Penjelasannya

Game online tidak selalu aktif. Kadang ada perbaikan khusus terpola, dan saat perbaikan kita jadi tidak bisa masuk ke dalam gamenya. Nah, perbaikan ini punya perumpamaan tersendiri, ialah maintenance. Untuk yang sering main game online, perumpamaan ini berdasarkan saya wajib lho dimengerti. Untuk itu, di
sini aku akan sedikit membahas, tentang apa sih itu maintenance di game, dan apa yang terjadi dikala game sedang dalam maintenance. Berikut pembahasannya.

Apa Itu Maintenance Pada Game?

Maintenance artinya kurang lebih ialah pemeliharaan yang bermaksud untuk memperbaiki, memperbarui atau menangani masalah di sebuah game. Ketika game
sedang dalam mode maintenance, umumnya pemain tidak akan mampu masuk ke game, atau acap kali dibatasi. Durasi waktu untuk maintenance di game juga sifatnya acak. Ada yang singkat, ada juga yang lama sesuai dengan banyaknya update.

Tujuan Maintenance Pada Game

Tujuan Maintenance Game

Setiap game online pasti mempunyai acara maintenance. Nah, ada beberapa tujuan dari maintenance ini. Berikut di antaranya:

1. Perbaikan Server

Data dari game online terdapat di suatu server. Karena itu, pemeliharaan serta perbaikan server senantiasa dibutuhkan sesekali. Apalagi jika game tersebut mempunyai banyak pemain. Meskipun biasanya perbaikan ini dilakukan dengan update lain. Nah, untuk pemeliharaan server yang saya maksud, seperti:

  • Perbaikan server kalau
    ada problem, mirip sering lag
  • Peningkatan server
    semoga lebih stabil
  • Backup data pemain biar tidak hilang
  • Penambahan server baru
  • Perpindahan server atau merge
    server

2. Perbaikan Bug

Tidak jarang kita bisa memperoleh bug di sebuah game. Baik itu bug biasa yang sering terjadi di gameplay hingga bug keselamatan. Kalau bug tidak segera diperbaiki, tentunya bisa membuat gameplay dan kenyamanan di game tersebut jadi menurun. Maka dari itu maintenance dibutuhkan untuk memperbaiki bug yang ada tersebut agar hilang.

3. Penambahan Fitur

Maintenance juga mampu berarti ada penambahan fitur. Contohnya yang paling sering yaitu terdapatnya event mingguan, bulanan atau season. Adanya penambahan fitur ini bermaksud untuk menciptakan game tersebut jadi tidak monoton. Sehingga pemain mampu mencari hal gres di game tersebut.

4. Penambahan Hero, Item dan Sejenisnya

Tidak hanya fitur, tujuan maintenance yang lain juga bisa untuk menambahkan elemen baru di dalam game. Contoh komponen yang saya maksud, mirip hero, item, equip dan yang lain. Game yang paling kerap mendapatkan update dari maintenance ini pada umumnya genre MOBA atau RPG. Karena genre ini memiliki unsur elemen yang saya sebut barusan.

Apakah Maintenance Ada Di Semua Game?

Maintenance cuma berlaku untuk game online saja, dimana pemain harus mengaktifkan koneksi internet untuk bermain game tersebut. Sedangkan untuk game offline, maintenance tidak ada, melainkan diganti dengan yang namanya patch. Pada patch ini developer akan menyediakan data update yang nantinya kita pasang secara manual. Kaprikornus selama update belum dipasang, game tetap bisa kita mainkan sesuai harapan.

Untuk lebih jelasnya, patch ini pernah aku diskusikan. Berikut silakan cek postingan apa itu patch di game.

Akhir Kata

Untuk yang sering main game online, harusnya perumpamaan maintenance akan sering dijumpai. Kesimpulannya maintenance yaitu update pada game, yang mencakup perbaikan, penambahan fitur atau peningkatan tertentu untuk gamenya.

Adanya maintenance tidak lain adalah untuk membuat para pemain tetap nyaman saat memainkan gamenya.

Kalau kurang terang, silakan kirim saja pertanyaan yang ingin ditanyakan melalui kolom komentar ya.

Semoga
berfaedah.