Arti Grinding Di Game

Setiap genre game lazimnya memiliki istilah masing-masing. Di FPS, taktik, RPG dan lain-lain. Nah, khusus di RPG ada perumpamaan khusus yang disebut grinding. Sekilas sebelumnya, grinding ini mempunyai arti yang kurang lebih nyaris seperti dengan farming. Supaya tidak salah diartikan, berikut di postingan ini aku ingin menjelaskan apa itu istilah grinding di game.

Apa itu Grinding di Game?

Game Dragon Quest Ellusive

Grinding ialah perumpamaan yang memiliki arti mengumpulkan EXP untuk memperkuat aksara game. Istilah lainnya yakni developing aksara. Grinding dikerjakan dengan cara hunting atau menyelesaikan side quest beberapa kali. Istilah ini timbul di game RPG, ketika karakter kesulitan menyelesaikan main quest sebab level yang dimiliki masih rendah, lalu pemain melaksanakan grinding untuk memaksimalkan level tersebut. Contoh game RPG-nya ada banyak. Seperti Atlantica Online, RF Online, Dragon Quest (gambar di atas) dan lainnya.

Perbedaan Grinding dan Farming di Game

Perbedaan Grinding dan Farming

Pada pemain game RPG gres, sering kali masih banyak yang sering salah mengartikan antara ungkapan grinding dan farming. Karena secara garis besarnya pengertian antara kedua ungkapan ini memang mirip-seperti. Berikut perbedaan grinding dan farming.

1. Grinding Umumnya untuk Level

Secara garis besar, istilah grinding ini lebih difokuskan untuk mengumpulkan EXP, sehingga level aksara di game mampu cepat naik. Umumnya orang yang sedang melaksanakan grinding akan terlihat dikala ia senantiasa mengambil side quest dengan EXP besar. Entah didapat dari reward quest atau drop EXP dikala kill monster.

2. Farming Umumnya untuk Item

Berbeda dengan grinding, farming di game secara umum artinya bertujuan untuk mencari item tertentu. Misalnya di game tersebut Anda butuh item tertentu untuk melawan bos lawan. Maka di sini Anda akan mengumpukan itemitem tersebut. Nah, ketika menghimpun itemitem tersebut, prosesnya disebut sebagai farming.

3. Grinding untuk Objective Tertentu

Selain level, grinding juga memiliki tujuan untuk fokus ke pengembangan karakter pada suatu game. Misalnya mirip statistik aksara. Entah dari sisi agility, attack, defend dan lain-lain, proses mengembangkan statistik disebut sebagai grinding.

4. Farming untuk Resource Tertentu

Mirip mirip item sebelumnya, farming juga dapat diartikan selaku proses dikala kita sedang menghimpun resource tertentu. Hanya saja artinya lebih luas dari item. Misalnya resource untuk mendapatkan crafting, untuk mengembangkan kualitas sebuah barang di game yang kita punya dan masih banyak lagi.

Jenis Game Apa Saja yang Terdapat Grinding?

Seperti yang disebut sebelumnya di awal, perumpamaan grinding cuma terdapat di game RPG saja. Alasannya alasannya adalah genre game tersebut memiliki abjad yang paten, level dan quest, sesuai dengan arti grinding sendiri.

Contoh game yang menerapkan istilah grinding, seperti:

  • Runescape
  • Black
    Desert Mobile
  • Atlantica
    Online
  • Genshin
    Impact

Meski demikian, istilah grinding sebagian orang juga sering menyebutnya di game MOBA. Karena game MOBA juga memiliki fitur level serta hunting resource tertentu. Tapi untuk ungkapan di MOBA ini, akan lebih sempurna jika aktivitasnya disebut selaku farming. Bukan grinding.

Akhir Kata

Istilah grinding banyak disebut orang-orang yang sering main game RPG. Apalagi di game-game RPG yang memang punya nama besar. Seperti Genshin Impact, Final Fantasy, Ragnarok Online dan lain-lain.

Nah, dengan adanya pembahasan artikel ini, diharapkan mampu menolong untuk mengetahui apa itu perumpamaan grinding. Khususnya untuk yang belum tahu. Tapi bila dirasa ada yang kurang dimengerti, silakan tanya saja langsung ke kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga
berfaedah.