Mengenal Gorilla Glass Pada Hp

Saat memilih HP, kita akan diberikan info spesifikasi setiap komponennya. Salah satunya adalah layar. Di layar, kita mampu mengenali jenis, ukuran dan resolusi. Tidak ketinggalan juga fitur dari layar tersebut. Nah, fitur yang banyak ditemui yakni Gorilla Glass. Buat yang belum tahu mengenai Gorilla Glass, bisa cek pembahasan berikut ini.

Apa itu Gorilla Glass?

Mengenal Gorilla Glass

Gorilla Glass ialah salah satu fitur pelengkap di layar HP, yang berfungsi untuk membuat layar menjadi lebih kokoh. Maksudnya kuat di sini ialah untuk membuat layar HP Anda jadi tidak mudah tergores, dan bisa meredam benturan supaya layar tidak eksklusif rusak. Gorilla Glass sendiri memiliki ketebalan yang tipis. Sehingga tidak mensugesti pemakaian secara pribadi.

Versi Gorilla Glass

Versi Gorilla Glass

Dari awal perkembangannya hingga kini, Gorilla Glass sudah memiliki 6 versi yang biasa dipakai. Tentunya tiap fitur mempunyai kelebihan dan perkembangannya tersendiri. Berikut daftar versi Gorilla Glass:

1. Versi 1

Gorilla Glass versi 1 pertama kali dikenalkan dan dipasang di iPhone yang dikala itu masih dikembangkan Apple Inc pada tahun 2006. Alasan Apple memakai Gorilla Glass sendiri yaitu karena tertarik dengan fitur yang disediakan. Yaitu ketebalan lapisannya hanya 1.5 mm, serta dilengkapi oleophobic yang berfungsi untuk melindungi layar dari minyak, sidik jari dan noda.

2. Versi 2

Versi kedua Gorilla Glass dirilis pada tahun 2012 dengan beberapa komplemen fitur pada layar. Salah satu peningkatannya yakni membuat layar Gorilla Glass 20% lebih tipis dari model pertama. Selain itu, Gorilla Glass 2 ini juga mempunyai sensitivitas yang lebih baik dan transparan dari cahaya.

3. Versi 3

Gorilla Glass model tiga dirilis pada tahun 2013, yang secara khusus waktu itu dipublikasikan oleh Corning. Pada versi ini, Gorilla Glass menerima kenaikan fitur. Salah satunya adanya teknologi NDR (Native Damage Resistance). Fungsi dari fitur ini memungkinkan layar mampu menahan gesekan lebih baik 35% dari model sebelumnya.

4. Versi 4

Gorilla Glass versi empat dirilis pada tahun 2014. Fitur gres dari model ini yakni mempunyai ketahanan ketika HP terjatuh dari ketinggian 0,8 meter di permukaan bernafsu. Sederhananya bisa dikatakan Gorilla Glass model 4 ini dua kali lebih besar lengan berkuasa dibanding model sebelumnya.

5. Versi 5

Gorilla Glass model 5 dikembangkan untuk menyempurnakan Gorilla Glass model 4. Di versi ini, layar akan jadi empat kali lebih kuat. Di antaranya bisa melindungi layar saat terjatuh dari ketinggian 1,6 meter, mampu meminimalisir 80% retakan saat HP terjatuh dari ketinggian 1 meter, dan lain-lain.

6. Versi 6

Gorilla Glass versi 6 ketika awal dirilis banyak dipakai oleh HP flagship. Seperti Sony Xperia 1, dan Samsung Galaxy 10. Di versi ini, Gorilla Glass memiliki ketahanan dua kali lebih berpengaruh dari versi sebelumnya. Dan mampu melindungi layar dikala terjatuh dari ketinggian 1 meter sebanyak 15 kali.

Kelebihan Gorilla Glass

Memakai Gorilla Glass pastinya memiliki kelebihan tersendiri. Di antaranya:

  • Meminimalisir layar rusak
    akibat terjatuh
  • Mengurangi risiko gesekan yang bisa
    merusak layar
  • Memiliki fitur oleophobic
    untuk melindungi layar dari minyak, sidik jari ataupun yang lainnya
  • Memperpanjang periode pakai HP

Perlukah Memakai Gorilla Glass?

Untuk Anda yang ingin berbelanja HP, perlu atau tidaknya Gorilla Glass bergotong-royong tergantung dari pemakaian. Kalau HP Anda dirasa sering dibawa ke luar
rumah, maka adanya fitur Gorilla Glass bisa menolong untuk membuat HP jadi lebih abadi. Baik secara pribadi maupun tidak. Apalagi bila HP yang telah Gorilla Glass, dipasang lagi antigores pemanis mirip tempered glass. Layar akan jadi lebih besar lengan berkuasa nantinya.

Akhir Kata

Itulah klarifikasi tentang apa itu Gorilla Glass. Salah satu fitur pelindung layar yang banyak digunakan HP-HP sekarang. Ada pertanyaan seputar Gorilla Glass? Langsung saja tuliskan lewat kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga
berfaedah.