Mengenal Pcie Pada Motherboard

Motherboard mempunyai bagian-unsur internal terpasang. Salah satunya adalah port atau slot PCI express. PCI express ini mempunyai beberapa fungsi, ukuran serta karakteristik yang berlawanan-beda. Tergantung dari tipe motherboardnya. Nah, di sini saya ingin membicarakan mengenai apa itu PCIe pada motherboard secara lengkap.

Apa itu PCIE?

Contoh PCI di Motherboard

PCI express atau umumdisebut PCIe yaitu unsur yang berperan sebagai port untuk menghubungkan antar bagian tertentu di PC. Salah satunya untuk VGA. PCIe sendiri merupakan abreviasi dari Peripheral Component Interconnect Express. Dan PCI-e ini memiliki jenis tersendiri tergantung dari perlindungan motherboard. Misalnya pada motherboard ASRock A320M-HDV, menggunakan komponen PCIe 3.0×16 dan PCIe 2.0×1. Artinya PCIe yang dipakai adalah model 3 ukuran 16 (82 pin) dan model 2 ukuran 1 (18 pin).

Versi PCI-E

Versi Port PCI

PCIe mempunyai 4 model yang umum kita jumpai ketika ini. Semakin tinggi versinya, maka kecepatan bandwidth-nya akan makin meningkat. Berikut versi
PCIe yang ada di motherboard:

1. PCI Express 1.0

PCIe model 1.0 memiliki kecepatan bandwidth sebesar 2 Gbit/s. Sedangkan di ukuran slot x16, kecepatan bandwidth yang dimiliki menjadi 32 Gbit/s. Tapi di pasaran, model ini telah jarang dijumpai.

2. PCI Express 2.0

Terdapat dua kali peningkatan lebih singkat pada PCIe model 2.0 dari sebelumnya, yaitu slot ini mempunyai bandwidth sebesar 4 Gbit/s. Dan dikala Anda menggunakan slot x16 di model PCIe 2.0 ini, maka kecepatannya akan menjadi 64 Gbit/s.

3. PCI Express 3.0

PCIe model 3.0 ini ialah yang paling biasa kita temui. Alasannya alasannya model ini memiliki kecepatan bandwidth yang cukup mumpuni, ialah sebesar 7,877 Gbit/s. Sedangkan untuk slot x16, PCIe model 3.0 ini mempunyai bandwidth sebesar 126,032 Gbit/s.

4. PCI Express 4.0

Dan terakhir ada PCIe model 4.0. Versi ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi, yakni 15,752 Gbit/s. Biasanya motherboard yang memakai PCIe model ini, harganya akan lebih mahal. Karena kebanyakan nanti akan disandingkan juga dengan VGA yang mumpuni dengan bandiwth tinggi.

Ukuran Port PCI

Ukuran PCIe bisa Anda lihat dari aba-aba “kali” yang disertai nomor. Kode dan nomor tersebut pertanda ukuran PCIe. Selain membuktikan ukuran, nomor tersebut juga menerangkan jumlah pin yang ada pada unsur tersebut. Cek tabel berikut:

Kode PCIe Ukuran (milimeter) Jumlah Pin
PCIe x1 25 mm 18 pin
PCIe x4 39 mm 32 pin
PCIe x8 56 mm 49 pin
PCIe x16 89 mm 82 pin

Fungsi PCI-E

Fungsi Port PCI=

Pada penjelasan sebelumnya, aku membahas jika PCIe ini berfungsi selaku slot ekspansi untuk menjadi koneksi antar unsur tertentu. Maka dari itu, PCIe ini juga mampu diintegrasikan dengan beberapa unsur. Sehingga unsur tersebut menerima peningkatan fitur. Berikut ini beberapa fungsi PCIe di beberapa bagian yang didukung:

1. Untuk VGA

PCIe umumnya digunakan untuk menghubungkan VGA ke motherboard. Alasannya biar bandwith dari VGA bisa terpakai seluruhnya. Ukuran PCIe yang digunakan VGA ini rata-rata x16, dengan model PCIe 2.0 dan 3.0 (kecuali untuk motherboard tertentu).

2. Untuk NVME

Ada beberapa jenis SSD. Seperti SATA, dan ada juga NVME. NVME sendiri lazimnya menggunakan port PCIe untuk mengoptimalkan read dan write. Karena itu tidak
heran, bila SSD NVME mampu mendapatkan kecepatan minimal 1000MBps untuk read dan write-nya.

3. Untuk Sound Card

Terakhir PCIe juga bisa mendukung komponen sound card perhiasan, untuk menggantikan yang internal. Sound card ini biasanya dipasang saat komponen audio motherboard rusak, maupun dikala pengguna ingin mendapatkan kualitas audio yang lebih elok.

Akhir Kata

Itulah pembahasan singkat perihal apa itu PCIe. Komponen ini letaknya ada di bagian bawah processor. Dan di satu motherboard, umumnya ada beberapa slot PCI. Bahkan untuk motherboard yang mendukung fitur SLI / AMD Crossfire, terdapat lebih dari satu PCIe x16 di motherboardnya. Jangan ragu untuk mengantarkan komentar di kolom bawah, jikalau ada yang mau ditanya ya.

Semoga
berfaedah.