Mengenal Perumpamaan Meta Di Game

Meta yakni salah satu istilah yang sering muncul di beberapa macam game. Misalnya seperti game MOBA, FPS, RPG dan lainnya. Biasanya perumpamaan ini lebih sering terdengar lagi sesudah game tersebut mendapatkan update. Tepatnya saat ada perubahan spesifik, baik dari pendekar, item atau seni manajemen di game tersebut. Nah, buat yang ingin tahu apa sih yang dimaksud dengan Meta. Berikut ini akan aku jelaskan secara lengkap.

Apa yang Dimaksud Meta di Game?

Meta ialah singkatan dari Most Effective Tactics Available. Yaitu tujuannya sebuah strategi yang sedang powerful atau paling efektif di suatu game. Efektif yang aku maksud bisa berupa banyak sekali hal. Misalnya meningkatkan presentase menang suatu match, atau mengembangkan kemungkinan menyelesaikan suatu quest tertentu. Meta sendiri sifatnya tidak permanen. Setiap akhir update, Meta bisa berganti untuk membuat gameplay menjadi lebih balance.

Contoh Meta di Game

 

Secara biasa  banyak orang mengartikan Meta hanya di hero atau abjad game saja. Tapi bekerjsama perumpamaan Meta ini mampu berlaku di beberapa hal yang lain. Nah, berikut penjelasannya:

1. Hero

Pertama, ada yang namanya pendekar Meta. Biasanya ungkapan ini sering didengar di game MOBA, seperti Mobile Legends, Dota 2, Pokemon Unite dan lain-lain. Hero Meta biasanya ditandai dengan bertambah kuatnya skill yang dimiliki. Entah itu dari statistik skill atau mampu juga efek yang ada di kesanggupan hero tersebut. Tapi pada umumnya, pendekar Meta ini cepat mengalami pergeseran, ketika game tersebut mendapatkan update.

2. Item

Kemudian ada item Meta. Sesuai dengan namanya, ialah ialah item yang paling efektif yang ada di game tersebut. Item Meta ini umumnya memiliki stats yang tinggi, misalnya dari segi defend, attack dan lain-lain yang mendapatkan buff, atau bisa juga dari segi penambahan sebuah imbas tertentu.

3. Strategi

Terakhir ada juga meta taktik. Maksud dari meta ini, adalah seni manajemen yang sedang paling efektif. Bisa berupa kombinasi jagoan di tim, penggunaan item atau kombinasinya, gameplay tertentu dan lain-lain sejenisnya. Meta strategi ini pola gampangnya bisa kita lihat di turnamen esports. Banyak pro player yang menggunakan seni manajemen tertentu yang efektif, dan karenanya menjadi meta.

Mengapa Meta Bisa Ada?

 

 

Meta mampu muncul dikarenakan developer tidak sengaja melaksanakan update tertentu, namun risikonya kurang balance. Misalnya merilis atau memberikan buff sebuah jagoan, tapi hero tersebut kurang diperhitungkan sehingga terlalu berpengaruh di gamenya. Tapi kadang meta juga mampu timbul untuk menarik perhatian para pemain dengan update modern dari game.

Wajib atau Tidak Mengikuti Meta?

Meta hanya mengembangkan kesempatan untuk menang, bukan untuk menentukan kemenangan. Karena hasil jadinya tergantung dari skill main kita sendiri. Kalau ditanya wajib atau tidak mengikuti meta, maka pasti jawabannya tidak wajib. Hanya saja, untuk permainan tim rata-rata menggunakan meta akan membantu gameplay secara keseluruhan. Dengan catatan, pemain harus sudah sudah biasa dengan meta tersebut. Karena kalau tidak, justru nanti hasil mampu jadi sebaliknya (malah tidak efektif).

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan perihal meta di game. Kesimpulannya meta adalah suatu taktik, pahlawan atau item yang sedang overpower dan paling efektif di suatu game. Meta mampu timbul di semua genre game. Tapi perumpamaan ini paling banyak dijumpai di game dengan genre RPG atau MOBA. Kalau dirasa ada yang kurang jelas, silakan tanya saja lebih rincian lewat kolom komentar di bawah.

Semoga
berfaedah.