Mengenal Scrim Di Game

Kalau Anda bergabung di komunitas, squad, guild di dalam game pasti akan sering mendengar ungkapan scrim. Baik itu di game Mobile Legends, PUBG, DOTA 2 dan game terkenal yang lain. Apalagi mengenang game-game tersebut punya turnamen yang diadakan secara berkala . Baik secara nasional maupun internasional. Nah, buat yang belum tahu apa itu scrim di game, berikut akan saya jelaskan artinya.

Apa itu Scrim di Game?

Scrim atau akronim dari scrimmage yakni suatu istilah yang memiliki arti sparring atau ajar tanding dengan tim lain. Misalnya Anda bergabung di suatu komunitas atau squad game. Lalu ada tim lain yang mengajak ajar tanding dengan squad Anda, inilah yang disebut sebagai scrim.

Alasan Kenapa Scrim Penting

Salah bila beranggapan scrim ini sama seperti bermain pertarungan biasa di game. Bukan cuma tim musuh yang mampu Anda tentukan sendiri, tidak random, melainkan juga dengan mengikuti scrim, Anda dan squad bisa menerima banyak keuntungan lain. Berikut ini beberapa argumentasi kenapa scrim penting di game:

1. Tes Strategi

Hal biasa yang dilakukan dikala scrim yakni tes strats atau seni manajemen baru. Misalnya seni manajemen bertahan, strategi menyerang dan lain-lain. Alasan kenapa scrim cocok untuk tesnya, ialah karena musuh yang kita pilih bisa setara. Beda jikalau tes di ranked yang kadang skill atau MMR lawannya tidak rata.

2. Mengenal Permainan Lawan

Selain tes taktik, Anda juga mampu mengenal permainan musuh. Setiap tim mempunyai seni manajemen yang berlawanan-beda untuk mampu memenangkan pertandingan. Nah, lewat scrim Anda mampu mengenal gaya permainan lawan, dan sekaligus mampu juga memeriksa dan menyalin strateginya.

3. Mencoba Melawan Pemain Level Tinggi

Seperti yang disebut tadi, di pertandingan biasa, semisal ranked, musuh akan diputuskan oleh tata cara. Sehingga bisa saja ada yang rank atau MMR-nya tidak cocok. Berbeda dengan scrim, musuh mampu kita pastikan. Entah itu setara, atau yang jauh lebih hebat. Bahkan tidak jarang pemain-pemain e-sports menyelenggarakan scrim juga yang mampu disertai.

4. Tes Tanding Antar Region Tertentu

Scrim tidak harus satu region saja. Misalnya Indonesia dengan Indonesia, Asia dengan Asia dan sejenisnya, melainkan mampu juga dengan region lain. Contohnya kita dari Indonesia, melakukan scrim melawan tim Eropa. Hal ini mungkin saja dijalankan. Menariknya, tes tanding dengan region lain mampu dijadikan peluang untuk mencari strats baru. Karena umumnya tiap region punya gaya permainan yang berlawanan-beda.

Cara Mengikuti Scrim

Kalau Anda ingin mengikuti scrim, maka Anda bisa mulai dengan memperluas koneksi. Contohnya seperti bergabung di komunitas game tertentu di Discord, Facebook atau yang lain. Atau mampu juga cari event-event tertentu yang menyelenggarakan scrim. Nanti tinggal didaftarkan saja. Scrim sendiri umumnya dilaksanakan via online. Tapi tidak jarang juga dilaksanakan secara offline di daerah tertentu.

Wajibkah Mengikuti Scrim?

Kalau Anda punya tim atau squad dan ingin tambah andal main suatu game, maka scrim ini sangat direkomendasikan. Selain mendapatkan strats, kita juga bisa membuatkan skill individu serta team work yang lebih solid. Melalui scrim juga jika beruntung, kita bisa menerima potensi untuk gabung ke sebuah tim e-sports.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang apa itu scrim di game. Kesimpulannya scrim yaitu ajar tanding dengan tim lain. Scrim biasanya dilaksanakan lewat mode custom,
dan bisa berisikan dua atau beberapa tim (tergantung gamenya). Kalau ada yang mau ditanya, kirim saja via komentar.

Semoga
berguna.