Cara Bayar Pdam Tirta Kerta Raharja Dan Cek Tagihan Pdam Kab Bandung

Cek pdam tirta raharja dan bayar tagihan pdam yang paling efektif saat ini secara online. Dalam menghadapi jaman new formal ini, kita tetap harus mampu beradaptasi dan tetap keberadaan dalam sehari-hari.

cek pdam tirta raharja

Cara cek tagihan dan bayar pdam online ini untuk warga kabupaten bandung dan sekitarnya, kami rasa ini akan menjadi suatu keterbiasaan. Karena tata cara ini lebih efektif dan tidak mengkonsumsi banyak waktu.

Meski agak rumit di permulaan, namun ini jauh lebih gampang dan efektif jikalau sudah sudah biasa bagi anda. Kami rasa ini penting, jadi kami berikan berita secara sedikit demi sedikit dan gampang di mengetahui.

PDAM Tirta Raharja

Pdam Tirta Raharja ketika ini menjadi salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang di memutuskan pada tahun 2019. Perubahan nama dari PDAM menjadi PERUMDAM Tirta Raharja.

Pelayanan air minum PDAM Tirta Raharja mencakup 3 daerah. Yakni Kab. Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi.

Secara rincian tempat pelayanan di bagi 3 kawasan ialah utara, timur dan selatan. Total konsumen hingga dengan februari 2020 ini, kurang lebih sekitar 105,543 pelanggan.

Selatan Timur Utara
Arjasari Baleendah batujajar
Banjaran Bojongsoang cikalong wetan
Cangkuang Cicalengka cililin
Ciwidey Cileunyi Cimahi
Katapang Ciparay cisarua
Kutawaringin Dayeuh Kolot lembang
Pamengpeuk Majalaya ngamprah
Pangalengan Pacet Padalarang
Pasirjambu Rancaekek parongpong
Soreang Solokanjeruk

Cek tagihan pdam kab bandung

Cek PDAM Tirta Raharja sangat respek terhadap pelanggan. Anda akan tau tagihan yang harus di bayar dan menyiapkan bayaran sebelum jatuh tempo.

Ada beberapa opsional untuk mampu cek tagihan pdam tirta raharja, baik melalui aplikasi ataupun via web pdam resminya.

Cara cek tagihan pdam kabupaten bandung secara online, sungguh didukung sekali oleh banyak PPOB pembayaran. Makara anda ga perlu sakit kepala, alasannya alternatif cek pdam kab bandung banyak solusinya. Yuk ah teman hp terpelajar kepoin caranya.

Cek tagihan via website resmi

Salahsatu yang bisa anda coba cek tagihan pdam ialah lewat web pdam resminya. Website pdam tirta raharja adalah tirtaraharja.co.id.

Kelebihan bisa tagihan pdam tirta raharja via situs web resminya, kita tak perlu aplikasi tambahan yang lain. Dengan browser bawaan ponsel pintar, kini anda mampu cek tagihan pdam secara online. Yang paling penting anda smartphone anda terhubung ke internet dan tahu no id pelanggan pdam anda.

Time Needed : 3 minutes

Cara Cek PDAM Tirta Raharja

  1. Buka Browser

    Ketikan dengan keyword “PDAM Tirta Raharja”, dan pilih website resmi pdam tirta raharja sesuai pada gambar dibawah ini. Atau anda mampu lewa link http://tirtaraharja.co.id/info/.
    web pdam-tirta-raharja

  2. Masukan ID Pelanggan

    Untuk mendapatkan isu tagihan konsumen, silahkan masukan nomor sambung langganan. Pastiakan Nomor SL dengan benar, kemudian tekan tombol “Enter”.
    cek tagihan pdam kabupaten bandung

  3. Informasi tagihan

    Informasi data tagihan pdam dibagi menjadi 2 kolom. Pertama kolom data pelanggan dan yang kedua kolom detail tagihan.
    • Informasi data konsumen diantaranya No pelanggan, Nama, Alamat, Status pelanggan, Golongan, Rayon pembacaan dan Jumlah rekening.
    • Sedangkan untuk data tagihan diantaranya masa tagihan, km bulan kemudian, km bulan sekarang dan pemakaian air. Rincian ongkos seperti duit air, beban, materai, angsuran, denda, total dan jumlah total tagihan.
    cek pdam kab bandung

Tools
  • Smartphone
  • Web PDAM Tirta Raharja
Materials
  • Data Internet / WIFI
  • Nomor Sambung

Aplikasi cek tagihan pdam

Aplikasi untuk cek tagihan pdam tirta raharja, mampu anda coba dengan beberapa aplikasi. Terkait dengan tersedianya tutorial cek tagihan pdam di hp bakir, kami rasa anda akan gampang mengikutinya.

Berikut aplikasi untuk mengecek tagihan pdam untuk pdam kab. Bandung. Namun perlu anda ketahui untuk wilayah pada aplikasi traveloka, menggunakan nama PDAM Tirta Raharja Bandung dan yang lainnya menggunakan nama PDAM Kab Bandung.

Anda telah tau pastinya dengan beberapa deretan nama aplikasi diatas. Praktis-mudahan tidak gila lagi dengan cara cek PDAM Tirta Raharja dan bayar melalui aplikasi tersebut. Tapi hening, anda tinggal mengikuti link diatas tersebut untuk proses trasnsaksi hinggan selesai.

Bayar pdam tirta raharja

Hampir keseluruhan dikala pademi korona ini, pihak pdam mengusulkan untuk bayar tagihan pdam secara online. Namun pada umumnya konsumen alasannya adalah telah terbiasa lewat loket eksklusif, kayanya tidak semudah yang di rekomendasikan.

Bayar pdam tirta kerta raharja, bisa dilaksanakan secara online ataupun lewat ppob. Pdam tirta rahaja sudah berafiliasi dengan beberapa kawan pembayaran diantaranya.

  1. Kantor POS
  2. Alfamart
  3. Indomart
  4. Lewat ATM BRI, BJB, BTN, Danamon dan BNI
  5. Agen pembayaran MKM Bukopin
  6. Tektaya (NISP)
  7. KIPO (BRI)
  8. Intaka (BSM)
  9. BPR Kabupaten Bandung
  10. Lewat Aplikasi Tokopedia, Shopee, Bukalalapak, Klik Indomaret, Blibli, Traveloka, Bebasbayar, Gojek Go Bills, Grab Kios dan Ralali.

Cara pembayaran pdam melalui atm

pembayaran pdam tirta raharja salah satunya yaitu lewat atm. Bayar pdam melalui atm sebenanya cukup gampang jikalau telah sudah biasa, tetapi minimnya info jadi konsumen masih ragu menggunakannya.

Bayar pdam kab bandung melalui atm, silahkan ikuti tutorialnya di postingan “Cara bayar pdam melalui atm BJB”. Saat menentukan daerah pam, silahkan pilih “PAM Kab Bandung, Cimahi, BDG Barat” dan pilih PDAM Tirta Raharja.

Cara bayar pdam tirta raharja lewat atm BNI, anda mampu cek melalui postingan “bayar pdam melalui atm bni”. Untuk kode pdam tirta raharja ialah 131103, dengan nama kota atau kabupaten yakni Majalaya.

Cara mengeluarkan uang tagihan pdam lewat atm bri juga sudah ada tutorialnya di hp pandai. Anda bisa cek di judul cara bayar pdam lewat atm bri, telah berikut gambar dan penjelasannya.Anda tinggal memasukan arahan 10014 + no pelanggan pdam tirta raharja.

Simulasi tarif air pam

Cara mengkalkulasikan tarif pdam, mampu anda coba melalui simulasi tarif air pdam di web pdam tirta raharja. Anda akan mengenali detail ongkos apa saja yang di keluarkan, misalnya anda akan mengetahui tarif pdam perkubik.

Cek pdam tirta raharja akan transparan, jika mengenali tarif air pdam. Sebelum melangkah ke cara perhitungan tarif pdam, pahami dulu kelompok konsumen.

Golongan Pelanggan Kode
1B – Rumah Tinggal Sederhana (1R2)
1A – Rumah Tingggal Sangat Sederhana (1R1)
4C – Lembaga Pendidikan/Kesehatan Pemerintah (1L1)
4E – Badan Amal/Sosial (1S1)
4F – Kran Umum (1S2)
1C – Rumah Tinggal Menengah (2R1)
1A – Niaga dan Jasa Kecil (2N1)
4B – Lembaga Pemerintah Bukan Lembaga Usaha (2L1)
4D – Lembaga Pendidikan/Kesehatan (2L2)
1D – Rumah Tinggal Besar (3R1)
1E – Rumah Tinggal Mewah/Peristirahatan (3R2)
2B – Niaga dan Jasa Besar (3N1)
3A – Industri Kecil (3I1)
3B – Industri Besar (3I2)
4A – Bentuk Usaha Milik Pemerintah (3L1)
1R1 – Rumah Susun Sederhana (1R3)
1S1 – Rumah Ibadat (1S3)
2L3 – Lembaga Pemerintah Lainnya TNI/POLRI (2L3)

Cara mengkalkulasikan tarif pdam

Untuk cara menghitung tarif air pdam, silahkan datangi link http://tirtaraharja.co.id/simulasitarif. Beberapa form yang harus diisi diantaranya opsi kelompok, water meter dan jumlah pemakaian air. Caranya sebagai berikut.

Simulasi tarif air pam
  1. Pilih kalangan
    Silahkan anda coba cek tagihan pdam mirip diatas, atau cek di struk pembayaran. Anda lihat jenis golongannya apa, umumnya tercantum hanya isyarat nya saja.
  2. Pilih water meter
    Biasanya untuk daerah tinggal rumah sederhana sampai menengah menggunakan ukuran meter air yang 0,50 inchi atau wm ½ inchi.
  3. Masukan jumlah pemakaian air perkubiknya
    Anda cek stand meter awall dan terakhir pemakaian, hitung berapa jumlah pemakaiannya.
  4. Tekan tombol “Hitung Tarif”.
  5. Detail perkiraan
    Jumlah simulasi tagihan akan keluar serta rinciannya. Tagihan air pdam = Baban tetap dan nilai air + Biaya pemeliharaan meter. Biaya tetap adalah ongkos abodemen yang di memutuskan oleh pdam tirta raharja yakni dari 0-10 kubik Rp. 47.000.

Meter kubik Tarif air
0-10 Rp. 47.000
11-20 Rp. 6.100
21-30 Rp. 7.100
>30 Rp. 7.300

Keterangan :

  • Jika pemakaian air 0-10 kubik = anda cuma bayar abodemen
  • Pemakaian 11-20 kubik = (Rp. 6.100 x pemakaian/kubik) + Rp. 47.000
  • 21 – 30 kubik = (Rp. 7.100 x pemakain/kubik) + Rp. 47.000 + Rp. 61.000 (pemakaian 10 kubik dari 11-20 kubik atau 6.100 x 10 kubik)
  • Jika lebih dari 30 = (Rp. 7.300 x pemakaian/kubik) + Rp. 47.000 + Rp. 61.000 + Rp. 71.000

Semoga informasi Cek PDAM Tirta Raharja dan Solusi Bayar Tagihan pdam kab bandung mampu berguna. Untuk isu yang lain nanti kita akan update lagi ya sobat.