Arah Mata Angin, Pengertian Dan Macam-Macamnya

Sudah menjadi pengetahuan biasa bahwa setiap kali seseorang ingin melakukan perjalanan baik laut maupun daratan, pasti hal pertama yang harus diketahui yakni mengetahui arah mata angin yang ingin dilalui.

Arah mata angin begitu penting bagi kehidupan manusia, alasannya sebagai isyarat di setiap jalan biar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan yakni kehilangan arah dan tidak tahu jalan pulang. Oleh sebab itu, pendidikan tentang 8 arah mata angin sungguh penting dipelajari oleh setiap orang, baik yang ingin memperbesar ilmu apalagi untuk seseorang yang ingin melaksanakan perjalanan panjang.

Oleh sebab itu, pada peluang kali ini aku akan membicarakan secara tuntas perihal arah mata angin lengkap dan penjelasan lain yang berhubungan dengannya. Yuk lanjut pada ulasan di bawah ini.

Pengertian Arah

arah mata angin

Arah atau geometri ialah gosip yang terkandung dalam posisi relatif suatu titik kepada titik lain, dan juga dapat berbentukjalur penanda di mana sebuah benda dapat bergerak yang mencakup lokasi dan posisi yang sesungguhnya berdasarkan geografis suatu daerah yang dituju dan disepakati oleh semua mahir geografi.

Arah dibedakan menjadi dua kalangan ialah arah relatif dan arah otoriter.

  • Arah relatif adalah gosip mengenai suatu tumpuan atau anjuran , contohnya para nelayan biasanya sebelum berangkat mencari ikan, mereka akan meletakan jaring di sebelah kanan perahu.
  • Arah sewenang-wenang adalah informasi sebuah rangkaian acuan atau anjuran yang telah disepakati oleh banyak orang. Misalnya Ibu Kota Jakarta terletak di sebelah barat Provinsi Jawa Barat.

Melihat pemahaman di atas, dapat kita simpulkan bahwa arah mata angin dapat diartikan sebagai arah yang universal yang dapat diterima secara biasa dan memiliki fungsi selaku pijakan yang digunakan untuk kepentingan penunjuk arah atau peta, kompas, dan alat-alat bantu navigasi yang lain.

Arah Mata Angin Pokok

Setelah mengetahui pemahaman arah mata angin, berikutnya kita akan membicarakan arah mata angin yang menjadi pokok pembahasan, yang tentunya sungguh penting untuk dikenali oleh setiap orang yang ingin melakukan perjalanan.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ada beberapa titik lokasi yang perlu dimengerti untuk menggunakan alat navigasi seperti kompas, peta atau lain sejenisnya. Setidaknya ada 4 titik pokok arah yang perlu dikenali yakni utara, barat, timur, dan selatan.

Utara

Utara atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai North merupakan arah mata angin yang berada pada titik 0 dan 360 derajat pada aturan geografi yang disepakati.

Barat

Barat atau dalam bahasa Inggris disebut selaku West merupakan arah mata angin yang berada pada posisi 270 derajat pada aturan geografi yang sudah disepakati.  

Timur

Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut selaku East. Arah timur ialah arah mata angin yang terletak pada posisi 90 derajat berdasarkan aturan geografi yang sudah disepakati.

Selatan

Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan South. Arah Selatan merupakan arah mata angin yang terletak pada posisi 180 derajat menurut hukum geografi yang sudah disepakati 

 Arah Mata Angin Umum

Selanjutnya sehabis kita mengetahui arah mata angin yang bersifat pokok kita akan membahas pembagian arah mata angin secara biasa dan lebih detail lagi perihal pembagian dari keempat pokok mata angin tersebut.

Hal ini penting untuk kau ketahui, alasannya arah mata angin yang bersifat umum lazimnya tidak diletakkan pada penanda arah atau navigasi seperti kompas, peta dan lain sebagainya. Simak baik-baik.

Arah mata angin yang bersifat lazim dibagi menjadi 8 bab ialah utara, barat, timur, selatan, timur bahari, tenggara, barat daya dan barat laut.

Karena kita telah membahas 4 yang pokok, maka kita akan meneruskan pembahasan arah mata angin bersifat biasa yang perlu dikenali jika ingin melakukan perjalanan baik laut maupun darat.

Timur Laut

Arah mata angin berikutnya yang akan kita bahasa ialah arah timur maritim. Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Northeast. Arah timur laut ialah arah mata angin yang berada pada posisi atau di titik 45 derajat. Arah timur bahari berada di posisi antara timur dan utara menurut aturan geografi yang telah disepakati.

Tenggara

Arah mata angin yang satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan southeast. Arah tenggara ialah arah mata angin yang berada di posisi atau titik 135 derajat. Arah tenggara berada di antara timur dan selatan menurut aturan geografi yang sudah disepakati.

Barat Daya

Arah mata angin berikutnya yang hendak kita bahasa yakni arah Barat Daya. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Southwest. Arah barat daya merupakan arah mata angin yang berada pada posisi atau titik 225 derajat berdasarkan hukum geografi.

Barat Laut

Arah mata angin yang paling terakhir yakni arah Selatan. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan Northwest. Arah barat bahari ialah arah mata angin yang berada pada posisi 315 derajat. Arah barat maritim berada di antara barat dan utara. 

 Arah Mata Angin Tambahan

Perkembangan teknologi gosip yang terus mengalami peningkatan ketika ini turut memberikan pengaruh terhadap ilmu geografi arah mata angin. Hal ini terbukti dengan adanya penambahan arah mata angin dari pembagian arah yang sudah disebutkan di atas sebelumnya.

Terdapat penambahan jumlah arah mata angin dari jumlah yang sudah disepakati sebelumnya. Berikut yakni arah mata angin pelengkap tersebut :

Timur Menenggara

Arah mata angin berikutnya yang akan kita bahasa ialah arah Timur Menenggara. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan east southeast.  Arah mata angin timur menenggara berada pada posisi di antara timur dan tenggara.

Timur-Timur Laut

Arah mata angin berikutnya yang akan kita bahasa yakni arah timur-timur laut. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan east northeast. Arah mata angin timur-timur maritim berada pada posisi antara timur laut dan timur.

Selatan Menenggara

Arah mata angin berikutnya yang mau kita bahasa adalah arah Selatan Menenggara. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan South-southeast. Arah mata angin selatan menenggara berada di posisi antara tenggara dan selatan.

Selatan Barat Daya

Arah mata angin berikutnya yang mau kita bahasa yakni arah Selatan Barat Daya. Arah mata angin satu ini dalam bahasa Inggris disebut dengan South-southwest. Arah mata angin selatan barat daya berada di posisi antara selatan dan barat daya berdasarkan hukum geografi yang disepakati.

Itulah beberapa berita perihal arah mata angin, mulai dari pengertian hingga macam-macam arah mata angin yang penting untuk kau pahami jikalau ingin melakukan perjalanan baik darat maupun maritim. Semoga gosip ini berfaedah.

Sobat bisa mengetahui perihal pengetahuan lazim yang lain di jalan masuk Tahukah Kamu? yang juga kami sediakan.