Cara Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak

Mengetahui cara cek BPJS ketenagakerjaan aktif atau tidak ialah hal penting yang harus dilakukan oleh pekerja. Tujuannya untuk memutuskan bila status kamu tersebut masih aktif atau tidak.

BPJS ketenagakerjaan merupakan acara pemerintah yang memberikan derma kepada para pekerja. Seseorang yang mendapatkan BPJS ketenagakerjaan statusnya dapat berubah dari aktif menjadi tidak aktif alasannya adalah beberapa alasan.

Manfaat lain dari BPJS ketenagakerjaan adalah selaku jaminan kematian dan jaminan pensiun bila memasuki usia pensiun.

Mengenal Apa Itu BPJS Tenaga KerjaKetenagakerjaan

Cara Cek Bpjs Ketenagakerjaan
Ilustrasi Pekerja Pabrik

Sebelum membicarakan lebih jauh mengenai BPJS Ketenagakerjaan, alangkah baiknya kamu mengetahui apalagi dulu tentang apa itu BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan ialah acara pemerintah berupa layanan jaminan sosial dan proteksi yang memberikan pemberian untuk seluruh tenaga kerja yang ada di Indonesia hingga pensiunan. Sebelumnya acara ini memiliki nama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), kemudian berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan semenjak 1 Januari 2014 berdasarkan undang-undang 24 tahun 2011.

BPJS Ketenagakerjaan ialah acara wajib pemerintah Indonesia, sehingga seluruh perusahaan yang ada di Indonesia diharuskan untuk mendaftarkan para karyawannya dalam program ini. Sebab itu kalau kau melakukan pekerjaan di salah satu perusahaan Indonesia tetapi tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, maka perlu dipertanyakan lagi.

Cara Praktis Cek Status BPJS ketenagakerjaan

Cara Cek Bpjs Ketenagakerjaan (2)
Tampilan website BPJS Ketenagakerjaan

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan dalam men cek status BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak. Setidaknya hingga ketika sekarang ini ada 5 cara yang mampu kau coba untuk cek status. Berikut tata cara cek BPJS Ketenagakerjaan :

Cek BPJS ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

BPJS mempunyai aplikasi tersendiri yang bisa kau gunakan untuk menganalisa status Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak. Aplikasi ini bernama BPJS Ketenagakerjaan Mobile yang mampu kamu unduh secara gratis di play store untuk Android dan app store untuk iPhone.

Berikut tindakan dalam mengecek status BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile :

  • Silahkan kau unduh terlebih dahulu aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile di play store untuk Android dan app store untuk iPhone, kini nama aplikasinya menjadi JMO (Jamsostek Mobile).
  • Jika telah silahkan buka aplikasi tersebut dan kerjakan pendaftaran pada aplikasi. Untuk melakukan pendaftaran kau cukup memasukkan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, nomor KTP, tanggal lahir dan nama.
  • Setelah itu kamu akan menerima PIN yang diberikan oleh aplikasi tersebut.
  • Jika sudah silahkan kerjakan login ke dalam aplikasi menggunakan email dan PIN yang telah diberikan tadi.
  • Pada awal aplikasi kamu akan memperoleh hidangan saldo JHT, silahkan klik sajian tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul pada layar ponselmu tanda centang yang mengambarkan bila status BPJS Ketenagakerjaan kau masih aktif.
  • Namun bila tanda centang ini tidak muncul di layar ponselmu, bermakna status BPJS Ketenagakerjaan kau tidak aktif.

Cara lain yang bisa kamu gunakan dalam memeriksa status BPJS Ketenagakerjaan lewat “aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile” yakni dengan mengklik sajian kartu digital. Dengan mengklik hidangan kartu digital ini, maka aplikasi akan memperlihatkan BPJS Ketenagakerjaan secara lengkap beserta status kepesertaan.

Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website

Jika tak mau memakai aplikasi, cara lain yang bisa kau gunakan untuk memeriksa status BPJS Ketenagakerjaan adalah lewat website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Cara mengevaluasi lewat situs web ini tidak jauh berbeda dengan cara memakai aplikasi.

Berikut tata cara cek BPJS Ketenagakerjaan lewat situs web :

  • Kunjungilah apalagi dahulu website resmi BPJS Ketenagakerjaan lewat link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Jika telah masuk kedalam halaman utama website, berikutnya silahkan kerjakan pendaftaran dengan mengisi formulir yang tertera di layar.
  • Formulir ini berisikan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan, nomor telepon, nama lengkap dan nomor KTP.
  • Jika sudah mengisi seluruh data yang diperlukan dan sudah merasa benar, langkah selanjutnya silahkan klik submit data.
  • Nantinya nomor telepon yang kamu masukkan akan mendapatkan sms berupa arahan aktivasi.
  • Masukkan isyarat aktivasi tersebut ke halaman submit di situs web BPJS Ketenagakerjaan tadi.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk menciptakan password yang berguna dalam proses login ke website.
  • Jika telah silahkan kamu login ke dalam website memakai email dan password yang sudah kamu buat tadi.
  • Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk cek status adalah dengan memasukkan nomor KTP dan nomor BPJS Ketenagakerjaan pada kolom profil.
  • Jika keluar status tidak valid, bermakna BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak aktif. Namun kalau keluar status valid, bermakna BPJS Ketenagakerjaan masih aktif.

Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Cara paling mudah melakukan cek status BPJS Ketenagakerjaan adalah lewat SMS. Kamu mampu mengetahui status BPJS Ketenagakerjaan cuma dengan mengirim SMS ke nomor layanan BPJS Ketenagakerjaan saja.

Berikut tindakan melakukan cek BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS :

  • Bukalah layanan SMS yang ada di ponsel pintar kau.
  • Selanjutnya silahkan buat SMS dengan format daftar spasi saldo#nomor KTP#nama.
  • Selanjutnya silahkan kamu kirim SMS tersebut ke nomor 2757.

Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat Call Center

Cara berikutnya yang mampu kau lakukan untuk mengecek status BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menelpon pribadi call center BPJS Ketenagakerjaan. Cara cek status ini sangatlah mudah sebab kau cuma perlu menghubungi nomor telepon 175.

Jika kau telah tersambung, maka pihak call center akan meminta kau memverifikasi status keanggotaan dengan menyebutkan nomor BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya petugas call center akan menganalisa status BPJS Ketenagakerjaan kau dan memberikan informasinya.

Namun untuk mampu menelepon call center BPJS Ketenagakerjaan ini hanya bisa pada jam kerja adalah dari pukul 06.00 sampai 22.00

Cek BPJS Ketenagakerjaan Layanan Langsung

Cara lain untuk cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak yang bisa kamu kerjakan dalam mengecek status BPJS Ketenagakerjaan yaitu dengan mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan. Ini mampu menjadi alternatif terakhir bila kau tidak mampu menggunakan salah satu dari keempat cara di atas.

Saat mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan, diusulkan kamu untuk membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan serta KTP. Nanti petugas akan melakukan cek status dengan mengkonfirmasi dua hal tersebut.

Dari semua cara yang ada, cara cek BPJS Ketenagakerjaan lewat layanan pribadi mempunyai sedikit kelemahan. Hal tersebut berupa antrian yang cukup usang karena petugas juga melayani orang.

Selain BPJS Ketenagakerjaan, dalam kondisi pandemi ini pemerintah juga mengeluarkan BLT BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan ini berupa subsidi gaji atau upah suplemen untuk 2 bulan yang dibayarkan secara eksklusif.

Cara Praktis Cek BPJS Ketenagakerjaan

Dari Kelima cara cek BPJS Ketenagakerjaan yang telah kami sebutkan di atas, pasti ada salah satu cara yang paling cepat dan sukses.

Cara tersebut adalah menggunakan layanan situs web, alasannya adalah melalui web tersebut teman mampu pribadi mengetahui status dan saldo, sedangkan lewat aplikasi Sobat diharuskan untuk mendownload aplikasinya terlebih dahulu baru bisa melakukan registrasi.

Berdasarkan pengalaman kami, kami tidak merekomendasikan untuk melakukan pengecekan melalui call center BPJS Ketenagakerjaan, sebab berulang kali kami mencoba tlp tidak ada yang menjawab dan selalu sibuk.

Syarat Mendapatkan BLT BPJS ketenagakerjaan

Berdasarkan peraturan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terbaru adalah pasal 3 Permenaker nomor 16 tahun 2021, akseptor BSU Subsidi Gaji mesti menyanggupi 5 syarat terlebih dulu. Lalu apa sajakah syarat tersebut, berikut penjelasannya :

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) mampu dibuktikan dengan KTP.
  2. Harus terdaftar selaku akseptor jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Memiliki honor di bawah Rp 3,5 juta terbukti dengan laporan perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Berada di kawasan PPKM level 3 dan level 4, terbukti dengan data yang terdaftar di Permenaker
  5. Merupakan seorang karyawan yang berstatus selaku penerima honor atau upah.

Jika kamu masuk ke dalam 5 klasifikasi di atas, maka kamu bisa mengajukan diri untuk mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan. Namun ada hal yang mesti kamu ketahui bahwa pertolongan yang didapatkan itu diubahsuaikan dengan UMR/UMK daerah tersebut. Sehingga berkemungkinan ada perbedaan pada setiap wilayah yang ada di Indonesia.

Selain itu, sebelumnya kami telah membahas cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, siapa tahu teman juga membutuhkannya.

Akhir Kata

Bagaimana, kini Sobat sudah mengenali cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah, sehingga Sobat mampu mengenali apakah teman sudah terdaftar atau belum di program tersebut, disamping itu cara ini juga mampu melihat saldo yang sudah terkumpul dan status aktif atau tidak dengan sungguh gampang.