Cara Dapat Set Top Box Tv Digital Gratis

Cara dapat Set Top Box gratis – Pemerintah nampak gencar biar penduduk menggunakan TV Digital, hal ini terbukti Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan pemenang penyelenggara multipleksing (Mux) akan membagikan Set Top Box atau disebut STB secara gratis untuk keluarga Miskin.

Apa itu Set Top Box ?

cara dapat set box tv gratis

Set Top Box (STB) yaitu alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan bunyi yang dapat ditampilkan di TV Analog. Perangkat ini mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2), tolok ukur TV Digital di Indonesia.

Tenang saja, penggunaan STB ini tidak memerlukan parabola khusus untuk menerima sinyal, tapi cukup dengan antena TV UHF-VHF. Nantinya di TV akan ada pengaturan khusus, Sobat bisa eksklusif melakukan auto scan untuk memindai channel TV Digital yang ada.

Perbedaan antara TV Analog dan Digital?

Berdasarkan sumber dari tvdigitalindonesia.com perbedaan antara TV Analog dan Digital hanya terdapat pada penerimaan gambar melalui pemancar.

Secara teknis, TV analog membutuhkan jarak yang dekat dengan stasiun pemancar TV, bila sinyal melemah atau jaraknya terlalu jauh, gambar yang diterima akan buruk dan berbayang.

Sedangkan memakai tata cara digital, siaran gambar yang jernih akan mampu diterima dengan baik hingga sinyal tidak terjangkau sama sekali atau tidak menerima sinyal.

Set Top Box (STB) tidak hanya bisa digunakan untuk TV modern saja, TV usang tergolong TV tabung juga bisa memakai STB alasannya bisa dipasangkan lewat port yang tersedia di TV tabung tersebut.

Set Top Box TV Digital Gratis

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, Pemerintah lewat KOMINFO akan menunjukkan Set Top Box (STB) terhadap masyarakat yang masuk dalam kategori kurang mampu rencana tersebut telah dimulai pada Juli 2021.

“Kita segera bagikan dengan teman-teman industri STB. Praktis-mudahan sebelum tahap pertama pada 17 Agustus ialah di Juli 2021 ini,” kata Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia, dikutip dari Kominfo.go.id.

Langkah memperlihatkan STB terhadap penduduk yang kurang mampu ini sudah berlandaskan dengan aturan pemerintah dan peraturan menteri terkait dan dengan diberikan STB ini, maka penduduk tidak perlu mengambil alih televisi mereka dengan yang lebih terbaru. Dengan memakai STB, TV analog mampu menerima siaran TV digital dengan kualitas gambar higienis dan bunyi jernih.

Cara mampu Set Top Box TV Digital Gratis

cara dapat set box tv gratis

Jika Sobat ingin tau bagaimana cara menerima Set Top Box (STB) gratis, Sobat mesti mengenali detail dari syarat untuk menerimanya,

Syarat untuk mendapatkan STB secara gratis dari pemerintah

  1. WNI dengan KTP Elektronik
  2. Rumah tangga miskin yang memiliki televisi, terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau data perangkat daerah bidang sosial
  3. Lokasi rumah berada di cakupan siaran televisi yang hendak terdampak ASO

KOMINFO mendapatkan data keluarga miskin dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) lewat Kementerian Sosial.

Cara mendapatkan set top box TV digital gratis

  1. STB Gratis Disalurkan melalui PT Pos
    Kabarnya pengambilan STB Gratis ini akan disalurkan melalui PT POS, jadi masyarakat yang akan menerimanya tidak perlu mengantri, berdasarkan laman detik.com prosisi saat ini data masih dalam tahap validasi.
  2. Penerima Akan Dapat Undangan
    Nantinya Masyarakat yang masuk dalam daftar penerima STB gratis akan menerima ajakan untuk mendapatkan STB tersebut.

“Pemerintah dan swasta, terutama pemenang Mux, punya akad untuk subsidi STB kepada keluarga miskin. Ada sekitar 6,7 keluarga miskin, kita asumsikan ada tujuh keluarga miskin di Indonesia,” ujar Direktur Penyiaran Kominfo Geryantika Kurni melalui detik.com.

Kapan TV analog Mulai Dihentikan?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menghentikan siaran TV analog paling lambat tanggal 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.

Apa argumentasi pemerintah melakukan peralihan siaran televisi dari analog menjadi tv digital?

Penjelasan KOMINFO lewat laman kompas.com;

1. Menjalankan amanat dari Pasal 60A Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 ihwal Penyiaran sebagaimana diubah oleh Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 wacana Cipta Kerja.

2. Menghasilkan siaran televisi yang lebih bermutu, jernih, dan bersih bagi masyarakat.

3. Meningkatkan efisiensi penyelenggaraan siaran para Lembaga Penyiaran melalui infrastruture sharing.

4. Mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lainnya yang sudah menyepakati penataan spektrum untuk layanan televisi dan telah menyelesaikan ASO sehingga ASO perlu secepatnya dikerjakan untuk menghindari potensi problem di wilayah perbatasan.

5. Melakukan pemerataan akses internet, keperluan pendidikan, sistem perayaan kebencanaan atau kegunaan lainnya dari hasil efisiensi penggunaan spektrum frekuensi.