Gaji Bakal Luncurkan Ponsel Lipat Magic X, Ini Bocoran Spesifikasinya

Samsung dengan yakin diri sudah menjadi yang terdepan dalam segmen foldaable phone dengan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 yang menerima respon cukup baik di pasar. Namun kedepannya Samsung kemungkinan bakal mendapatkan banyak kompetisi, sejauh ini Huawei sudah menebar bahaya dengan Mate X2 atau MIX Fold besutan Xiaomi yang menjajal bersaing untuk mendapatkan perhatian. Persaingan akan kian menarik dalam beberapa bulan mendatang, alasannya mantan anak perusahaan Huawei, Honor, kemungkinan  juga akan bertarung pada segmen ini.

Memiliki nama Honor Magic X, ponsel lipat ini dilaporkan akan menantang merk – merk yang telah mapan tergolong Samsung. Honor sebelumnya memang mengkonfirmasi bahwa mereka sedang melakukan pekerjaan untuk mewujudkan suatu foldable phone, walaupun mungkin bukan prioritas utama perusahaan mengenang mereka sedang dalam proses pembiasaan semenjak berpisah dengan Huawei.

Honor Magic X
Image Ponsel Huawei Layar Lipat

Memang Honor secara perlahan mulai pulih dari dilema dengan AS menyangkut mantan induk perusahaannya, tetapi nyatanya masih ada kekalutan gres yang timbul. Mungkin tidak ada cara yang lebih baik untuk menawarkan bahwa perusahaan dapat tetap berdiri melawan segala rintangan selain dengan meluncurkan ponsel lipat.

Menurut sebuah bocoran dari Tiongkok, Honor akan meluncurkan ponsel lipat pada kuartal kempat tahun ini dengan nama Magic X. Perangkat ini diyakini akan sungguh mirip dengan Huawei Mate X2, yang sebelumnya telah ketimbang Galaxy Z Folde 2.

Tentu saja akan ada perbedaan, dimana perbedaan utama antara Honor Magic X dan Huawei Mate X2 kemungkinan besar yakni pada sisi perangkat lunaknya. Mengingat Honor sudah bebas dari segala sanksi dari AS, Honor Magic X mampu memperlihatkan layanan Google Play.

Ada pula rumor yang beredar yang menyebut bahwa Honor akan meluncurkan ponsel yang dapat dilipat dengan gaya Galaxy Z Flip 3. Rumor yang dihembuskaan oleh Digital Chat Station di Weibo itu juga mengklaim bahwa Honor Magic X akan menargetkan para pengguna wanita dengan harga sekitar $ 1.550 atau sekitar Rp 22 juta, yang sungguh tinggi mengenang Samsung sendiri merilis Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 dengan lebih murah.

Sebelumnya pada permulaan tahun ini Huawei Mate X2 diluncurkan dengan penampilan yang lebih besar namun memiliki faktor bentuk yang lebih ramping. Ponsel ini meninggalkan rancangan tampilan luar Mate X lama, yang membungkus bab luar perangkat. Sebagai gantinya Mate X2 menjinjing panel 8 inci yang mampu dilipat secara internal.

Perubahan tersebut membawa Mate X2 lebih mirip seperti Galaxy Z Fold 2. Namun Huawei berhasil menciptakan ponselnya lebih ramping dan mengemas panel internal yang lebih besar ketimbang AMOLED fleksibel 7,6 inci di handset Samsung. Perusahaan menyebutnya Falcon Wing Design, dengan memakai sasis komposit baja dan serat karbon.

Mate X2 mengusung layar OLED 6,45 inci dimana kedua panel mendukung kecepatan refresh 90Hz: layar eksterior mempunyai kecepatan pengambilan sampel sentuh 240Hz dan berjalan pada resolusi 2700 x 1160, sedangkan layar luarnya memiliki kecepatan pengambilan sampel sentuh 180Hz dan berjalan pada resolusi 2480 x 2200.

Ponsel ini dipacu Chipset Kirin 9000, satu octacore dengan satu core kinerja Cortex-A77 3,13 GHz, tiga core utama Cortex-A77 2,54 GHz, dan empat core efisiensi Cortex-A55 2,05 GHz. Mereka dipasangkan dengan NPU Dual Big Core + Tiny Core Huawei, ditambah RAM 8GB dan penyimpanan 256GB atau 512GB.