Nama-Nama Bulan Dalam Bahasa Inggris

Nama Bulan dalam Bahasa Inggris – Tentu semua tahu bahwa dalam satu tahun kita memiliki 12 bulan dalam kalender internasional maupun nasional. Dalam hitungan kalender pada umumnya, setiap bulan mempunyai jumlah hari yang serupa adalah 30 atau 31 hari. Namun ada satu bulan yang berlawanan yaitu bulan Februari yang mempunyai 28 atau 29 hari saja dalam satu bulan.

Bulan bahasa Inggrisnya yakni month. Setiap nama bulan dalam bahasa Inggris mempunyai asal penamaan. Oleh karena itu, pada postingan kali ini kita akan membicarakan nama-nama bulan dalam bahasa Inggris beserta asal penamaan dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Detail Nama-nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah nama-nama bulan yang akan kita bahas menurut tinjauan bahasa Inggris. Simak baik-baik yah:

January

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan pertama yang mau kita diskusikan adalah January. Pengucapan bulan January dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia memiliki kesamaan adalah “y” di akhir kata dibaca “i”. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yakni “Ianuarius” berarti bulan pertama pada hitungan tahun Jullius dalam kalender Gregorius bangsa Yunani.

Bulan January dikenal selaku permulaan perkiraan tanggal yang telah disepakati oleh hampir semua negara di cuilan dunia. Bulan satu ini identik dengan musim dingin atau ekspresi dominan salju di negara-negara yang mempunyai trend salju pada perputaran musimnya.

Contoh penggunaan kata bulan Januari adalah sebagai berikut:

·         I will marry you in January next year.

·         My father was born in January.

February

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan berikutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas yaitu bulan February. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yaitu “Februus” yang berarti dewa penyucian. Bulan february oleh sebagian kalangan atau negara dianggap mempunyai keistimewaan alasannya adalah cuma mempunyai hitungan 28 atau 29 hari saja dalam tahun Kabisat. Penggunaan kata February memiliki beberapa kombinasi, ada yang menulisnya dengan kata “Pebruari”, ada juga yang menulisnya mirip yang kita tahu yaitu “February” tergantung kebiasaan penduduk yang menggunakan kata tersebut.

Menurut sejarah bulan February ialah bulan yang pernah diletakan pada selesai bulan setiap tahunnya yang kemudian direvisi oleh sebagian golongan andal perbintangan diletakan setelah bulan January.

Bulan February di sebagian negara tropis seperti negara Indonesia dikenal dengan ekspresi dominan hujan.  Pengucapan bulan February dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia mempunyai kesamaan ialah “y” di tamat kata dibaca “i”. Berikut yaitu acuan penggunaan kata February dalam kehidupan sehari-hari:

·         At the end of February i want to go to my grandmother’s house in the village.

·         In February usually the sky is cloudy.

March

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang hendak kita bahas yaitu bulan Maret atau dalam bahasa Inggris ditulis dengan kata March. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu “Maart” atau dalam bahasa Latin disebut dengan “Mars”. Maart atau Mars dipercaya oleh orang-orang Romawi sebagai yang kuasa perang yang mereka takuti. Kata Mars juga diabadikan dengan nama planet dalam tata surya.

Bulan Maret pada tahun 45 Sebelum Masehi ialah bulan pertama dalam perputaran bulan setiap tahunnya, kemudian raja Romawi yang cukup populer bernama Jullius Caesar menyertakan dua bulan sebelumnya ialah bulan Januari dan Februari.

Bulan Maret juga dikenal selaku bulan isu terkini semi oleh sebagian negara yang memiliki perputaran lebih dari dua isu terkini setiap tahunnya. Seperti Jepang, Korea dan lain sebagainya.

Pengucapan bulan Maret dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia memiliki perbedaan yang cukup khas. Dalam bahasa Indonesia bulan Maret dilafalkan dengan huruf “t” di selesai kata. Sedangkan dalam bahasa Inggris bulan Maret dilafalkan dengan abjad “ch” di selesai katanya.

Berikut yaitu penggunaan kata bulan March dalam aktivitas sehari-hari:

·         March is my birth month.

·         Last year March was so hard for me.

April

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan menarik berikutnya yang akan kita bahasa ialah bulan April. Bulan satu ini dalam hitungan kalender memiliki 30 hari di dalamnya. Nama bulan April diambil dari bahasa Latin ialah “Aperire” yang bermakna membuka.

Bulan April dikenal oleh sebagian negara tropis seperti negara tersayang kita Indonesia adalah sebagai trend kemarau, sebab di bulan April umumnya jarang terjadi gumpalan awan di atas langit yang kemudian menimbulkan hujan.

Pengucapan kata bulan April baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris mempunyai sedikit perbedaan ialah awal kata April dibaca “e” tetapi mempunyai kesamaan yakni pada akhir kata bulan April dibaca “l”. Contoh penggunaan kata bulan April yakni sebagai berikut:

·         You will be home April.

·         He left for America in April.

May

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan berikutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang hendak kita bahas yakni bulan Mei atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama May. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yang kemungkinan besar memiliki arti kata adalah Dewi Maia.

Bulan May dikenal juga dengan bulan peralihan karena di bulan May lazimnya adalah tamat dari musim hujan dan awal dari animo kemarau. Pengucapan kata bulan May dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris memiliki kesamaan adalah sebelum selesai dan simpulan kata dibaca “ey”.

Penggunaan kata bulan May dalam kegiatan sehari-hari adalah selaku berikut:

  • I will graduate in May.
  • You have to try in the month of May.

June

nama Bulan dalam Bahasa Inggri

Bulan berikutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita diskusikan ialah Juni atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah kata June. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu yang memiliki arti Juno yang ialah istri dari tuhan Jupiter.

Penggunaan kata bulan June ialah sebagai berikut:

  • My uncle will visit at the end of June.
  • Grandpa used to plant corn in June.

July

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan berikutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang mau kita bahas ialah bulan Juli atau dalam bahasa Inggris July. Bulan satu ini diambil dari bahasa Latin yaitu “Jullius” yang merupakan nama raja termasyur di kerajaan Romawi pada zaman dulu masa..

Bulan Juli mempunyai perhitungan hari berjumlah 31. Penggunaan kata bulan July yakni selaku berikut:

·         My aunty will give birth in July.

·         My sister will turn one year old in July.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Terbaik

August

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas adalah bulan Agustus atau dalam bahasa Inggris diketahui dengan kata August . Bulan satu ini diambil dari bahasa Portugis ialah “Agosto” dan bahasa Belanda yaitu “Augustus” yang mempunyai arti nama kaisar Romawi yang cukup populer adalah Octavianus Agustus.

Penggunaan kata bulan August dalam bahasa Inggris sehari-hari yakni selaku berikut:

·         The next soccer match is ini August.

·         August is my country’s independence month.

September

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan mempesona selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang mau kita bahas yaitu bulan September. Bahasa Inggris September sama dengan yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Hanya saja, bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu “Septem” yang bermakna tujuh.

Penggunaan kata bulan September ialah sebagai berikut:

·         September is my birth month.

·         Last year the month of September felt more impressive.

October

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang akan kita bahas yakni bulan Oktober atau dalam bahasa Inggris diketahui dengan October. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yaitu “Octo” yang berarti delapan.

Penggunaan kata bulan October ialah selaku berikut:

  • October is the month of mother’s birth
  • October this year feels more different

November

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan selanjutnya yakni November. Bahasa Inggrisnya November sama dengan penamaan dalam kalender Indonesia. Penamaan bulan yang satu ini diambil dari bahasa Latin yaitu “Novem” yang bermakna sembilan. Sebab, pada zaman dahulu permulaan bulan berada di bulan Maret.

Penggunaan kata bulan November yaitu selaku berikut:

  • November this year must be memorable.
  • November is the eleventh month.

December

nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Bulan terakhir yang terdapat pada kalender internasional dan nasional yang hendak kita bahas ialah bulan Desember atau dalam bahasa Inggris disebut dengan December. Bulan satu ini diambil dari bahasa Belanda yakni “Decem” yang mempunyai arti sepuluh.

Penggunaan kata bulan December yakni selaku berikut:

  • December is the end if the month
  • December this year we are engaged

Itulah informasi terkait nama-nama bulan dalam bahasa Inggris beserta penggunaanya dalam aktivitas sehari-hari yang dapat saya sampaikan untuk teman sekalian. Semoga info ini berfaedah.