Tips Memilih Set Top Box Tv Digital Dan Fungsinya

Set top Box TV Digital – Beberapa bulan lalu, tepatnya di bulan Agustus, pihak Kominfo menginformasikan perihal kebijakan gres dalam menikmati layanan televisi dari siaran TV analog menuju TV digital. Kebijakan ini mengakibatkan banyak penduduk khawatir. Pasalnya, ada beberapa daerah di Indonesia antara lain Aceh, Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Timur, Kota Samarinda, dan Kalimantan Utara yang hendak diberlakukan tahap satu Analog Switch Off (ASO) TV digital.

Maka solusi untuk menjawab kegalauan ini, pemerintah menyediakan satu produk bernama Set Top Box atau STB TV digital selaku alat peralihan TV analog ke TV digital secara gampang dan simpel digunakan. Selain itu kami juga telah membicarakan cara peroleh STB gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Untuk itu, pada peluang kali ini kita akan membicarakan TV digital dan Set Top Box atau STB secara tuntas, mulai dari fungsi, harga hingga macam-macamnya. Simak baik-baik ulasannya.

Definisi TV Digital

Set Top Box TV Digital

TV digital merupakan satu perangkat televisi yang dipakai selaku alat penangkap sinyal digital dalam bentuk bit data berisi info siaran. TV digital atau D TV juga bisa diartikan selaku modulasi digital dan sistem komunikasi penyiaran televisi yang berbentuk bunyi, gambar dan data gosip terhadap metode yang telah diperbarui.

Sebenarnya fungsi TV digital sama halnya dengan sistem komunikasi yang telah kita kenal mirip streaming, Youtube dan lain yang sejenisnya. Namun pada TV digital kualitas suara, gambar dan info lain lebih manis dan dipastikan tidak akan mengalami gangguan mirip gambar rusak dan lain sebagainya saat sedang melakukan siaran. Bahkan, pihak Kominfo memastikan TV digital akan memiliki rasio sebanyak 16:9. Hal ini pasti menyenangkan bagi kamu penikmat siaran televisi yang pastinya akan menawarkan kualitas pengalaman menonton televisi lebih baik lagi bagi penduduk .

Dari banyak sekali pemahaman tentang TV digital di atas, mampu kita sederhanakan bahwa yang dimaksud TV digital yaitu TV yang telah mengalami pergeseran baik dari metode penerimaan isu maupun dari kualitas sajian gambar dan berita lain yang dihasilkan saat penyiaran.

Fungsi Set Top Box TV Digital

Kata Set Top Box atau STB mungkin masih terdengar aneh. Pasalnya, perangkat satu ini memang belum banyak yang menggunakannya. Terlebih bagi kamu yang kurang begitu mengikuti arus pertumbuhan zaman perihal metode pertelevisian.

Lalu apa sih fungsi bahu-membahu dari adanya perangkat Set Top Box TV Digital? Setidaknya ada beberapa fungsi penting dikeluarkannya produk satu ini, antara lain sebagai berikut:

Penerima dan Konverter

Fungsi pertama yang dimiliki Set Top Box TV Digital atau STB adalah selaku receive and converter (penerima dan konverter). Fungsi ini menegaskan bahwa Set Top Box atau STB berfungsi sebagai alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi suara dan gambar yang disesuaikan pada sistem performa di TV analog biasa.

Fungsi ini cukup simpel dan meminimalkan biaya, di mana masyarakat tidak perlu membeli lagi TV yang memiliki standarisasi terbaru yang tentu saja akan membebankan penduduk kelompok menengah ke bawah.

Sebagai Alat Pendukung Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2)

Fungsi selanjutnya yang dimiliki Set Top Box atau STB yaitu sebagai alat pendukung broadcasting-second generation terrestrial (dvb-t2). Sebagaimana kita tahu bahwa untuk mengimbangi arus modernisasi dikala ini pemerintah mengeluarkan Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2) selaku alat transmisi siaran televisi terestrial digital.

Alat ini dapat mentransmisikan audio, gambar dan data lain tersaji secara digital. Hingga tahun 2019 yang lalu, perangkat DVB-T2 digunakan dalam beberapa siaran televisi di sejumlah negara maju yang lain seperti Inggris, Italia, Finlandia dan negara lain yang menggunakan layanan perangkat ini.

Untuk itu di negara kita Indonesia sejak diberlakukannya peralihan dari TV analog ke TV digital pasti sungguh menggembirakan bagi semua kelompok apalagi bagi yang sudah memiliki DVB-T2 karena akan sungguh memiliki kegunaan saat dilengkapi dengan Set Top Box atau STB sehingga bukan cuma siaran global saja yang tersedia juga dapat menikmati siaran setempat yang kualitasnya tidak kalah manis dengan siaran mancanegara.

Perbedaan Set Top Box atau STB dengan Antena

Set Top Box atau STB dengan antena lumayan banyak perbedaan baik dari bentuk hingga dari fungsi yang dimiliki keduanya. Antena rumah biasa digunakan selaku alat untuk menangkap sinyal siaran dari stasiun televisi. Semantara Set Top Box atau STB memiliki kegunaan untuk mengganti sinyal digital yang diterima kemudian dimasak menjadi sinyal analog untuk dapat disambungkan terhadap TV analog.

Perbedaan fundamental lain antara Set Top Box atau STB dengan Antena adalah dari versi keduanya. Antena memakai alat atau model ulir yang dipasangkan dengan perangkat lain adalah konektor RG 6 atau juga bisa dipasangkan dengan konektor RG11. Sedangkan Set Top Box menggunakan versi coaxial connector male dan female secara berdekatan untuk mengganti sinyal digital menjadi sinyal analog.

Tips Memilih Set Top Box TV Digital atau STB

Inilah beberapa kiat sederhana yang dapat dijadikan tumpuan untuk menentukan set top atau STB dengan kualitas terbaik. Berikut uraiannya:

Kualitas Spesifikasi Harus Sesuai Kebutuhan

Beberapa hari ahad lalu pemerintah merilis 9 brand dan harga Set Top Box atau STB yang mempunyai sertifikasi dari Kementrian Informatika (Kominfo). Dalam pemberitaan tersebut terdapat beberapa set top box dengan harga Rp. 300.000 dan diikuti dengan fitur komplemen mirip IPTV, Youtube, Streaming dan aplikasi lain yang memerlukan kanal jaringan internet yang memadai. Hal ini juga akan mempunyai pengaruh pada pengeluaran yang kau bayar untuk membeli semua jalan masuk tersebut.

Sebenarnya jika yang kamu perlukan hanya TV digital sebagai layanan untuk menikmati siaran televisi secara gratis. Namun kalau kamu membutuhkan hiburan lain mirip layanan Youtube dan lain sebagainya kamu mampu berbelanja susukan lebih untuk menunjang susukan internet.

Cari Tau Harga

Tips berikutnya bila kau ingin menggunakan layanan Set Top Box atau STB adalah dengan mencari tahu harga terkini dengan kualitas terbaik. Sebagai orang yang ingin menggunakan layanan digital tentu harga yakni nomor satu, alasannya ada pepatah lama mengatakan harga menentukan mutu.

Ungkapan tersebut memang benar, selain kau mesti mengerti secara lengkap perihal spesifikasi, keunggulan dan kelemahan dari Set Top Box atau STB yang mau kau gunakan, kamu juga harus berilmu mencari tahu harga terkini, agar tidak kecewa di lalu hari.

Baca Juga : Cara Dapat Set Top Box TV Digital Gratis

Harga Set Top Box

Set Top Box TV Digital

Jika kamu kepincut menggunakan Harga Set Top Box selaku penyelesaian peralihan TV analog menuju TV digital maka kau mesti memilikinya secepatnya. Kamu mampu melihat di beberapa marketplace populer yang ada di Indonesia untuk menentukan harga terbaik sesuai keadaan keuangan kau ketika ini.

Rata-rata harga yang dikeluarkan untuk memiliki Harga Set Top Box dengan tolok ukur baik berkisar di harga Rp. 210.000 hingga Rp. 500.000. Beberapa produk yang dapat kau pilih antara lain selaku berikut:

  1. STB Akari ADS-210, berkisar di harga Rp. 400.000 sampai Rp. 500.000.
  2. STB Ichiko 8000HD, berkisar di harga Rp. 210.000 sampai harga Rp. 270.000.
  3. STB Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD, berkisar di harga Rp. 250.000 hingga Rp. 300.000.
  4. STB Venus Brio, berkisar di harga Rp. 215.000 hingga harga Rp. 380.000.
  5. STB Polytron PDV 600T2, berkisar di harga Rp. 390.000 hingga Rp. 550.000.
  6. STB Tanaka T2, berkisar di harga Rp. 220.000 sampai harga Rp. 265.000.

Itulah beberapa info yang dapat saya sampaikan terkait Set Top Box TV Digital. Semoga info ini berguna bagi sobat sekalian.