counter create hit

4 Cara Memperbaiki Iphone Tidak Bisa Di Charge Dengan Gampang

Bagikan:

iPhone tidak bisa di charge padahal telah dicolok listrik semalaman ? Yak persoalan klasik ini memang cukup sering dialami oleh pengguna hp baik Android maupun iPhone. Hp tidak bisa di charge ialah salah satu problem yang paling kerap dialami sehabis memakai hp dalam waktu lama.

Penyebabnya ada banyak dan untuk mengetahui apa penyebabnya, kau perlu memperhatikan beberapa bagian iPhone yang berhubungan dengan pengisian daya. Kalau iPhone kau mengalami problem ini, jangan tergesa-gesa bawa ke service center alasannya adalah siapa tahu bisa diperbaiki sendiri.

Ciri-Ciri Charger iPhone Rusak

Beberapa pengguna iPhone, terutama tipe usang seringkali mengalami ganjalan iPhone tidak mampu dicharge. Ciri-ciri iPhone yang paling biasa dialami pengguna adalah:

  • Pengisian daya lebih usang sebab port sudah rusak
  • Kabel charger mudah lepas karena port charger longgar
  • iPhone tidak mampu dicharge meskipun telah diganti dengan charger gres
  • Sambungan listrik dari kabel sering putus nyambung
  • Baterai cepat terisi, tapi juga cepat habis.

Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge

1. Cek Kabel dan Adaptor Charger

Kalau iPhone tidak bisa di charge, coba cek kondisi kabel USB dan adaptor charger. Meskipun dikenal sebagai hp mahal, bukan bermakna semua unsur pendukung iPhone punya mutu elok. Kabel charger iPhone paling sering dikeluhkan banyak pengguna sebab gampang rusak.

Penyebab kabel charger iPhone gampang rusak yaitu alasannya adalah tidak menggunakan materi PVC sehingga gampang terkelupas. Selain itu, leher kabel tidak dilengkapi strain relief sehingga saat kabel tertekuk, bab leher (sambungan kabel ke konektor) kabel lebih mudah patah.

iPhone Tidak Bisa di Charge 2 - 4 Cara Memperbaiki Iphone Tidak Bisa Di Charge Dengan Gampang

Nah kalau kamu mendapatkan kerusakan pada kabel atau adaptor charger, wajar saja iPhone tidak bisa di charge. Untuk menentukan kabel dan adaptor rusak, pakai untuk isi daya iPhone lain.

Baca Juga:   Huawei P40 Pro Resmi Di Indonesia, Berikut Harga, Spesifikasi Dan Review Lengkapnya

Jika hp Apple lain tidak mampu di charge juga, mampu dipastikan kabel dan adaptor kau rusak. Segera beli kabel dan adaptor gres yang bersertifikat MFI (Made for iPhone/iPad/iPod).

2.  Cek Port Lightning

Kalau kabel dan adaptor charger kau tidak berurusan, bisa jadi penyebab hp tidak mampu di charge ialah karena port pengisian daya atau charger port kotor. Port charger yang kotor alasannya adalah abu bisa menggangu proses pengisian daya. Debu yang menumpuk pada konektor mampu membatasi arus listrik antara pin konektor pada iPhone dan pin charger pada kabel USB.

iPhone Tidak Bisa di Charge 1 - 4 Cara Memperbaiki Iphone Tidak Bisa Di Charge Dengan Gampang

Cara membersihkan port Lightning pada iPhone sangat mudah. Pertama siapkan kain tipis halus dan bersih. Bersihkan setiap celah port Lightning dengan seksama. Setelah itu, tiup port Lightning dengan mulut atau blower kecil. Jika keadaan port sudah bersih, coba colokan kabel charger ke iPhone kembali.

3. Coba Reset Ulang iPhone

Jika hp Apple kau masih tidak mampu di charge, coba restart ulang hp kamu. Jika setelah di restart iPhone tetap tidak mampu diisi ulang dayanya, coba reset ulang iPhone kau. Reset atau factory reset yaitu mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

Factory reset akan meniadakan semua setingan dan eror yang terjadi pada iPhone. Factory reset perlu dicoba alasannya siapa tahu penyebab iPhone tidak mampu di charge yakni alasannya ada eror pada iPhone.

iPhone Tidak Bisa di Charge - 4 Cara Memperbaiki Iphone Tidak Bisa Di Charge Dengan Gampang

Sebelum melakukan factory reset, pastikan data-data iPhone sudah di backup ke komputer atau layanan iCloud. Cara factory reset iPhone berlainan-beda tergantung tipe atau model iPhone. Untuk mengetahui cara factor reset iPhone lebih lengkap bisa klik di sini.

4. Update iOS iPhone

Pada Oktober 2018, pengguna iPhone Xs dan Xs Max mengalami bug serius yang menimbulkan perangkat tidak mampu di charge secara wajar . Walaupun sudah dicolok ke listrik, layar tidak pertanda status baterai sedang terisi.

Yang lebih parah, walaupun telah diisi ulang lama baterai iPhone tidak bisa di charge sama sekali. Setelah diselidiki, ternyata penyebab masalah ini ialah alasannya adalah ada bug pada metode operasi iOS 12 yang dirilis sebulan sebelumnya.

Baca Juga:   Ini Cara Menjual Barang Di Olx, Mudah Dan Tidak Ribet

iPhone Tidak Bisa di Charge 3 - 4 Cara Memperbaiki Iphone Tidak Bisa Di Charge Dengan Gampang

Untuk menangani dilema ini, Apple langsung merilis update modern metode operasi iOS 12.01. Pembaharuan sistem operasi ini memperbaiki duduk perkara charging pada iPhone Xs dan Xs Max saat dihubungkan ke listrik.

Dari kejadian ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak selamanya penyebab hp gak bisa di charge karena persoalan hardware. Faktor software (piranti lunak) mampu juga menjadi penyebab hp Apple tidak mampu di charge.

Cek Spesifikasi Hp iPhone Terbaru

Informasi tentang bug pada piranti lunak iOS pada iPhone mampu kamu cari tahu dari forum atau portal berita. Atau jika ada pengguna hp di sekitarmu yang mengalami hal serupa, bisa jadi penyebab bekerjsama iPhone tidak bisa di charge adalah alasannya adalah ada masalah di piranti lunak.

Tips Mencegah Charger iPhone Rusak

Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah iPhone tidak bisa di charge, yaitu:

  • Rutin membersihkan port charger iPhone agar bebas abu yang menghalangi arus listrik
  • Gunakan konektor charger magnetik untuk mencegah lubang charger cepat aus (longgar)
  • Gunakan aksesoris kabel dan kepala charger original atau sudah berlisensi MFi (Made for iPhone)
  • Jangan sering cabut pasang kabel charger, tunggu hingga baterai terisi sarat
  • Untuk iPhone modern, Anda bisa gunakan wireless charging untuk meminimalkan frekuensi cabut pasang kabel charger.

Sejauh wawasan Sultan, Apple cukup cepat menyikapi dan memperbaiki bug di iOS. Jadi tak perlu khawatir jika ada hambatan pada iOS di iPhone, yang perlu dikerjakan adalah sabar menanti update iOS modern.


Bagikan:
close