fbpx

5 Aplikasi Bandar Detector Saham Terbaik (2022)

Bagikan:

KichanHelp.com – Salah satu hal yang kadang-kadang membedakan penanam modal retail dengan penanam modal institusi adalah investor institusi condong memiliki modal trading yang lebih tinggi dan diisi oleh individu-individu dengan skill trading terbaik. Ya, walaupun ada juga penanam modal retail dengan skill mumpuni dan modal besar.

Investor bermodal besar ini dinamakan bandar. Dengan modal yang besar, mereka mampu menggerakkan harga di pasar saham. Karenanya, Anda membutuhkan aplikasi bandar detector untuk dapat membaca pergerakan harga di pasar dengan lebih baik.

Aplikasi Bandar Detector Saham Terbaik

Berikut ini beberapa aplikasi bandar detector dan aplikasi trading yang memiliki fitur bandar detector, bandarmology dan broker summary terbaik:

1. Stockbit

Stockbit yakni aplikasi trading saham yang ditawarkan oleh PT. Stockbit Sekuritas. Saat ini, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store. Salah satu fitur utama aplikasi ini ialah broker summary, dimana trader mampu mengetahui dan memperhatikan pergerakan posisi pemain-pemain besar sehingga mampu mengambil keputusan berdasarkan bandarmology.

Isi fitur bandarmology dalam aplikasi ini terbilang cukup lengkap mulai dari data jumlah saham yang dibeli atau dijual bandar, nilai harganya, identitas sekilas bandar atau perusahaan sekuritas tersebut dan bahkan mampu memperhatikan pergerakan kinerja bandar tersebut selama beberapa era waktu tertentu.

Identitas bandar pada aplikasi ini terbagi menjadi tiga warna adalah merah, ungu dan hijau. Warna merah untuk broker ajaib, warna ungu untuk broker nasional dan warna hijau untuk broker BUMN.

2. RTI Business

Aplikasi lain yang mempunyai fitur bandar detector terbaik yakni aplikasi analisis saham berjulukan RTI Business. RTI Business yaitu salah satu platform analisis trading saham tertua di Indonesia sebab sudah ada sejak tahun 1995.

Platform ini mempunyai tiga akun khusus untuk para trader atau investor yang ingin berlangganan. Tiga akun khusus tersebut yaitu akun basic, premium dan advance. Fitur bandarmology bisa diakses oleh semua jenis akun. Namun, pengguna akun basic tidak akan bisa melihat riwayat kegiatan perdagangan saham yang dilaksanakan oleh broker.

Baca Juga:   Acuan Analisis Teknikal Saham

Sejauh ini aplikasi RTI Business telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Google Play Store. Lebih dari itu, RTI Business juga mampu digunakan via situs web atau memakai aplikasi desktop.

3. Indonesia Stock Exchange Data (Data Saham Indonesia)

Aplikasi analisis saham lain yang juga memiliki fitur bandarmology ialah Indonesia Stock Exchange, suatu aplikasi yang dibuat oleh Kajo Kangin Studio pada tahun 2015. Saat ini aplikasi ini hanya ada untuk pengguna android dan sudah diunduh oleh lebih dari 100.000 pengguna di Google Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, trader mampu mengetahui bandar mana yang mengumpulkan suatu saham dalam jumlah banyak dan sejak kapan. Nama dan riwayat pengumpulan saham dari bandar tersebut pun juga bisa dikenali.

Trader bisa memakai data-data dari bandarmology tersebut untuk memilih keputusan trading. Misalnya, mengambil harga entri yang serupa dengan harga entri rata-rata yang dikeluarkan oleh sebuah bandar atau memilih saham yang dipilih oleh perusahaan bandar favorit dan lain sebagainya.

4. IPOT

Aplikasi trading lain yang mempunyai fitur bandarmology saham yakni IPOT. Platform yang dirilis oleh PT. Indopremier Sekuritas ini memiliki fitur ini di bab broker summary. Di dalam fitur ini, trader mampu menyaksikan dan menganalisis beberapa hal berikut ini:

  1. Perusahaan sekuritas apa saja yang sedang banyak melaksanakan jual beli baik itu jual maupun beli.
  2. Pada emiten apa saja perusahaan tersebut banyak berinvestasi atau banyak memasarkan saham.
  3. Berapa rata-rata harga pembelian dan penjualan saham yang dijalankan oleh perusahaan sekuritas tersebut.
  4. Data jual beli perusahaan sekuritas dalam maupun mancanegara dan lain sebagainya.

Dengan demikian, trader mampu mengenali saham-saham mana saja yang sedang banyak dibeli oleh perusahaan yang berisi para mahir investasi dan ekonomi. Kekurangannya yakni pada aplikasi ini, trader tidak mampu melihat tahapan-tahapan investasi sebuah perusahaan sekuritas ke emiten tertentu dalam bentuk garis atau chart.

5. Ajaib

Selain Stockbit dan Ipot, aplikasi trading lain yang mempunyai fitur broker summary ialah Ajaib milik Ajaib Sekuritas. Fitur broker summary ini bisa diperoleh trader dengan mengklik masing-masing saham atau eksklusif ke broker summary dan melihat saham apa saja yang sedang banyak dibeli oleh pemain-pemain besar.

Baca Juga:   Review Bni Sekuritas: Cara Daftar, Kelebihan, Dan Kelemahan

Di dalam fitur broker summary Ajaib juga ada detail berapa jumlah pemasaran dan  pembelian yang dilakukan oleh perusahaan tersebut pada sebuah saham sehingga trader bisa menyaksikan apakah saham tersebut pantas dibeli, memiliki kesempatanpeningkatan atau tidak.

Kelebihan yang lain dari fitur broker summary dari Ajaib ialah trader bisa memilih apakah broker yang hendak dilihat yaitu perusahaan dari mancanegara, dalam negeri atau BUMN. Tandanya yakni dengan warna denotasinya, merah untuk broker luar negeri, kuning kecoklatan untuk dalam negeri dan biru untuk broker BUMN.

Mengapa Perlu Menganalisis Pergerakan Bandar Saham?

Pergerakan bandar saham baik itu perusahaan sekuritas maupun individu perlu dianalisis alasannya kesanggupan mereka menaikkan atau menurunkan harga pasar alasannya adalah banyaknya jumlah saham yang mereka minta atau mereka jual.

Hal ini menjadi lebih penting karena dari gosip perihal bandar tersebut, kita bisa mengambil beberapa isu mirip:

  1. Pada harga berapa bandar mau memasarkan atau membeli saham sehingga trader atau investor mampu memilih harga jual atau harga beli yang seperti dengan harga badar tersebut.
  2. Apakah harga suatu saham naik atau turun karena undangan dan penawaran dari bandar atau bukan. Kalau memang satu atau beberapa bandar membuka posisi yang serupa, apakah hal tersebut baik atau tidak untuk trader.
  3. Data transaksi bandar khususnya perusahaan sekuritas juga mampu membantu trader dan investor dalam menentukan perusahaan mana yang baik untuk dibeli dan tidak pada kala waktu tertentu.
  4. Bandarmology yang tidak asal mampu membantu trader dan penanam modal terhindar dari saham gorengan.

Intinya, walaupun saham yakni instrumen yang harus dikontrol sendiri tidak seperti reksa dana, tetapi investor dan trader saham masih bisa menyontek kebijakan perusahaan sekuritas besar melalui broker summary dan bandarmology.

Dengan demikian, pendapatperdagangan saham seorang investor tidak cuma berdasarkan analisis teknis dan fundamental, melainkan juga berdasarkan analisis anggapan pemain besar perihal saham emiten terkait.


Bagikan: