fbpx

6 Kiat Hidup Hemat Yang Perlu Kamu Terapkan, Perlu Tahu!

Bagikan:

KichanHelp.com – Hidup irit menjadi salah satu cara dapat survive menjalani kehidupan kuliah yang serba harus berdikari dan jauh dari orang renta. Pendapatan setiap orang memang berlawanan-beda namun, terkadang banyaknya kebutuhan dan pengeluaran dengan anggaran pas-pasan. Mengatur keuangan sangatlah penting biar kebutuhan mampu terpenuhi tanpa ada yang tertinggal. Nah kali ini, terdapat tips-tips ampuh untuk mengontrol keuangan dan menghemat pengeluaran.

1. Membuat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas menjadi hal nomor satu yang mesti kamu lakukan. Kamu harus mampu membedakan skala prioritas yang lebih harus kau dahulukan dan mana yang bisa dapat kamu tunda. Membuat skala prioritas menolong kamu menertibkan keuangan untuk membelanjakan keperluan yang penting apalagi dahulu. Jika ingin mengawali cara hidup hemat, penting sekali mempunyai skala prioritas berupa daftar barang yang wajib kamu penuhi.

Pastikan untuk menaruh daftar-daftar keperluan pokok di tingkatan yang paling atas, seperti membayar daerah tinggal, belanja masakan bulanan, biaya transportasi, serta pembayaran utilitas lainnya. Kamu harus bijak dalam membuat daftar tersebut, jangan hingga impian melebihi keperluan.

2. Cashless

Cashless atau tidak menawarkan uang cash menjadi hal yang wajar di tengah fasilitas membayar menggunakan kartu debit atau QR code. Membawa uang banyak memang membuat kamu lebih tenteram sebab tidak cemas uang kurang ketika membeli barang atau kuliner. Namun, berlebihan menjinjing uang cash berpotensi terjadi pemborosan. Lebih baik, bawa duit secukupnya. Cashless juga membantu berpikir ulang dikala kembali apa pun dan memperhatikan keuangan yang kau miliki, sehingga jauh lebih hemat dan dijauhkan dari kelalaian dalam menertibkan keuangan.

3. Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis harus mulai kau terapkan mulai kini agar irit. Terkadang memiliki gaji mengakibatkan kau berbelanja barang yang bantu-membantu tidak begitu penting mirip membeli baju atau aksesoris, menjajal kawasan tongkrongan baru dan wisata masakan. Padahal, ongkos yang kamu keluarkan cukup besar bila rutin melakukan hal tersebut. Bukan sekadar mengikuti ekspresi dominan saja, hidup yang lebih ramah lingkungan dan minimalis secara tidak eksklusif mampu menjadi salah satu cara hidup hemat. Konsep dari hidup minimalis yaitu membeli barang secukupnya. Jadi, barang-barang yang kita pakai bukan berdasarkan dari harapan tetapi keperluan.

4. Tidak Berhutang

Tidak mempunyai hutang akan mengurangi beban finansial. Penawaran mempesona seperti kartu kredit hingga paylater kadang kala menciptakan lupa diri. Ketika memakai kartu kredit, kau akan lebih mudah berbelanja barang-barang yang akibatnya pengeluaran jauh lebih membesar, bahkan minus. Jika bijak menggunakannya, sesungguhnya kartu kredit bisa membantu dalam melakukan transaksi barang-barang penting yang kamu butuhkan. Namun sayangnya pada umumnya orang kadang kala terdorong untuk makin konsumtif membeli. Cara hidup irit biar bisa menabung lebih baik bawa duit seperlunya atau kalau lebih suka membeli dengan duit elektronika, isi saja saldo secukupnya. Salah satu cara hidup ekonomis supaya keuangan tetap sehat, adalah jangan sampai berhutang ke teman. penting sekali dalam mempertahankan kestabilan keuangan di kala pandemi. Lebih baik menabung terlebih dulu atau bayar dengan uang tunai.

5. Memasak Sendiri

Memasak sendiri tentunya menjadi hal yang menyenangkan buat kau dalam menyanggupi kebutuhan makanan harian. Membeli bahan-materi mentah untuk diolah ternyata jauh lebih hemat biaya. Bukan cuma lebih ekonomis, kuliner pun lebih bersih dan bisa bervariasi sesuai selera kau. Agar lebih irit lagi, kamu bisa membawa masakan rumah tersebut selaku bekal makan siang. Usahakan tidak jajan bila tidak terlampau lapar. Kalau kau tinggal sendiri, banyak resep simple dan gampang yang bisa kau masak dengan menggunakan rice cooker.

6. Investasi

Investasi merupakan salah satu cara strategis untuk menerima laba di periode depan. Kemajuan teknologi ketika ini memungkinkan generasi milenial dapat berinvestasi dengan modal 100 ribu saja.  Modal tersebut cukup terjangkau bagi kamu dalam menyisihkan sisa-sisa uang yang ada. Mulailah berinvestasi sedini mungkin untuk financial freedom kamu. Salah satunya, kau bisa menentukan berinvestasi emas. Ada banyak aplikasi menabung emas yang dapat diunduh dari Playstore/ Appstore. 

Saat ini, banyak opsi aplikasi investasi emas yang beragam. Namun, mesti memilih daerah transaksi jual-beli yang kondusif sehingga terhindar dari investasi bodong. Oleh karena itu, kau mesti memastikan bahwa aplikasi tersebut mendapatkan pengawasan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Nah, semoga tips-kiat ini mampu menolong kamu untuk hidup irit ya!


Bagikan:
Baca Juga:   4 Bank Terbaik Untuk Investasi Emas (2022)