May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Mengelola Keuangan

6 Tips Mengontrol Keuangan Untuk Sandwich Generation

KichanHelp.com – Pernahkah kamu mendengar istilah sandwich generation? Istilah ini memang masih tidak mengecewakan abnormal di telinga kita, namun pada kenyataannya hampir siapa saja di Indonesia yang sudah berusia 18 tahun keatas dan berasal dari keluarga kalangan ekonomi menengah kebawah niscaya berkutat dan terjebak dalam pusaran sandwich generation. Lantas, apa itu sandwich generation? Definisi ini merujuk pada sekelompok orang yang harus menanggung beban ekonomi, tabiat, dan afeksional dari dua generasi berlainan. Baik mesti merawat dan membiayai orang bau tanah maupun anak-anak mereka sendiri.

Sandwich generation berdasarkan Dorothy A. Miller dibilang mempunyai resiko untuk hidup dalam kekurangan ekonomi dan dikhawatirkan membuat kembali bundar sandwich generation pada generasi selanjutnya. Jika kamu merasa sebagai sandwich generation, apakah kau sudah mempersiapkan rencana menertibkan keuangan sedini mungkin? Berikut merupakan tips untuk mengontrol keuangan bagi para sandwich generation.

1. Diversifikasi Sumber Pemasukan Bagi Sandwich Generation

Ketika kau menjadi salah satu sandwich generation di abad penuh ketidakpastian ini, kau wajib untuk tidak bergantung pada satu sumber pendapatan saja. Passive income lewat reksa dana saham dapat membantu kau untuk hidup dengan hanya menggantungkan pada dividen per saham yang kau miliki. Selain itu, kamu juga mampu mengambil pekerjaan komplemen yang mau menunjang kebutuhan finansial kau.

2. Amankan Aset Fisik

Tidak ada salahnya untuk menyisakan 30-40% dari total pemasukan yang kau miliki untuk mencicil secara jangka panjang aset fisik berbentukrumah atau tanah. Hal ini dapat menjadi jaminan di hari renta kau nantinya dalam bentuk fixed asset yang memiliki nilai jual relatif akan naik seiring waktu berlangsung. Aset fisik juga dapat menjadi “warisan” yang mampu diturunkan ke generasi sehabis kau untuk menangkal bulat sandwich generation.

Belakangan harga aset fisik berupa rumah dan tanah kadang kala menunjukan peningkatan nilai yang meningkat secara gradual dan pasti. Oleh alasannya itu, aset fisik menjadi sebuah keharusan untuk dimiliki para millenials sekaligus sandwich generation.

3. Berinvestasi di Emas

Sandwich generation memang mesti untuk berteman dengan kepastian nilai ekonomis. Melalui investasi ke dalam logam mulia atau emas, kau akan menerima keuntungan dalam abad waktu lebih dari 5 tahun. Jika nilainya turun, tidak akan terlalu signifikan.

Untuk itu, kamu perlu menyiapkan passive income melalui duit yang kau investasikan di emas, alasannya adalah keuntungan investasi emas cuma bisa ditemukan melalui mekanisme pemasaran. Selain itu, emas juga dapat kau pergunakan sebagai alat penjamin nilai dikala nantinya terjadi inflasi atas nilai mata duit.    

4. Miliki Dana Pensiun dan Dana Darurat

Kamu memimpikan hari bau tanah terbebas dari beban finansial? Dana pensiun yaitu cara paling ampuh untuk merealisasikan hal tersebut. Dengan kau menyiapkan dana pensiun sedari sekarang, peluang kau untuk menyebabkan generasi berikutnya sebagai sandwich generation menjadi tertutup. Pemanfaatan pesangon untuk menciptakan passive income juga mampu menjadi cara tersendiri bagi kau untuk mempersiapkan dana pensiun.

Sama halnya dengan dana pensiun untuk abad mendatang, kamu juga wajib merencanakan dana darurat untuk menanggulangi masalah finansial insidental di masa kini. Untuk mengalokasikan dana darurat, kau mampu mengokasikan 50% kebutuhan, 30% kemauan, dan 20% tabungan juga dapat kau terapkan pada ketika mengelola dana darurat untuk menyingkir dari pembelian barang yang tidak perlu, sehingga kamu bisa membagi dengan secara terperinci antara dana disposabel dan dana darurat 

5. Pilih Skema Pembayaran Minim Bunga

Sebagai sandwich generation, telah seharusnya kamu menyingkir dari pembelian barang yang memiliki suku bunga membesar. Selain sebagai salah satu cara untuk menghemat pengeluaran, hal ini juga mampu menangkal kemungkinan gagal membayar tagihan di masa mendatang. Namun, kau perlu mengetahui bahwa pembelian barang dengan cara mencicil merupakan cara paling efisien bagi para sandwich generation sebab belakangan telah banyak pihak retail yang menawarkan denah pembayaran ramah akan bunga. Tentu kau harus melakukan penyusunan rencana pengeluaran dengan bijak dan memperkirakan dengan matang.

6. Edukasi Orang Tua dan Anak

Generasi sebelum dan sehabis juga mesti mempunyai pengetahuan pentingnya kesadaran finansial untuk meminimalkan kemungkinan terjebak di bundar sandwich generation. Dengan begitu, orang renta dan anak ke depannya dapat mengaplikasikan wawasan tersebut dalam menciptakan keputusan finansial yang efektif.

Berikut tips-tips mengontrol keuangan untuk sandwich generation untuk menjamin hidup tenteram di kala tua bagi anak dan diri sendiri. Kamu bisa mengalokasikan dana investasi ke produk reksa dana dan aset logam mulia yang terjamin keamanannya.

Baca Juga:   Menghitung, Menginvestasikan, Menabung Untuk Dana Darurat Keluarga