counter create hit

7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

Bagikan:

Kuota internet kau boros ? Males terus-terusan isi paket data internet ? Mungkin ada penyebab kuota internet kamu cepat habis. Untuk mencegah kuota internet cepat habis, simak 7 cara ekonomis kuota internet di ponsel pintar yang paling efektif.

Seiring meningkatnya kebutuhan saluran data di smartphone, menciptakan kuota internet cepat habis. Semakin sering memakai sosial media, download game, atau streaming video dan musik membuat penggunaan paket internet kau lebih boros. Jika kau sekarang sedang dalam kondisi tersebut, berikut ini cara meminimalkan kuota internet atau paket data yang terbukti ampuh.

Bagaimana Cara Menghemat Kuota Internet ?

1. Atur Batas Penggunaan Kuota Internet

cara hemat kuota - 7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

Cara paling efektif untuk irit kuota internet adalah dengan mengontrol batas penggunaan internet. Cara ini cuma mampu dijalankan di hp dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop dan yang terbaru. Bagaimana caranya ? Pertama cek pemakaian internet di sajian Settings > Mobile Networks > Set Data Plan.

Atur berapa besar kuota yang ingin kau batasi. Hitungan batas penggunaan kuota internet mampu dalam MB atau GB. Ketika penggunaan internet sudah mencapai batasnya (limit) ponsel pintar akan menimbulkan notifikasi secara otomatis.

2. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Background

cara hemat kuota internet - 7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

Aplikasi yang berlangsung otomatis di latar belakang akan menyedot kuota internet tanpa kita sadari. Beberapa aplikasi yang suka berjalan di background di antaranya yakni: WhatsApp, Facebook, Instagram, game, dan aplikasi sejenis yang lain. Bahkan sehabis kita keluar dari aplikasi, belum tentu koneksi data tersebut dimatikan oleh metode operasi. Oleh sebab itu, hal ini mampu menguras paket data lebih cepat.

Baca Juga:   Cara Top Up Shopeepay Lewat DANA 2022, Tanpa Premium Bisa !

Untuk menanggulangi masalah ini, matikan atau larang aplikasi untuk berlangsung di latar belakang. Bagaimana caranya ? Masuk ke menu Settings > Data Usage. Setelah itu klik aplikasi yang ingin kamu batas, lalu klik Restrict App Background Data. Namun cara ini akan membatasi fungsi aplikasi tersebut. Misalnya, notifikasi Instagram tidak bisa timbul otomatis sebab aplikasi dilarang berjalan di latar belakang.

3. Matikan Update Otomatis Google Play Store

cara hemat kuota internet smartphone - 7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

Salah satu penyebab utama kuota internet cepat habis ialah fitur update otomatis aplikasi di Google Play Store. Update aplikasi mampu ketika-waktu tiba. Jika tidak dikelola, Play Store akan secara otomatis mendownload update aplikasi tersebut. Bayangkan saja, kamu punya 5 aplikasi game di hp dengan ukuran masing-masing 1 GB. Jika semuanya diupdate otomatis, Play Store akan menyedot kuota kamu sebesar 5 GB. Untuk mengatasinya, tinggal matiin fitur update otomatis di Play Store.

Bagaimana caranya ? Buka Play Store > Settings > Auto Update Apps. Lalu pilih Over Wi-Fi only bila ingin update aplikasi saat smartphone terhubung ke WiFi. Namun, jika ingin update secara manual lebih baik pilih pilihan Don’t auto-update apps. Sebagai suplemen, update aplikasi bila kamu punya bonus kuota tengah malam atau ketika terhubung ke WiFi saja.

4. Kurangi Menggunakan Aplikasi yang Menyedot Kuota

cara hemat paket data 1 - 7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

Banyak aplikasi yang menguras kuota, contohnya: Instagram, Facebook, YouTube, Netflix, dan Spotify. Aplikasi yang berbasis streaming foto, video, dan audio lebih banyak menghabiskan paket internet. Apalagi kalau kau streaming di setingan resolusi tinggi seperti: 480p, 720p, atau 1080p. Kuota internet bisa langsung habis. Untuk mengatasinya, nonton video di setingan resolusi rendah, atau atur biar video gambar GIF tidak bisa diputar secara otomatis.

Selain aplikasi berbasis streaming, aplikasi game juga menguras banyak kuota. Terutama buat kamu yang suka main game multiplayer. Saat bermain, aplikasi membutuhkan kuota internet yang banyak biar mampu terhubung dan stream ke player lain. Di waktu serentak, aplikasi juga terus terhubung ke server lewat jaringan internet. Meskipun konsumsi kuotanya tidak sebesar ketika streaming, tetapi kalo terus-susukan main game, kuota kamu juga bisa cepat habis. Belum lagi bila ada update fitur baru yang mewajibkan kamu download file ratusan MB.

Baca Juga:   Cara Menerima Hp Iphone Gratis

5. Gunakan Aplikasi Versi “Lite”

cara menghemat kuota - 7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

Aplikasi model “Lite” punya ukuran lebih kecil dibanding aplikasi model standarnya. Beberapa aplikasi ternama di dunia punya versi Lite, misalnya: Facebook Lite, Twitter Lite, LinkedIn Lite, TikTok Lite, Spotify Lite, dan lainnya. Aplikasi model Lite mengkonsumsi kuota internet lebih sedikit. Ditambah lagi, ukuran lebih kecil sehingga cocok diinstal di hp dengan ROM atau storage kecil.

6.  Matikan Fungsi Auto-Download di WhatsApp

cara menghemat kuota internet - 7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

WhatsApp ialah aplikasi yang wajib diinstal di smartphone. Namun aplikasi pesan instan ini ternyata menyedot banyak paket data. Saat fitur Auto Download aktif, WhatsApp secara otomatis mengunduh foto, video, audio, dokumen, dan attachment lain yang diantarke WhatsApp. Fitur Auto Donwload ini bisa dimatikan untuk hemat kuota internet. Caranya buka menu Settings > Storage and data. Klik Use less data for calls untuk mengurangi kuota internet ketika menelepon via WhatsApp.

Setelah itu di bawah Media auto-download pilih menu When using mobile data. Kosongkan centang pada Photos, Audio, Videos, dan Documents. Dengan begitu, saat terhubung ke internet seluler WhatsApp akan meminta kesepakatan kamu dulu sebelum mendownloadnya.

7. Gunakan Browser yang Hemat Kuota

cara menghemat kuota internet smartphone 1 - 7 Cara Irit Kuota Internet/Paket Data Di Ponsel Pintar

Browser juga ialah salah satu aplikasi yang boros kuota. Browser bawaan UI umumnya sangat boros kuota sebab sering menampilkan iklan atau konten yang tidak dibutuhkan. Untuk mengatasinya, tinggal ganti browser yang lebih irit kuota. Opera Mini yaitu browser yang terbukti ampuh mengurangi kuota internet. Browser ini bisa mengompres website yang dikunjungi sehingga paket data internet tidak cepat habis.

Selain Opera Mini, browser bawaan Android yaitu Google Chrome juga bisa menghemat paket data. Di aplikasi Chrome tekan tombol menu berbentuk 3 titik di kanan atas. Lalu pilih Settings > Lite Mode > On.

Aplikasi yang Boros Kuota

Aplikasi-aplikasi yang boros kuota menguras banyak paket data internet. Aplikasi berikut ini sebaiknya disingkirkan untuk hemat kuota. Jika terpaksa, sebisa mungkin minimalisir penggunaanya. Selain banyak menghabiskan kuota saat digunakan, aplikasi ini juga boros sebab terus berjalan di latar belakang. Berikut ini semua daftar aplikasi yang boros kuota internet:

Baca Juga:   Cara Menggunakan Aplikasi Discord Di Smartphone Android

  1. YouTube
  2. Instagram
  3. Facebook
  4. Spotify
  5. Snapchat
  6. Twitter
  7. WhatsApp
  8. Line
  9. Netflix, Iflix, IQIYI, dan aplikasi streaming film yang lain
  10. Game multiplayer online.

Apa itu Mode Hemat Data ?

Cara hemat kuota internet yang ampuh adalah dengan mengaktifkan mode irit data atau Data Saver. Apa itu mode ekonomis data ? Mode irit data ialah fitur yang memungkinkan metode operasi menonaktifkan fitur sync otomatis aplikasi. Fitur ini juga menghalangi aplikasi yang tidak penting berjalan di latar belakang. Pada dasarnya mode ini berfungsi menghalangi aplikasi-aplikasi di smartphone menguras kuota saat tidak digunakan. Selain mampu ekonomis kuota, mode ini juga bisa menghemat baterai.

Apa yang Menyebabkan Kuota Internet Cepat Habis ?

Sebenarnya apa yang menimbulkan kuota internet cepat habis ? Ada beberapa penyebab yang dapat menguras kuota internet bulanan. Berikut ini semua hal yang menyebabkan kuota internet habis, yaitu:

  1. Mode Auto Update aplikasi di Google Play Store masih aktif
  2. Data Saver di browser belum dinyalakan
  3. Streaming musik di mutu audio definisi tinggi
  4. Streaming YouTube, Netlifx, atau film di resolusi 720p ke atas
  5. Sering update aplikasi dengan ukuran besar
  6. Belum matikan fitur Auto Download di WhatsApp dan Telegram
  7. Sering Video Call
  8. Sering download aplikasi, dokumen, film, atau musik di hp.


Bagikan:
close