counter create hit

7 Cara Menangani Hp Lemot Dan Penyebabnya

Bagikan:

Cara mengatasi hp lemot sebenarnya kita mampu atasi, jikalau penyebabnya sudah tahu. Maka dari itu jika hp panas dan lemot, kami akan kasih tau penyebabnya. Sebagai tata cara operasi, Android terus melaksanakan kenaikan sehingga tak heran jika sistem operasi ini sering melakukan update.

cara mengatasi hp lemot 630x380 - 7 Cara Menangani Hp Lemot Dan Penyebabnya
Cara menangani hp lemot by pixabay

Kini Android yang paling baru yaitu Android 9.0 Pie. Pada permulaan peluncurannya di tahun 2018 lalu, Android terbaru ini cuma dirilis untuk perangkat Google Pixel, tetapi ketika ini sudah bisa digunakan untuk smartphone dari vendor lain.

Jika mengatakan perihal ponsel pintar, sering sekali ditemui keluhan perihal kinerja Android yang lemot dan tidak mampu menanggapi dengan cepat pada acara yang dijalankan. Hal ini menciptakan kegiatan menjadi terganggu dan tidak bisa dituntaskan dengan segera. Agar mampu menanggulangi Android lemot, pahami 7 penyebab Android lemot dan cara mengatasinya.

7 Cara Mengatasi Hp Lemot

Banyak sekali cara yang mampu dilaksanakan untuk mengatasi Android lemot, namun dengan mengenali penyebabnya juga, Anda bisa mengambil tindakan dengan segera dan benar sehingga Android bisa berfungsi dengan wajar dan kegiatan menjadi tanpa gangguan. Tanpa perlu berlama lagi, berikut 7 penyebab Android lemot dan cara mengatasinya:

Cara atasi hp lemot bebaskan memori

Penyebab Android lemot yang pertama yakni sisa memori yang kian menipis, baik itu memori internal atau eksternal. Untuk menangani problem ini sangat gampang ialah dengan meniadakan aneka macam foto, video, atau bahkan file yang sudah tidak dipakai. Jika merasa sayang untuk meniadakan foto atau video, pindahkan file-file tersebut ke penyimpanan yang lebih besar.

cara mengatasi hp lemot oppo memori penuh 630x380 - 7 Cara Menangani Hp Lemot Dan Penyebabnya

Jika tidak mempunyai penyimpanan yang besar, Anda bisa menyimpan file di penyimpanan awan yang ketika ini banyak tersedia. Pastikan untuk menyisihkan ruang lebih pada memori setidaknya 25% ruang kosong supaya Android bisa berjalan tanpa terusik dengan memori yang tersisa sedikit.

Baca Juga:   Cara Install & Menggunakan Apple Notes di Windows 10

Widget dan Live Wallpaper

Tanpa disadari penggunaan widget dan live wallpaper juga bisa memengaruhi kinerja smartphone. Menggunakan kedua fitur tersebut memang bisa menciptakan tampilan ponsel pintar menjadi lebih keren, tetapi hal tersebut bahu-membahu bisa membuat Android lemot, terlebih jikalau widget yang digunakan sangat banyak.

Kedua fitur tersebut mampu menciptakan Android lemot sebab sangat menambah beban RAM. Tak cuma lemot, ponsel yang Anda gunakan juga bisa mengalami error force close sehingga aplikasi yang dilakukan secara tiba-tiba tertutup dan berhenti secara paksa.

Kepoin yuk : Cara Meningkatkan Performa Android Tanpa Root

Cara menangani hp lemot alasannya adalah duduk perkara ini sangat mudah, cukup ganti live wallpaper dengan gambar umumatau bisa juga memakai wallpaper default semoga kinerja ponsel menjadi sungguh ringan. Selain live wallpaper, minimalkan juga penggunaan widget. Jika sungguh membutuhkan widget, pilih widget yang sungguh diharapkan dan hapus widget yang tidak terlampau sering digunakan.

Cara menanggulangi hp lemot dengan hapus aplikasi

Penyebab Android lemot yang berikutnya yakni aplikasi. Aplikasi memang salah satu bagian yang mampu memaksimalkan kinerja smartphone, tetapi aplikasi juga mampu menjadi biang masalah kalau jumlahnya terlampau banyak.

aplikasi berlebihan hp lemot 630x380 - 7 Cara Menangani Hp Lemot Dan Penyebabnya

Kadang pengguna smartphone tidak mempertimbangkan kapasitas smartphone ketika melaksanakan install aplikasi sehingga aplikasi yang ada di smartphone menjadi banyak dan menumpuk.

Terlalu banyak install aplikasi akan menciptakan ruang pada ponsel pintar menjadi berkurang. Selain itu, aplikasi juga akan membebani kinerja RAM. Untuk menanggulangi hal tersebut, sesuaikan penggunaan aplikasi dengan keadaan smartphone atau sesuai dengan kebutuhan.

Hapus aplikasi yang jarang atau bahkan sudah tidak diharapkan semoga ponsel pintar mempunyai ruang yang lebih besar. Jika biasa menggunakan aplikasi media sosial, pilih aplikasi browser dengan kualitas terbaik. Pada aplikasi yang tersisa, kerjakan abolisi cache secara bersiklus agar file sampah tidak menumpuk dan mengganggu kinerja smartphone.

Cara menghapus cache sangat gampang yakni dengan masuk ke Pengaturan atau Setting lalu pilih Aplikasi Manajer. Setelah itu pilih semua aplikasi dan klik aplikasi yang akan dibersihkan lalu pilih CLEAR CACHE. Pastikan untuk teliti ketika melaksanakan langkah ini sebab biasanya pengguna akan salah memilih CLEAR DATA yang mampu menciptakan data pada aplikasi menjadi hilang.

Baca Juga:   4 Rekomendasi Merk Flashdisk 2018 Terbaik

Aplikasi Berjalan membuatpanas

Masih berhubungan dengan aplikasi, penyebab yang berikutnya yakni aplikasi yang berjalan pada background. Perlu dikenali bahwa aplikasi yang telah ditutup kadang tetap berjalan di background atau latar belakang. Meskipun telah menutup aplikasi setelah simpulan digunakan, aplikasi mampu tetap berlangsung sehingga kinerja Android menjadi lemot.

aplikasi berjalan hp lemot 630x380 - 7 Cara Menangani Hp Lemot Dan Penyebabnya

Untuk cara menangani hp lemot dengan penyebab yang satu ini, adalah menghapus recent apps. Selain meniadakan recent apss, Anda juga harus mengontrol setiap aplikasi biar tidak berjalan pada background dengan cara masuk ke pengaturan aplikasi manajer. Anda mampu menghentikan aktivitas aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga kinerja Android bisa kembali cepat dan tidak lemot.

Update Aplikasi

Melakukan update aplikasi merupakan langkah yang sangat cantik semoga kelemahan pada aplikasi mirip bug bisa diperbaiki dengan sistem yang gres. Namun hal tersebut ternyata mampu mengusik kinerja ponsel pintar sebab kapasitas penyimpanan akan berkurang. Selain besar lengan berkuasa dengan penyimpanan, update aplikasi juga berpengaruh pada RAM yang memiliki kinerja kian berat.

cara mengatasi hp lemot saat internet update aplikasi 630x380 - 7 Cara Menangani Hp Lemot Dan Penyebabnya

Langkah untuk mengatasi lemot yang satu ini cukup gampang. Sebelum melakukan update, pastikan smartphone yang dipakai sesuai dan kompatibel bila dilaksanakan update aplikasi. Jika kapasitas penyimpanan dan RAM tidak cocok, lebih baik tidak melakukan update aplikasi.

Antivirus

Perlu dimengerti bahwa bantu-membantu pemasangan aplikasi antivirus tidak diharapkan untuk smartphone alasannya Android mempunyai metode keamanan dari serangan virus. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya Google Play Protect di Play Store. Fitur Play Protect tersebut mempunyai fungsi untuk memindai aplikasi yang akan diinstall pada smartphone.

Aplikasi antivirus sendiri biasa dipakai dengan cita-cita mampu menghadang virus yang hendak menyerang ponsel pintar, tetapi ternyata langkah-langkah tersebut sungguh menambah beban RAM alasannya antivirus tersebut terus berjalan pada background. Jika sudah begini, maka bisa ditebak penyebab smartphone menjadi lemot.

Cara menanggulangi masalah ini sangat mudah yakni dengan uninstall aplikasi antivirus sehingga Android mampu lebih lega dan beroperasi dengan tanpa hambatan.

Memiliki Akun Email yang Terlalu Banyak

Penyebab Android lemot dan cara mengatasinya yang terakhir ialah akun email yang terlampau banyak pada satu ponsel pintar. Email yakni salah satu komponen penting untuk ponsel pintar. Namun kalau akun email yang dimiliki terlampau banyak, maka akan besar lengan berkuasa pada kinerja smartphone.

Baca Juga:   4 Cara Menanggulangi Internet Lemot Tetapi Sinyal Full
banyak email 630x380 - 7 Cara Menangani Hp Lemot Dan Penyebabnya

Kecepatan kinerja yang menyusut disebabkan sebab aktivitas multi login akun menciptakan akun email akan berjalan dan melakukan sinkronisasi secara otomatis. Proses tersebut akan menciptakan RAM dan CPU menjadi melakukan pekerjaan lebih berat. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melepas akun email yang tidak dipakai sehingga kinerja ponsel menjadi lebih ringan dan tidak lemot lagi.

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan, masih banyak penyebab lain, namun yang paling kerap terjadi yaitu beberapa hal di atas. Agar tidak lemot dan mengusik acara ketika memakai Android, pastikan untuk tidak melaksanakan hal-hal yang bisa membuat Android menjadi lemot. Itulah sedikit ulasan tentang 7 penyebab Android lemot dan cara mengatasinya. Semoga berguna dan selamat menjajal .


Bagikan:
close