counter create hit

7 Jenis Kamera Di Ponsel Pintar Android/Ios Beserta Fungsinya

Bagikan:

Kebanyakan hp Android atau iOS terbaru punya lebih dari satu kamera. Mengenali jenis kamera smartphone akan membantu mengetahui semenarik apa spesifikasi hp yang kamu beli. Teknologi Multi-Camera sudah mulai banyak diterapkan di smartphone keluaran modern. Hal ini memungkinkan smartphone bisa mengambil gambar dari beragam jenis kamera ponsel pintar. Dengan begitu, hasil foto akan lebih bermacam-macam.

jenis kamera smartphone - 7 Jenis Kamera Di Ponsel Pintar Android/Ios Beserta Fungsinya

Minimal hp keluaran terbaru 2021 punya dua kamera belakang. Bahkan ada beberapa hp yang punya komplemen dua kamera depan. Hp harga 1 – 2 jutaan punya 2 atau 3 kamera belakang. Sedangkan hp harga 3 jutaan ke atas punya lebih dari 3 kamera belakang. Walau ada juga beberapa hp murah yang punya 4 kamera belakang, atau hp flagship yang hanya punya 2 kamera belakang, seperti iPhone 11 contohnya.

Nah, buat kau yang masih gundah apa saja jenis kamera smartphone dan fungsinya. Sultan akan jelaskan secara singkat dan padat.

1. Kamera Utama (Wide Camera)

Kamera utama atau lazimdisebut wide camera adalah kamera tolok ukur yang dimiliki smartphone. Biasanya kamera utama punya resolusi terbesar dibanding kamera yang lain. Secara default, tata cara operasi akan mengambil gambar dari kamera utama begitu aplikasi kamera diaktifkan. Untuk berpindah ke kamera lain, ditawarkan tombol sajian switch camera di aplikasi kamera.

jenis dan fungsi kamera di hp - 7 Jenis Kamera Di Ponsel Pintar Android/Ios Beserta Fungsinya

Beberapa hp dengan kamera terbaik di dunia menyertakan fitur penyetabil OIS dan kemampuan menambahatau memperkecil objek. Kemudian tajil lensa (aperture) kamera utama lebih lebar sehingga bisa menangkap cahaya lebih banyak. Saat ini, pada umumnya kamera utama ponsel pintar punya resolusi sekurang-kurangnya12 MP dan maksimal 108 MP.

2. Kamera Makro

Jenis kamera smartphone lain yang banyak ditemukan di smartphone yakni kamera makro. Fungsi kamera makro yakni untuk menangkap objek dari jarak akrab (close-up ekstrem). Kamera Makro bisa mengambil gambar dari jarak sungguh bersahabat. Kamu bisa menerima foto dari objek kecil: mirip serangga, bunga, kain, dan rumput.

Baca Juga:   Cara Memindahkan Lagu Dari Laptop Ke Iphone (Tanpa Itunes)

jenis kamera smartphone dan fungsinya - 7 Jenis Kamera Di Ponsel Pintar Android/Ios Beserta Fungsinya

Kamera makro cocok untuk mengambil gambar berukuran kecil. Untuk mendapatkan hasil foto optimal, kamera makro mesti dipakai di jarak tertentu dari objek. Rasio makro 1:1 mampu menangkap gambar kecil dengan ukuran orisinil sama seperti objek. Teknologi kamera makro modern di Oppo Find X3 Pro bisa memotret objek terkecil seperti serat kain.

3. Kamera Depth (3D ToF Sensor)

Berbeda dari kamera makro, kamera depth sensor atau 3D ToF Sensor (Time of Flight Sensor) tidak dapat mengambil foto secara berdikari. Fungsi kamera depth cuma selaku kamera penunjang kamera utama. Kamera depth berfungsi untuk mengambil berita aksesori ketika hp mengambil foto dari kamera utama.

jenis dan fungsi kamera hp - 7 Jenis Kamera Di Ponsel Pintar Android/Ios Beserta Fungsinya

Kamera ToF Sensor atau depth menentukan semoga objek senantiasa dalam kondisi fokus, sedangkan latar belakangnya tidak. Sederhananya, kamera depth dapat memisahkan objek dari latar belakangnya. Kamera depth membuat hp mampu menciptakan foto dengan imbas bokeh yang lebih natural. Sementara itu, hp yang tidak memiliki kamera makro cuma mengandalkan software untuk memisahkan objek dari latar belakangnya.

4. Kamera Monokrom

Huawei adalah vendor ponsel yang pertama kali menggunakan kamera monokrom terpisah di ponsel pintar. Kamera monokrom atau kamera mono berfungsi untuk mengambil foto hitam putih secara murni. Hasil tangkapan foto dari kamera monokrom jauh lebih natural dibanding kamera yang mengambil foto berwarna lalu menggantinya jadi hitam putih dengan filter.

Selain itu, fungsi kamera monokrom di smartphone yakni untuk mengembangkan sensitivitas pada cahaya rendah. Ini disebabkan alasannya adalah kamera mono mampu mengumpulkan cahaya lebih banyak, alasannya adalah tak punya filter warna.

5. Kamera Ultrawide

Kamera ultrawide merupakan jenis kamera smartphone yang mampu memotret foto dengan sudut pandang lebih luas. Sudut pandang atau jangkauan kamera ultrawide lebih lebar dibanding kamera terutama. Misalnya, hp Samsung Galaxy A70 sudut pandang kamera terutama selebar 78 derajat, sedangkan kamera ultrawide-nya selebar 123 derajat.

jenis dan fungsi kamera smartphone - 7 Jenis Kamera Di Ponsel Pintar Android/Ios Beserta Fungsinya

Jangkauan kamera yang lebih luas memungkinkan kamera ultrawide cocok digunakan untuk foto ramai-ramai, bangunan, panorama, dan lain sebagainya. Sudut tangkapan lebih luas memungkinkan kamera mampu menangkap siapa saja yang ikut berfoto tanpa satupun yang terlalaikan. Kamera ultrawide mampu ditemukan di hp murah dengan harga mulai dari 2 jutaan.

Baca Juga:   Review Spesifikasi Samsung Galaxy A30 & Harga Terbaru

6. Kamera Telephoto (Telescope)

Kamera telephoto adalah kamera khusus yang berfungsi untuk menambahtangkapan gambar secara optik. Kemampuan zoom kamera telephoto lebih baik dari fitur zoom pada kamera utama. Ini disebabkan kamera utama memperbesar tangkapan gambar secara digital. Sedangkan kamera telescope secara optik.

Zoom digital melakukan pekerjaan dengan cara menangkap gambar dengan resolusi utama, lalu mengcrop pada area yang dizoom. Di sisi lain, kamera telephoto memperbesar tangkapan gambar dengan dukungan lensa. Dengan begitu, foto yang dizoom lebih tajam, detil, dan resolusinya tetap tinggi. Saat ini kamera telephoto atau telescope di smartphone hanya mampu melakukan zoom optik sebanyak 2 – 3 kali saja.

7. Kamera Periskop (Periscope)

Kamera periskop yaitu jenis kamera ponsel pintar terbaru yang banyak dimiliki smartphone flagship. Kamera ini bisa memperbesar (zoom) gambar secara optik berkali-kali lipat lebih banyak dibanding kamera telescope. Kamera jenis periskop bisa mengubah tingkat zoom (focal length) dari 85 mm ke 135 mm. Berbeda dari jenis kamera ponsel pintar pada umumnya, kamera periscope berbentuk kotak.

jenis kamera smartphone terbaru - 7 Jenis Kamera Di Ponsel Pintar Android/Ios Beserta Fungsinya

Mekanisme zoom optik melibatkan pergerakan bagian lensa secara fisik. Sensor kamera dan jejeran lensa yang menolong zoom optik disusun secara horizontal, atau menyamping di segi dalam kamera. Gambar yang masuk ke dalam lensa dibelokan oleh lensa khusus, lalu melewati jejeran lensa yang tersusun menyamping. Gambar yang sudah dibelokan dan diperbesar oleh lensa lalu masuk dan diproses oleh sensor kamera. Kamera periscope mampu memperbesar gambar secara optik mulai dari 4 hingga 6 kali perbesaran.

Contoh hp dengan kamera periscope adalah Xiaomi Mi 11 Ultra. Hp ini punya kamera periscope 48 MP dan bisa melakukan 5x optical zoom. Kamera periskopnya juga punya PDAF dan OIS. Kemampuan zoom digabungkan dengan zoom digital sehingga total mampu menambahgambar hingga 120x zoom.

Itulah 7 jenis kamera ponsel pintar dan fungsinya. Kebanyakan hp Android punya 3 hingga 5 kamera belakang. Sedangkan, iOS (iPhone) paling banyak punya 3 kamera belakang. Beberapa hp juga ada yang punya 2 kamera depan. Kombinasi kamera depan yang ada umumnya ialah kamera utama + kamera depth atau kamera utama + kamera ultrawide.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Baru Growtopia Tanpa Error (2022)


Bagikan:
close