May 19, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Mengelola Keuangan

Bagaimana Cara Mengatur Gaji Supaya Tidak Boros?

growing salary - Bagaimana Cara Mengatur Gaji Supaya Tidak Boros?

KichanHelp.com – Cara mengatur gaji adalah hal yang cukup membuat kepala pusing. Menghitung pemasukan, pengeluaran, bayar ini, bayar itu, pastinya tidak semua orang telaten melakukannya. Namun jika ini tidak dibiasakan sejak sekarang, justru bisa berdampak buruk terhadap pengelolaan uang ke depannya nanti.

Ada baiknya, tidak masalah repot-repot sedikit di awal namun cash flow sehat dan kamu bisa merencanakan keuangan. Di artikel ini kita akan membahas terkait cara mengelola keuangan atau gaji di setiap bulan. Karena itu pastikan untuk membaca informasi ini hingga selesai, ya!

Cara Mengatur Gaji Bulanan

Pernahkah kamu di minggu ke-2 sudah kehabisan uang alias bokek? Jika pernah, kemungkinan besar kamu tidak merencanakan keuangan dengan tepat. Yuk, tinggalkan jauh-jauh sifat demikian, coba ikuti beberapa saran berikut supaya tidak boros saat mendapat gaji bulanan;

1. Membuat Daftar Pengeluaran Pasti

Setiap orang pastinya sudah punya daftar pengeluaran pasti. Namun sayangnya daftar tersebut tidak pernah ditulis sehingga alokasi uang tidak pernah terkontrol. Sebenarnya mudah kok membuat daftar kebutuhan pasti ini, cukup tulis di smartphone atau laptop.

Pengeluaran pasti sifatnya adalah tetap sehingga tidak bisa lagi diganggu gugat. Jumlah alokasi uangnya tentu setiap kebutuhan akan berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contoh daftar pengeluaran pasti:

  • Sewa rumah atau kos
  • Biaya transportasi
  • Biaya makan
  • Membeli kuota dan pulsa, dan lain sebagainya.

2. Buatlah Seluruh Daftar Kebutuhan

Bedakan mana yang menjadi kebutuhan, mana yang hanya keinginan. Sehingga nantinya kamu harus lebih mendahulukan kebutuhan dasar terlebih dahulu. Jangan malah nanti lebih mementingkan keinginan sehingga belum satu bulan uang gajian pun sudah habis.

Ini sangat wajib untuk dilakukan jika kamu bekerja sambil ngekos. Karena pastinya kita dituntut untuk mandiri mengurusi segala hal. Nah supaya tidak salah perhitungan, alangkah baiknya di awal bulan sudah merencanakan dan membuat daftar list kebutuhan.

Baca Juga:   Tips Mengatur Keuangan di Saat Ramadhan Ketika Semua Harga Pada Naik

3. Bawa Uang Cash Seperlunya

Uang cash yang terlalu banyak di dompet sering menjadi alasan mengapa kita boros. Cara mengatur gaji yang benar adalah dengan hanya membawa uang cash secukupnya. Sehingga nantinya kita akan berpikir ulang ketika ingin membeli sesuatu yang tidak penting.

Setiap kali ingin membeli sesuatu maka kita harus mengambil uang ke ATM atau di tempat tabungan. Ini pastinya akan membuat pengeluaran jauh lebih berkurang dan terkontrol. Terlebih jika kamu memang ingin menghilangkan sifat imflusif atau boros.

4. Jangan Lupa Menabung

Menabung adalah hal yang harus dilakukan sebagai cara mengatur gaji yang benar agar tidak boros. Buatlah tabungan yang susah untuk dibuka supaya akan membatasi kamu menggunakan tabungan untuk hal yang tidak penting. Adapun besaran persentase yang harus ditabung dapat mengikuti aturan berikut:

  • 20% dari gaji untuk ditabung atau diinvestasikan
  • 30% dari gaji untuk memenuhi kebutuhan keinginan
  • 50% dari gaji untuk memenuhi kebutuhan dasar

5. Membuat Jadwal Belanja

Coba kamu hitung berapa gaji yang dihabiskan untuk membeli baju, celana, sepatu atau barang lainnya setiap bulan? Bukan hal yang mustahil jika 50% dari gaji kadang habis hanya untuk membeli produk tersebut. Padahal ini bukan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Sekarang coba buat jadwal khusus kapan kamu boleh membeli produk-produk seperti demikian. Contohnya 2 bulan sekali dan hanya boleh menghabiskan 5% dari gaji. Atau ketentuan waktu lainnya yang bisa membuat kita tidak boros.

6. Saat Gajian Jangan Merasa “Saya Kaya Raya”

Siapa yang pernah kehabisan uang gajian saat pertengahan bulan? Jika pernah mengalami hal ini biasanya karena kita merasa punya banyak uang di awal bulan. Sehingga tidak lagi berpikir dua kali untuk membeli sesuatu.

Atau bahkan karena merasa punya banyak uang kita memilih liburan mahal. Padahal uang tersebut sejatinya harus bisa digunakan hingga akhir bulan. Tanpa perencanaan uang yang baik dan tidak berpikir panjang maka kita menggunakan seluruh gaji untuk berfoya-foya di awal bulan.

Baca Juga:   Finansial Aman Sepanjang Tahun? Pakai Cara Resolusi Keuangan Ini

Cobalah untuk mengendalikan perasaan “saya kaya” supaya uang yang kamu miliki bisa digunakan dengan bijak. Selain bisa bertahan hingga akhir bulan, bahkan nantinya kamu bisa menabung dan merencanakan tujuan keuangan.

7. Rencanakan Tujuan Keuangan

Punya rencana dan tujuan keuangan dimasa depan merupakan cara mengatur gaji yang tepat. Pasalnya, dengan adanya rencana maka kita akan berusaha untuk tidak boros. Uang yang kita miliki lebih bisa diarahkan kepada hal-hal bermanfaat untuk masa depan.

Buatlah perencanaan keuangan dalam buku khusus atau mencatatnya di PC dan ponsel. Misalnya dalam 24 bulan kamu ingin mengumpulkan uang 100 juta untuk membangun rumah. Buat perencanaannya seperti:

  • Berapa uang yang harus disisihkan setiap bulan
  • Kapan start dan finishnya
  • Apa saja anggaran kebutuhan yang harus dikurangi, dan lain-lain.

Penutup

Cara mengatur gaji bulanan memang mengharuskan kita mencatatnya secara rinci. Perhatikan juga beberapa hal di atas supaya kamu bisa sukses mengelola keuangan. Buatlah perencanaan dan segera capai apa yang telah kamu cita-citakan!