fbpx

Bank Jago Vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?

Bagikan:

KichanHelp.com – Bank Jago dan Jenius termasuk dua bank digital terbaik yang ada di Indonesia dikala ini. Pasalnya, kedua platform ini menawarkan layanan keuangan yang gampang dipakai dan fitur lengkap.

Baik Bank Jago maupun Jenius BTPN menunjukkan fitur kelola transaksi keuangan via kartu debit dan kartu kredit virtual, mempunyai biaya transaksi yang jauh lebih hemat biaya daripada bank konvensional, fitur keuangan bareng , dan masih banyak lagi.

Berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun terakhir, michan akan membicarakan perbandingan Bank Jago dan Jenius supaya Anda mampu menentukan ingin menabung di mana.

Mengenal Bank Jago

Bank Jago mulanya merupakan Bank Artos yang diakuisisi oleh PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia dan Wealth Track Technology Limited. Saat ini Jago sudah menjadi bank digital yang sungguh disukai selain alasannya adalah fitur yang melimpah juga tersedia layanan Jago Syariah.

Menurut penilaian kami, ketika ini Bank Jago ialah bank digital terbaik di Indonesia.

Mengenal Jenius

Jenius merupakan pionir bank digital dari Bank BTPN yang tergolong menjadi penggagas bank digital di Indonesia. Jumlah pengguna Jenius saat ini telah lebih dari 3.3 juta orang dengan kebutuhan keuangan personal dan bisnis.

Di Jenius, Anda bisa punya 2 akun keuangan adalah personal untuk keperluan transaksi dan tabungan langsung, dan akun bisnis untuk kebutuhan bisnis mirip transaksi keuangan bisnis dan BisnisKit (platform kelola bisnis dari Jenius).

Fitur Bank Jago vs Jenius

Fitur Transaksi

Bank Jago dan Jenius memungkinkan Anda untuk kirim uang dan bayar tagihan (kartu kredit, listrik, air, internet, infak dan sedekah), top up e wallet dengan gampang. Anda cukup masukkan nomor tagihan dan dana akan dikirim secara otomatis.

Baca Juga:   Apa Perbedaan Berdikari E-Cash Dengan Line Pay E-Cash?

Jenius menghadirkan fitur Jenius Pay adalah fitur untuk pembayaran dengan memasukkan $Cashtag jadi nggak perlu memasukkan informasi kartu debit dan kartu kredit. Selain itu ada juga Jenius QR yang mampu bayar cuma dengan scan barcode.

Sementara di Bank Jago Anda memiliki ID yang mampu dipakai oleh nasabah lain untuk keperluan pengiriman uang.

Di Bank Jago Anda mampu melakukan transaksi terencana seperti pengisian pulsa pada tanggal tertentu setiap bulannya. Sementara di Jenius, fitur transaksi terencana tidak tersedia.

Plan Ahead - Bank Jago Vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?
Menu Plan Ahead di Jago.

Fitur Kelola Keuangan

Kedua aplikasi bank digital ini menawarkan fitur kelola keuangan, di mana pengguna mampu memisahkan dana untuk jenis transaksi tertentu atau membuat dompet/simpanan khusus. Misalnya ada dompet untuk liburan, renovasi rumah, dana darurat, perbaikan kendaraan dan keperluan Anda masing-masing. Anda mampu menjadikannya sendiri sesuai dengan cita-cita.

Adanya simpanan atau dompet khusus ini dianggap bisa membuat lebih mudah Anda untuk memeriksa jumlah keperluan terbanyak dalam periode tertentu. Fitur ini oleh banyak orang dimanfaatkan untuk audit pengeluaran bulanan. Jadi nggak perlu lagi ribet, cari histori pengeluaran melalui isu transfer di masing-masing transaksi.

Fitur Tabungan

Meski fungsi bank adalah untuk menyimpan atau menabung duit, tetapi baik Bank Jago dan Jenius punya fitur simpanan khusus. Fitur tabungan ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan dan sasaran tertentu, mirip renovasi rumah, piknik ke negara lain dan sebagainya.

buat pocket baru Bank Jago - Bank Jago Vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?

Bank Jago menyediakan fitur kantong nabung yang juga mempunyai fitur autosave. Kaprikornus simpanan Anda akan ditambahkan dari saldo secara berkala pada tanggal yang sudah Anda pastikan. Kantong ini juga menampilkan rentang waktu simpanan, jadi pengguna mampu tahu kapan total tabungannya mampu terkumpul.

save it - Bank Jago Vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?
Pilihan Save It di Jenius.

Jenius BTPN punya beberapa pilihan tabungan seperti Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Saver. Masing-masing pilihan tabungan punya keunggulan seperti:

  • Flexi Saver merupakan simpanan seperti deposito, dimana penggunaan menerima 2.5% bunga. Kelebihannya, Anda mampu setor berapapun saldo awal dan mampu bebas tarik tabungan tanpa penalti.
  • Dream Saver yaitu simpanan yang mampu autodebet, jadi pengguna bisa atur tanggal pengisian saldo yang otomatis diambil dari saldo Jenius. Tabungan ini juga mempunyai bunga 2.5%.
  • Maxi Saver yaitu jenis simpanan deposito yang mampu Anda pakai untuk investasi yang menguntungkan. Anda bisa dapat bunga maksimal 4% dan pilih rentang waktu sampai 12 bulan. Tidak ada penalti ketika melaksanakan penarikan sebelum rentang waktu rampung.
Baca Juga:   √ 14 Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga : Bonus, Fitur & Manfaat [2022]

Jenius membatasi kantong Saver sebanyak 3 saja, sementara di Bank Jago Anda mampu menciptakan sebanyak kantong yang Anda mau.

Fitur Keuangan Bersama

Maksud fitur keuangan bersama ini, Anda mampu melakukan transaksi keuangan melibatkan sobat, keluarga dan sobat. Misalnya untuk kebutuhan jalan-jalan, sedang menjalankan proyek bersama, dan tagih pemberian teman tanpa sungkan.

request money Jago - Bank Jago Vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?
Meminta duit melalui aplikasi

Fitur ini cocok banget buat yang suka nongkrong dengan circle, jadi nggak perlu repot ngumpulin cash buat bayar makan, belanja dan kebutuhan lain.

Jenius mempunyai fitur Pay Me untuk tagih hutang via aplikasi dan bisa atur reminder jika sobat Anda lupa transfer. Kelebihannya, Anda mampu kirim tagihan cuma dengan memasukkan nomor handphone, kemudian masukkan jumlah tagihan dan info tagihan.

Bank Jago juga punya fitur Kantong Bersama, Kantong Berbagi, dan Minta Uang.

  • Kantong bersama yaitu fitur untuk mengumpulkan orang terdekat yang punya keinginan bareng . Anda bisa buat dan undang orang terdekat Anda semoga bisa lihat jumlah duit yang terkumpul, supaya makin termotivasi untuk menabung.
  • Minta uang untuk kirim undangan uang ke teman.
  • Kantong membuatkan yaitu fitur untuk kirim uang dan kartu ucapan ke teman erat.

Kartu Debit dan Kartu Kredit

Bank Jago dan Jenius selaku bank digital juga mengeluarkan kartu debit fisik dan kartu kredit virtual. Seperti yang kita tahu, kartu debit banyak dipakai dikala bayar bill saat belanja di mall atau makan di resto.

Bank Jago punya Kartu Debit Jago Visa yang bisa Anda pakai untuk pembayaran online dan transaksi mesin ATM dan EDC yang terdapat logo ATM Bersama. Jenis kartu Visa juga memungkinkan Anda untuk transaksi di mancanegara, di ATM berlogo Visa.

Untuk mendapatkan kartu debit di Bank Jago, Anda bisa buat kartu dan melengkapi data melalui aplikasi Jago di Smartphone. Kartu debit fisik akan diantarke alamat yang diharapkan. Setelah kartu tersebut hingga, silahkan aktivasi kartu via aplikasi, agar kartu debit Jago Visa bisa digunakan.

x card jenius - Bank Jago Vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?
Pembuatan kartu debit/VISA di Jenius

Jenis juga menawarkan kartu fisik dengan 3 tipe, adalah Kartu Debit Utama, Kartu Debit Virtual dan Kartu Debit Tambahan.

  • Kartu Debit Utama untuk kebutuhan tarik tunai di ATM Bersama, dengan minimal saldo Rp 500 ribu.
  • Kartu Debit Virtual untuk kebutuhan pembayaran belanja online. Kartu ini juga bisa untuk pembayaran yang membutuhkan kartu kredit.
  • Kartu Debit Tambahan ialah jenis kartu untuk pembayaran tertentu seperti belanja dan transportasi. Kartu ini juga mampu untuk tarik tunai.
Baca Juga:   Isi E-Toll Mandiri Lewat Bsi Mobile, Mampu Update Saldo Di Hp

Anda mampu memakai Bank Jago untuk berlangganan Netflix, begitu pula dengan Jenius yang kartunya mampu Anda gunakan untuk berlangganan layanan online.

Keunggulan Bank Jago dan Jenius

Punya Aplikasi yang Ringan

Aplikasi Bank Jago dan Jenius BTPN mampu Anda unduh lewat Google Play Store atau App Store. Aplikasi Bank Jago cuma berskala 88 MB, sedangkan Jenius sebesar 117 MB. Setelah diinstal dan digunakan tentu ada perbedaan dikarenakan aplikasi sudah menyimpan data dan cache.

aplikasi jenius - Bank Jago Vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?
Home Aplikasi Jenius

Dari tes yang kami lakukan, aplikasi Bank Jago lebih kencang dibandingkan Jenius yang lebih banyak loading dikala berganti halaman.

Biaya Transaksi Murah

Sebelum menggunakan antara Bank Jago dan Jenius, Anda mungkin perlu tahu biaya yang mereka tawarkan, seperti:

Jenis Biaya Bank Jago Jenius
Biaya buka rek tabungan Gratis Gratis
Biaya admin bulanan Gratis Rp 10 ribu / bulan
Biaya transfer 25 x Gratis / bulan & Rp 3 ribu setelahnya 25 x Gratis / bulan (saldo > 10 juta) dan Rp 6.5 ribu setelahnya
Biaya tarik tunai ATM 5 x Gratis / bulan 25 x Gratis tarik tunai ATM  (saldo > 10 juta)
Biaya top e Money Rp 0 – Rp 3 ribu Rp 0 – Rp 5 ribu

Perbedaan Limit Transaksi Bank Jago dan Jenius

Limit transaksi ialah batas transaksi minimal dan optimal yang mencakup transfer, tarik tunai dan top up e-money dari bank digital. Di bawah ini sekilas wacana limit transaksi per Maret 2022.

Bank Jago

Tipe Transaksi Limit Minimal Limit Maksimal / Transaksi Limit Maksimal / Hari
Kirim duit ke sesama Bank Jago Rp 1 Unlimited Unlimited
Transfer antar bank dan top up e-Wallet Rp 10 ribu Rp 50 juta Rp 100 juta
Tarik tunai ATM Rp 50 ribu Rp 2.5 juta Rp 15 juta
Transfer via ATM Rp 10 ribu Rp 25 juta Rp 50 juta

Jenius

Tipe Transaksi Limit Minimal Limit Maksimal / Transaksi Limit Maksimal / Hari
Kirim duit ke sesama Jenius Rp 1 M Rp 1 M
Transfer antar bank Rp 10 ribu Rp 50 juta Rp 100 juta
Top up e-Wallet Rp 10 ribu Rp 1.5 juta Rp 100 juta
Tarik tunai ATM Rp 50 ribu Rp 3 juta Rp 15 juta
Transfer via ATM Rp 10 ribu Rp 25 juta Rp 50 juta

 

Mana Yang Terbaik?

Berdasarkan evaluasi kami, Bank Jago lebih unggul dibandingkan Jenius sebab mempunyai lebih banyak fitur dan bebas biaya admin bulanan. Anda akan dikenakan ongkos admin sebesar Rp 10.000 jikalau memakai Jenius, sementara di Bank Jago biaya admin digratiskan.


Bagikan: