May 18, 2022
Jl. Raya Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Ngopi Santai

Cara Arisan Barang

Cara Arisan Barang 200x112 - Cara Arisan Barang

KichanHelp.com – Kata ‘arisan’ di Indonesia sungguh sering kita dengar, dan umumnya acara ini melibatkan ibu-ibu di aneka macam lapisan dalam lingkungan masyarakat. Bahkan telah ada banyak jenis arisan yang kita temui, sebut saja arisan keluarga, arisan kantor, arisan ibu-ibu komplek, arisan teman sekolah, dan masih banyak lagi. Tapi, bagaimana dengan cara arisan barang?

Apa Itu Arisan Barang?

Jika arisan pada umumnya memungkinkan akseptor yang mengungguli pengocokan arisan untuk mendapatkan uang sesuai jumlah iuran arisan per bulannya, maka lain halnya dengan arisan barang. Arisan barang yaitu aktivitas arisan yang para pesertanya akan mendapatkan barang bila memenangkan arisan. Adapun barang yang ditemukan biasanya barang yang berguna mahal, seperti sepeda motor, perlengkapan elektro dan masih banyak lagi yang yang lain.

Arisan kerap dianggap selaku penyelesaian mengendorkan beban para peserta yang lazimnya tidak bisa secara finansial untuk memililki barang mahal dengan cara tunai atau cash.

Adapun mekanismenya sama mirip arisana kebanyakan, dimana peserta melaksanakan pembayaran iuran berupa duit. Lalu, pemenang arisan setelah dikocok akan menerima barang, bukan uang.

Contoh prosedur sederhananya, penjual buk sudah menjual salah satu produk buku Ensiklopedi melalui 2 cara. Cara pertama, apabial dibeli secara cash atau tunai maka harganya senilai Rp. 2 juta. Kedua, kalau dikerjakan secara kredit, maka penjual buku ini menjualnya menggunakan tata cara arisan barang. Adapun arisan tersebut disertai sebanyak 5 akseptor yang sudah tergabung pada satu golongan. Dengan rentang waktu 5 bulan, para pesertanya mesti membayar iuran setiap bulan sebesar Rp. 412.000 dan ditransfer ke nomor rekening pemililk/pedagang buku oleh penerima. Kemudian pemenang arisan akan ditentukan memakai kemudahan aplikasi biar mampu diseleksi pemenangnya secara random.

Selain secara online mirip yang dijelaskan di atas, arisan barang juga dapat dikerjakan secara offline atau bertemu langsung antara pemegang arisaan dan pesertanya.

Cara Arisan Barang

Cara Arisan Barang 200x112 - Cara Arisan Barang
Cara Memulai Arisan Barang

Memulai Bisnis Arisan Barang

Sebenarnya telah banyak orang yang mengadakana bisnis arisan barang dan tidak sedikit pula yang berhasul meraup keuntungan dalam jumlah yang besar. Cara arisan barang juga cukup gampang dijalankan kalau Kamu mempunyai barangnya dan menentukan anggota arisan yang mampu dipercaya.

Baca Juga:   Cara Menggalang Donasi Menggunakan Instagram Dengan Fitur Instagram Reels

Kenapa arisan barang sungguh disukai? Karena pada umumnya ibu-ibu sangat menggemari hal yang sifatnya simpel dan mudah. Apalagi mendapatkan peralatan rumah tangga merupakan keperluan, dan akan sangat berat jika membelinya secara bersama-sama satu per satu.

Akan namun, jikalau ada kesempatan untuk memperoleh barang tersebut dengan cara yang mudah, siapa sih yang nggak kepincut?

Inilah kenapa cara arisan barang beberapa tahun ke belakang sangat terkenal dan digemarai oleh ibu-ibu. Arisan barang juga mampu dikatakan sebagai solusi untuk mengendorkan beban mereka semoga mereka mampu mendapatkan barang-barang tersebut tanpa mesti membayar yang banyak sekaligus.

Jika Kamu ingin mengawali arisan barang, ada beberapa bimbingan cara arisan barang yang harus dicoba berikut ini :

1. Pilih Jenis Barang

Ada berbagai barang-barang yang dapat dijadikan embel-embel arisan atau “kado” untuk pemenang arisan. Umumnya, barang-barang tersebut yakni barang yang dibutuhkan sehari-hari, misalnya peralatan untuk tidur dan peralatan rumah tangga. Kamu tinggal cek harga barang yang tak terlalu mahal agar tak memberatkan para peserta arisan nantinya. Mungkin Kamu mampu menyediakan bebrapa jenis barang berlawanan yang harganya nyaris sama. Supaya nantinya setiap anggota mampu memilih barang tersebut sesuai keperluan.

2. Pilih Supplier

Cara arisan barang selanjutnya, Kamu mesti memilih supplier yang terpercaya guna menyediakan banyak sekali macam barang untuk arisan. Carilah supplier yang memperlihatkan potongan harga atau menawarkan harga terjangkau. Ada banyak supplier yang memperlihatkan kemudahan untuk bertransaksi, tetapi tentukan semuanya aman dan terpercaya.

Silahkan cek keaslian supplier, jika supplier tersebut memiliki toko fisik, tugasmu ialah mengeceknya lebih dahulu untuk mengetahui ketersediaan barang sekaligus mampu membandingkan harga jual yang disediakan.

3. Tambahkan Biaya Transportasi

Tak hanya mencari supplier untuk menawarkan barang arisan saja dengan harga yang miring, Kamu juga perlu menimbang-nimbang perhiasan biaya transportasi. Sebab sistem pada arisan barang di sini adalah menunjukkan barang tertentu yang diharapkan anggota kalau salah satunya mengungguli arisan. Pastinya tak semua jenis barang didatangkan sekaligus langsung ke tempatmu, tetapi dilakukan secara berkala. Sementara biaya transportasi di sini penting sekali untuk meraup keuntungan bisnis arisan barang.

Baca Juga:   Panduan Lengkap Cara Daftar NPWP Online 2022

4. Mencari dan Menetapkan Anggota

Dalam cara arisan barang, pasti mencari akseptor arisan sungguh mudah, namun untuk menjaga loyalitas sendiri cukup sukar. Akan ada banyak orang yang kesengsem mengikuti arisan barang yang Kamu tawarkan. Tapi kemungkinan orang berlaku curang pun prospeknya cukup besar. Hal ini pastinya akan mempersulitmu untuk mengorganisir bisnis arisan barang.

Mengingat bisnis ini yaitu bisnis dengan modal kecil bahkan mampu dikerjakan tanpa modal. Selain itu, sangat bergantung pada loyalitas anggota arisan agar tetap melaksanakan pembayaran sesuai kesepakatan bersama. Entah pembayaran secara terjadwal setiap bulannya atau setiap ahad.

Pilih Mana, Arisan Barang atau Arisan Uang?

Bagi penerima arisan, sebenarnya arisan mampu dijadikan cara membantumu untuk menabung. Karena dengan arisan, baik itu arisan uang atau barang. Sisi positifnya yaitu Kamu belajar disiplin untuk menyetorkan uang yang dilaksanakan per bulan ke pemegang atau kepala arisan. Biasanya setoran uang tersebut berlangsung selama periode waktu tertentu, berdasarkan kesepakatan bersama.

Saat mesti menentukan arisan uang atau barang, Kamu mesti mengetahui kebutuhan pribadimu terlebih dulu :

  • Pertama, Kamu harus mengetahui prioritas yang Kamu butuhkan sekarang ini. Apakah barang atau duit? Jika jawabannya adalah uang, arisan duit pun dapat menjadi pilihan yang ideal. Arisan duit memungkinkanmu seperti memperoleh “pemberian” terlebih dahulu di awal, jadi Kamu tinggal melanjutkan pembayaran angsuran “sumbangan” tersebut sampai masa arisan berakhir.
  • Kedua, jikalau Kamu memerlukan barang untuk tujuan arisan, pastinya mengikuti arisan barang ialah penyelesaian ideal. Dengan mengikuti kegiatan arisan barang, Kamu pun mampu mendapatkan barang idamanmu dengan mendapatkan “santunan” duit dari sesama anggota arisan. Hal tersebut sangat membantumu bila saat ini kondisi keuanganmu masih belum mencukupi untuk membeli barang dengan cara tunai.

Selain itu, manfaat arisan barang atau uang lainya, Kamu tak perlu melakukan pembayaran  bunga sama halnya ketika mencicil barang dengan cara kredit dari lembaga kredit atau bank. Sehingga, Kamu harus betul-betul bijak menyaksikan kebutuhanmu.

Ketahui Hal Ini Sebelum Mengadakan Arisan Barang

Saat Kamu ingin mengadakan arisan barang misalnya, maka Kamu harus mencari anggota yang dapat dipercaya, karena ada resiko anggota yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja ada peserta arisan yang kabur sehabis mereka memenangkan arisan dan kabur sebelum arisan simpulan. Namun, Kamu bisa mencegahnya bila memilih anggota risan yang sudah diketahui baik.

Baca Juga:   Cara Menjadi User Premium Dana Di Bbm Android

Bagi penerima, jika Kamu mengikuti program arisan barang, maka bisa saja barang tersebut bukan barang yang Kamu perlukan. Pada waktu tertentu, misalnya ada salah satu alat rumah tangga sedang tren. Kemudian banyak yang membuka arisan untuk barang tersebut. Tapi, ketika Kamu mendapatkannya, belum pasti perlengkapan tersebut memang betul-betul diperlukan.

Itulah ulasan perihal cara arisan barang dan hal-hal yang harus diperhitungkan saat menentukan arisan barang. Semoga berguna!