counter create hit

Cara Auto Reply Whatsapp

Bagikan:

Bagaimana cara auto reply WhatsApp? Ya, kini membuat auto reply WhatsApp tak cuma mampu dilaksanakan untuk WhatsApp Business saja, melainkan juga untuk WhatsApp reguler atau biasa. Ada kalanya kita merasa tak mau diganggu dengan banyaknya chatting yang masuk via WA. Entah itu, alasannya Kamu lagi sibuk mengerjakan PR atau tugas kantor, atau mungkin sedang menyetir.

Jika beberapa keadaan memungkinkanmu untuk tidak mampu membalas pesan WhatsApp sesegera mungkin, maka Kamu bisa mengaktifkan layanan auto reply di WhatsAppmu.

WhatsApp sendiri masih menjadi primadona dalam jajaran aplikasi chatting. Selain lebih ringan, mudah dipahami dan simpel, WhatsApp juga sangat cocok dipakai sebagai aplikasi perpesanan yang kondusif untuk berbagai golongan.

Tak cuma itu, WhatsApp juga sering menunjukkan aneka macam macam fitur suplemen yang mampu memanjakan penggunanya. Meskipun demikian, masih ada bebapa fitur bermanfaat yang mungkin masih belum bisa ditemukan di WhatsApp. Fitur terseebut salah satunya yakni fitur balas otomatis (auto reply).

Fitur Auto Reply sendiri bahu-membahu telah tersemat dalam WhatsApp Business. Selain itu, Kamu juga dapat memakai bot responder yang digunakan untuk balas pesan secara otomatis. Namun di sini kita juga akan membahas cara auto reply WhatsApp tanpa perlu menggunakan bot atau WhatsApp Business.

Kenali Cara Kerja WhatsApp Auto Reply di WA Business

Biasanya auto reply WA mampu bekerja dengan cara mengantarkan pesan otomatis berbentuk akhir sederhana atas pertanyaan pelanggan. Dimana jawaban tersebut sesuai dengan chat template WhatsAppp yang sudah dibentuk sebelumnya. Berikut ada 3 jenis pola yang dipakai pada auto reply WA, diantaranya :

Baca Juga:   Cara Ngecas Kendaraan Beroda Empat Mainan Aki

1. Memindai Kata Kunci

Sebelum Kamu memberikan balasan, maka fitur ini biasanya akan memindai ‘keyword’ atau ‘keyword ’ dari pengguna. Jika telah terdeteksi, maka akan eksklusif direspon menggunakan balasan yang seperti atau sesuai dengan ‘keyword’ yang dipakai pelanggan. Jika keyword ini tak ditemukan, sistem auto reply pun tak bisa menunjukkan balasan sesuai.

2. Memberikan Opsi Jawaban

Autoresponder WA juga menawarkan pilihan pertanyaan yang ada di permulaan percakapan yang bisa dipilih secara eksklusif. Auto reply umumnya cuma mampu memperlihatkan jawaban sesudah pengguna menentukan pertanyaan yang telah tersedia di dalam metode. Jika pertanyaan dari pelanggan tak ada dalam opsi tersebut, maka konsumen akan eksklusif diarahkan biar menelepon layanan call center.

3. Perencanaan yang Strategis

Langkah terakhir membutuhkan penyusunan rencana terarah dan strategis, biar bisa membalas pesan menggunakan layanan bahasa mirip insan. Selain itu, fitur auto reply juga membutuhkan database cukup besar supaya  mampu menjawab semua bentuk undangan atau pertanyaan konsumen. Adapun caranya ialah lewat pengumpulan data pelanggan beserta transkrip percakapan. Dimana dengan semakin banyak pengumpulan data yang dilakukan, tentu saja kesanggupan balas otomatis untuk menanggapi pun  menjadi semakin meningkat .

Siapa Saja yang Bisa Memakai Auto Reply?

Layanan ini hanya mampu dimiliki WhatsApp Business, entah itu WhatsApp API atau WA Business biasa. Akan tetapi, aplikasi berbasis auto reply WA terbaik dalam WhatsApp API dapat melakukan pekerjaan lebih lengkap dan cepat. Supaya Kamu mampu memakainya, maka Kamu mesti mempunyai akun WA business API lebh dulu lewat auto reply.

Namun sekarang, Kamu yang tidak memiliki WA Business pun tak perlu repot lagi mesti menggunakan bot reposnder. Untuk lebih jelasnya, berikut cara auto reply WhatsApp dengan atau tanpa bot responder.

Cara Auto Reply WhatsApp

Cara Auto Reply WhatsApp 200x112 - Cara Auto Reply Whatsapp
Tutorial Auto Reply WhatsApp

Tutorial Auto Reply WhatsApp Tanpa Bot Respnder

Untuk cara auto reply WhatsApp pertama, kita tidak memakai bot responder dan berlaku bagi yang bukan pemilik WhatsApp Business. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi GBWhatsApp lebih dulu. Ini ulasannya :

Baca Juga:   Cara Membuat Broadcast di WhatsApp

  • Pertama-tama, silahakn unduh dan instal GBWhatsApp apalagi dulu.
  • Kemudian buka GBWhatsApp yang telah dipasang di perangkat hpmu. Lalu tekan “Setuju dan Lanjutkan”. Jika sudah, inputkan nomor hp yang Kamu pakai untuk verifikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya tap pilihan tiga titik di ujung sebelah kanan bab atas dan pilih GB Settings.
  • Lalu tap pada sajian bertuliskan “Auto Reply Message” dan tap ikon ‘+’ jikalau ingin menambahkan layanan akibat pesan secara otomatis.
  • Inputkan kalimat balasan pesan secara otomatis pada kolom yang bertuliskan “Auto Reply Message”. Lalu, receiver dapat memilih contacts atau group dan mampu juga memilih both untuk keduanya.
  • Setelah itu, Kamu tinggal mengontrol waktu untuk memulai serta berakhirnya akibat pesan otomatis menggunakan opsi Start Time serta End Time.
  • Selanjutnya, tap Add lalu aktifkan “Auto Reply Message” di bab atas.

Itulah bimbingan cara auto reply WhatsApp bagi yang tidak mempunyai WhatsApp Business dan tanpa menggunakan bot di perangkat android.

Tutorial Auto Reply WhatsApp dengan Bot Responder

Jika Kamu memakai WhatsApp Business, Kamu bisa memanfaatkan beberapa penyedia aplikasi balasan pesan otomatis terbaik ini :

1. Chatbot

Ini adalah aplikasi bot responder WhatsApp yang bersifat multifungsi. Pasalnya, aplikasi yang satu ini memungkinkanmu mampu membalas pesan secara otomatis pada WhatsApp. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa diintegrasikan ke dalam aneka macam platform chat singkat, diantaranya mirip LiveChat, Facebook Messenger, Youtube, Twitter, dan Skype.

2. Qontak.com

Untuk Qontak.com menunjukkan aplikasi pesan otomatis WA terbaik yang ad di Indonesia. Ini yakni kawan resmi dari WhatsApp Business API. Sehingga, WA auto reply untuk membalas pesan otomatis di WA dijamin aman. Di samping itu, Qontak.com juga telah terintegrasi oleh metode CRM atau Customer Relationship Management. Karena itu, bisnis mampu dilakukan lebih efisien dan lebih baik.

3. AutoRespond Bot

Aplikasi ini mampu dipakai untuk pengiriman chat WA otomatis ke pelanggan, baik secara grup maupun personal. Melalui aplikasi yang satu ini, Kamu mampu menjawab pesan WA lewat situs web. Pasalnya, aplikasi yang satu ini memiliki penampilan yang user friendly, mampu melakukan jadwal untuk auto tanggapandengan leluasam dan bisa membalas pesan hingga 99 kali.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Promo Grab

4. BotCore

BotCore yaitu aplikasi autoresponder WA yang mampu melaksanakan chatting otomatis. Ini sebab pertolongan dari teknologi AI (Artificial Intellifgence). Dimana teknologi yang satu ini, mampu merespon tiap pertanyaan konsumen otomatis memakai bahasa natural.

5. Botsify

Botsify merupakan aplikasi WA yang mampu dihubungkan pada Facebook Messenger, situs web dan Slack. Keuntungan Botsify yakni bisa menyikapi pesan pelanggan yang kompleks. Aplikasi ini juga bisa meneruskan pesan tertentu yang tak mampu dikerjakan kepada biro otomatis.

6. WhatsApp Auto Reply App

Aplikasi ini mempermudahmu untuk melaksanakan kerja sama bareng Google Spreadsheet. Pasalnya aplikasi ini memberikan 3 opsi auto reply, diantaranya welcome messenger, spreadsheet, dan custom reply. Kamu juga mampu memakai aplikasi untuk melakukan pengantaran pesan secara otomatis ke dalam grup yang disertai.

7. Wabot

Kamu juga bisa melaksanakan cara auto reply WhatsApp dengan memakai Wabot. Ini adalah aplikasi akibat pesan otomatis untuk menolong bisnismu dalam menyebarkan penawaran khusus. Pasalnya, aplikasi yang satu ini sudah mendapat pemberian fitur-fitur yang mutakhir untuk pengantaran pesan secara otomatis, Auto Reply, dan pesan terjadwal.

Oke, itulah beberapa cara auto reply WhatsApp baik itu memakai bot reponder ataupun tidak, tergantung kebutuhanmu. Silahkan praktekkan dan buktikan sekarang juga!

 

 


Bagikan:
close