counter create hit

Cara Bayar Bpjs Melalui M Banking Bca

Bagikan:

Layanan mobile banking, bagaimanapun memang sangat membantu menciptakan semua aktivitas transaksi lebih cepat dan mudah. Salah satunya adalah untuk transaksi cara bayar BPJS melalui m banking BCA. Bank BCA memang dikenal sebagai bank terkemuka yang layanannya bukan coba-coba. Pihak bank BCA selalu selalu menawarkan kepuasan terhadap para nasabahnya melalui berbagai fitur dan layanan terbaiknya dengan fast respon. Bahkan, aplikasi mobile banking BCA mampu dikatakan sangat ringan dan user friendly.

Berbicara tentang pembayaran tagihan JKN KIS BPJS kesehatan sendiri sesungguhnya, tak hanya mampu dilaksanakan melalui mobile banking BCA saja, tetapi lewat berbagai layanan BCA. Seperti melalui KlikBCA, ATM BCA, KlikBCA Bisnis, sampai Autopay dan Autodebet Rekening.

Bagi Kamu yang telah mempunyai BPJS kesehatan, pasti berkewajban untuk mengeluarkan uang tagihan BPJS yang wajib dijalankan untuk tiap bulannya. Selain itu, pembayaran BPJS kesehatan pun diputuskan berdasarkan kelas layanan fasilitas kesehatan. Karena setiap kelas memiliki jumlah iuran beraneka ragam. Selain itu, ketentuah bayar tagihan BPJS kesehatan per bulannya paling lambat dibayar tiap tanggal 10. Jika pembayaran iuran dikerjakan lewat dari tanggal tersebut, Kamu akan mendapat denda dengan besaran 2% dari jumlah tagihan BPJS setiap bulannya.

Pembagian Kelas Untuk Peserta BPJS

BPJS Kesehatan secara biasa terbagi ke dalam 3 kelas, diantarany :

1. Kelas 1

Kelas 1 ialah tipe kelas dengan ongkos iuran tertinggi yakni Rp. 150 ribu setiap bulannya. Biasanya penerima di kelas ini bisa memakai fasilitas, berupa pelayanan kesehatan untuk ruang perawatan dari kelas 1.

2. Kelas 2

Untuk kelas ini, iuran per bulannya yakni Rp. 100 ribu. Adapun akomodasi pelayanan eksehatannya berbentukpelayanan di ruang perawatan untuk kelas 2.

Baca Juga:   Tarik Tunai Tahapan Xpresi Lewat Teller Di Bank BCA

3. Kelas 3

Kelas 3 yakni kelas dengan jumlah tagihan per bulan sangat terjangkau, cuma Rp. 42 ribu. Peserta di kelas ini umumnya akan menemukan perlindungan pemerintah sekaligus menerima akomodasi breupa pelayanan kesehatan dengan ruang perawatan untuk kelas 3.

Di samping pelayanan kesehatan berbentukruang perawatan yang dibedakan menurut kelas tersebut di atas, para peserta BPJS pun akan mendapatkan pelayanan kesehatan. Bisa berupa rawat jalan sampai rawat inap yang disediakan oleh faskes yang telah bermitra dengan BPJS.

Setiap orang bisa mengikuti acara JKN BPJS. Demi meraih fasilitas dan kenyamanan peserta BPJS dalam hal pembayaran iuran, tagihan BPJS mampu dijalankan baik secara online maupun offline.

Cara Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Cara Bayar BPJS Lewat m BCA - Cara Bayar Bpjs Melalui M Banking Bca
Bayar BPJS Lewat m Banking BCA

Tutorial Bayar BPJS Lewat M Banking BCA

Untuk proses pembayaran yang lebih mudah, Kamu mampu mencoba cara bayar BPJS lewat m banking BCA dengan tindakan di bawah ini :

1. Download Aplikasi BCA Mobile

Sebelum lanjut ke cara bayar BPJS melalui m banking BCA, tentukan dulu Kamu telah mendownload dan menginstall aplikasi m BCA lewat App Store maupun Play Store. Jika telah aktifkan fitur BCA Mobile.

2. Masuk ke Aplikasi

Langkah berikutnya, silahkan masuk ke dalam aplikasi mobile BCA. Lalu pilih opsi ‘m-Payment’, lalu lanjutkan dengan cara menentukan ‘BPJS Kesehatan’.

3. Masukkan Baru Untuk Menyimpan Nomor Pembayaran

Cara bayar BPJS melalui m banking BCA berikutnya, Kamu tinggal menginputkan nomor pembayaran. Lalu, pilih ‘masukkan gres’ untuk menginput nomor pembayaran gres untuk BPJS. Selain itu, mampu juga pilih ‘Daftar Simpan’ kalau Kamu telah menyimpan nomor pembayaran BPJS.

4. Inputkan Kode Pembayaran

Inputkan aba-aba pembayaran untuk BPJS kesehatan, untuk pembayaran iuran rutin tanpa keterlambatan input arahan 88888+11 digit nomor akseptor kartu BPJS. Sedangkan bagi yang membayar iuran BPJS dengan terlambat bisa menginputkan aba-aba 88881+11 digit nomor peserta kartu BPJS.

Saat menginputkan nomor pembayaran, semestinya jangan tambahkan 2 angka pertama di nomor BPJS pada kartunya. Awali dengan cara menginputkan angka ‘88881’ atau ‘88888’ kemudian ikuti oleh 11 digit angka di nomor BPJS.

Baca Juga:   Kiat Atasi Samsung Galaxy S6 Custom Binary Blocked

Contohnya saja, nomor akseptor kartu BPJS-mu ialah 0002233445566, dengan begitu angka atau kode yang dituliskan pada kolom pembayaran adalah 8888802233445566. Setelah itu, Kamu tinggal menyesuaikan dengan keadaan status pembayaran, apakah untuk pembayaran dengan keterlambatan atau pembayaran BPJS berkala /sempurna waktu.

5. Proses Pembayaran

Cara bayar BPJS melalui m banking BCA berikutnya, jika seluruhnya telah benar, Kamu bisa pilih ‘Lanjut’ dan masukkan PIN m banking BCA-mu. Maka proses pembayaran tagihan BPJS pun sudah selesai dikerjakan.

Tutorial Bayar BPJS Lewat Layanan BCA Lainnya

Cara bayar BPJS lewat m banking BCA bukanlah satu-satunya sistem pembayaran BPJS yang bisa dirasakan memakai layanan BCA. Karena bahwasanya, Kamu pun bisa mencoba tata cara pembayaran BPJS lewat layanan BCA lainnya yang dapat disimak melalui penjelasan berikut :

1. Bayar Iuran BPJS Melalui KlikBCA

Tahukah Kamu, KlikBCA tergolong ke dalam salah satu layanan e banking BCA dan terhubung pribadi dengan rekening serta memungkinkan proses transaksi perbankan lebih mudah mirip melaksanakan transfer online. Jika ingin mencobanya, simak tahapan-tahapannya berikut :

  • Silahkan buka pada halaman klikBCA Individual, kemudian inputkan user beserta PIN-nya.
  • Selanjutnya masuk ke hidangan ‘Pembayaran’.
  • Lalu pilih BPJS.
  • Di kolom bertuliskan ‘Nomor Bayar’ inputkan angka 88888, untuk lalu diikuti oleh 11 digit angka terakhir di bab belakang kartu penerima  BPJS kesehatan. Contoh, nomor kartu BPJS Kesehatanmu yakni 0002233445566, maka untuk aba-aba pembayarannya Kamu mampu menginput kode 8888802233445566, dengan kata lain Kamu bisa menetralisir 2 digit angka di bab paling depan, kemudian tekan ‘Lanjut’.
  • Apabila nomor pesertanya telah benar berikut nominal tagihannya. Selanjutnya, akan timbul info mirip tagihan, nama peserta, biaya admin, jumlah penerima, serta jumlah pembayaran.
  • Silahakn aktifkan KeyBCA caranya dengan menginputkan PIN dan pilih APPLI 1 dan inputkan isyarat respon di kolom yang telah tersedia.
  • Lalu tekan ‘Kirim’.

2. Tutorial Bayar Iuran BPJS Melalui ATM BCA

Sebenarnya cara mengeluarkan uang iuran BPJS kesehtan melalui ATM BCA sendiri lebih mudah. Karena Kamu tidak butuhmengaktifkan layanan e-banking atau m-banking BCA terlebih dahulu. Selain itu, Kamu tidak perlu sibuk-sibuk mendaftar akun dan mendownload aplikasi mobile banking. Hanya saja kekurangannya ialah, Kamu wajib mencari gerai ATM yang terdekat.

Baca Juga:   Cara Meminimalisir Kuota Internet Facebook Di Android Paling Efektif

Berikut tindakan pembayaran BPJS kesehatan lewat ATM BCA :

  • Pastikan untuk mencari gerai ATM BCA terdekat.
  • Lalu pakai ATM yang menunjang pembayaran menggunakan kartu debit BCA.
  • Silahkan masukkan kartu ATM/debit BCA ke slot mesin ATM, berikut PIN yang dimiliki.
  • Tekan ‘Bayar’ dan pilih opsi ‘Lainnya’.
  • Jika sudah, klik BPJS lalu pilih BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya pilih Individu, jikalau ingin melakukan pembayaran BPJS untukmu dan keluargamu, serta pilih opsi ‘Badan Usaha’ kalau ingin melakukan pembayaran BPJS dengan nama karyawan di perusahaan atau kantormu.
  • Jika sudah, inputkan nomor VA BPJS, kemudian tekan ‘Lanjut’ atau ‘Benar’. Sekarang ini, virtual account untuk nasabah BCA yakni 88888 lalu disertai oleh 11 digit terakhir pada nomor kartu kepesertaan BPJS.
  • Jika tagihan BPJS yang tertera di layar telah benar, silahkan teruskan melaksanakan pembayaran tagihan BPJS.
  • Simpan bukti resi pembayaran untuk berjaga-jaga.

Itulah cara pembayaran BPJS kesehatan dengan menggunakan layanan bank BCA lainnya.

Kesimpulan

Diantara cara bayar BPJS melalui m banking BCA, ATM BCA dan KlikBCA, Kamu mampu pilih yang tepat dengan kebutuhan. Ketiganya memiliki plus minus masing-masing. Jika Kamu belum mendaftar layanan KlikBCA atau m BCA, tak ada salahnya memilih cara pembayaran di ATM BCA.

 


Bagikan:
close