counter create hit

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Bagikan:

Bayar pajak mobil kini nggak perlu harus mengantri atau pergi ke kantor Samsat saja. Sebab sekarang Kamu bisa mencoba cara bayar pajak kendaraan beroda empat online tanpa ribet dan lebih mudah. Proses pembayaran pajak kendaraan secara online tentu saja sangat membantu, apalagi bagi Kamu yang punya kegiatan. Daripada tidak membayar pajak sama sekali, mampu-mampu kendaraan kena tilang.

Tak cuma kena tilang, terlambat saja membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) mampu membuatmu kena denda, dengan jumlah yang bervariasi. Bahkan bisa di atas 25% dari jumlah pajak, lazimnya tergantung dari lamanya telat mengeluarkan uang pajak.

Kini ada beberapa opsi provinsi yang memberikan pembayaran pajak secara online. Selain itu, ada juga layanan e-Samsat nasional sebagai jaringan elektronik Tim Pembina dari Samsat Nasional. Tujuannya demi mempermudah penduduk untuk melakukan pembayaran pajak.

Mengecek Pajak Kendaraan di e-Samsat

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa ada beberapa provinsi yang ada di Indonesia yang menyediakan website untuk membuat lebih mudah masyarakat memeriksa PKB lewat metode e-Samsat. Melalui fasilitas ini, Kamu mampu menyaksikan periode berlaku dari nomor polisi kendaraan dan berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan. Cara melihat pajak mobil melalui e-Samsat sangat mudah, Kamu cuma perlu memasukkan nomor polisi dan KTP dari pemilik kendaraan. Untuk berikutnya, Kamu dapat menyaksikan seluruh informasi terkait pajak kendaraanmu dengan gampang, termasuk besarnya denda yang wajib dibayarkan.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Efin Pajak Secara Online

Setelah cek pajak kendaraan beroda empat online di alamat-alamat di atas, Kamu mampu melaksanakan pembayaran pajak kendaraan beroda empat dengan cara bayar pajak mobil online.

Tempat Pembayaran Pajak Mobil

Pembayaran pajak ialah sebuah kewajiban bagi warga Indonesia. Hal ini disebabkan dari pajak, pemerintah akan menemukan pemasukan, untuk digunakan dalam kepentingan pembangunan negara. Oleh alasannya adalah itu, pastikan untuk selalu mengeluarkan uang pajak sempurna waktu. Sekarang tak ada lagi argumentasi untuk tidak melaksanakan pembayaran pajak,. Karena Kamu disediakan banyak opsi cara untuk melunasi pajak kendaraanmu. Di bawah ini ada beberapa kawasan untuk pembayaran pajak yang dapat Kamu datangi, tergolong pembayaran STNK Online lewat minimarket.

1. Samsat Drive Thru

Kamu bisa melakukan cara bayar pajak mobil online di Samsat Drive Thru. Tentu saja dengan layanan drive thru ini membuatmu lebih cepat melaksanakan pembayaran pajak. Bahkan waktu yang diharapkan untuk membayar pajak kendaraan hanya 2menit saja.

Namun layanan Samsat Drive Thru ini baru tersedia di kota Jakarta. Oleh alasannya adalah itu, bagi warga yang ada di kawasan lain, mesti lebih bersabar lagi.

2. Samsat

Samsat ialah kependekan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, yang selalu menjadi tempat khusus pembayaran pajak mobil atau motor. Kamu mampu melaksanakan pembayaran pajak tahunan sampai penggantian STNK untuk 5 tahunan di Samsat.

3. Samsat Keliling

Tempat alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor yang lain ialah di dalam layanan Samsat Keliling. Biasanya layanan ini menggunakan mobil yang telah dimodif sedemikian rupa mirip halnya loket pembayaran.

Namun Kamu wajib melakukan pengecekan jadwal Samsat keliling terlebih dahulu. Silahkan cek langsung di akun sosial media yang tersedia di Samsat tiap-tiap wilayahmu. Jika telah tahu, Kamu cuma perlu mendatangi Samsat Keliling. Umumnya, layanan ini tersedia di daerah yang selalu ramai masyarakatserta mudah dijangkau.

4. Minimarket

Cara bayar pajak kendaraan beroda empat online juga mampu dilaksanakan di minimarket. Ada 2 minimarket di Indonesia yang melayani proses pembayaran pajak, diantaranya Alfamart dan Indomaret. Meskipun demikian, hanya beberapa kawasan saja yang memutuskan kebijakan untuk mengeluarkan uang pajak pribadi di minimarket. Ada beberapa daerah yang telah menerapkan pembayaran pajak di minimarket, mirip Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Baca Juga:   Cara Buat E Billing

Cara Bayar Pajak Mobil Online

Cara Bayar Pajak Mobil Online - Cara Bayar Pajak Mobil Online
Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online

Panduan Cara Bayar Pajak Mobil Online

Setelah cek pajak mobil online, sekarang Kamu bisa mengikuti tindakan cara bayar pajak mobil online berikut ini :

1. Bayar Pajak Mobil Online di ATM

Kamu mampu melakukan cara ini di ATM dengan catatan nama rekening beserta pemilik kendaraan bermotor harus sama.

  • Cara yang pertama, kunjungi gerai ATM terdekat.
  • Setelah itu, pilih ‘Bayar’ lalu pilih ‘Menu Lainnya’.
  • Langkah selanjutnya, pilih ‘Pajak atau Penerimaan negara’.
  • Lalu pilih e-Samsat.
  • Selanjutnya tinggal memasukkan nopol (nomor polisi), silahkan ikuti petunjuk di mesin ATM. Biasanya seri aksara diubah ke dalam angka. Contohnya saja B 2345 ABC, jadi 2345010203.
  • Lakukan pembayaran PKB.
  • Setelah berhasil mengeluarkan uang pajak, pastikan untuk menyimpan struk pembayaran pajak yang Kamu kerjakan lewat ATM.

2. Bayar Pajak Mobil Online di Aplikasi Samsat Online Nasional

Ada beberapa bimbingan cara bayar pajak mobil yang bisa dilaksanakan di aplikasi Samsat Online Nasional, diantaranya :

  • Silahkan download dan instal Samsat Online Nasional Apps di perangkat Smartphone, baik melalui Play Store maupun App Store.
  • Kemudian buka aplikasi, selanjutnya tekan ‘Mulai’.
  • Pilih ‘Pendaftaran’.
  • Setelah itu, pilih baiklah kalau Kamu menyutujui syarat dan ketentuan yang tertera.
  • Silahkan isi semua data yang diharapkan, mirip NIK/Nomor KTP, Nomor Rangka kendaraan, email, nomor hp, dan Nomor Polisi atau NRKB.
  • Lalu pilih ‘Lanjutkan’.
  • Jika ditemukan, maka hasilkan akan ditampilkan pada layar gosip wacana data kendaraan.
  • Ingat, arahan pembayaran cuma berlaku 2 jam saja dari registrasi.
  • Tekan ‘Setuju’ untuk melanjutkan pembayaran.
  • Silahkan salin instruksi pembayaran untuk membuat lebih mudah pembayaran pajak mobil online.

3. Bayar Pajak Mobil Online di Indomaret

Cara bayar pajak mobil online berikutnya yaitu di Indomaret. Seperti yang telah diterangkan di atas bahwa masih belum semua daerah/propvinsi mengaplikasikan pembayaran pajak lewat tata cara ini. Dimana sistem ini, bisa dipakai bagi Kamu yang tinggal di provinsi Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Ini beliau tahapan-tahapannya :

Baca Juga:   Cara Mengkalkulasikan Kpr

  • Persiapkan data STNK, NIK serta nomor hp.
  • Silahkan informasikan ke kasir di Indomaret jikalau Kamu ingin melaksanakan pembayaran pajak.
  • Selanjutnya, kasir pun akan meminta nomor mesin kendaraan beroda empat, nomor plat hingga nomor hp.
  • Apabila seluruhnya telah lengkap, nominal pajak berikut biaya admin akan ditampilkan.
  • Jika sudah mengeluarkan uang pajak, Kamu pun selanjutnya akan mendapatkans truk bukti pembayaran berikut SMS memakai link bitly berisi ERI (Electronic Registration Identification) dari pihak Polri.
  • Ketuk link bitly, selanjutnya Kamu akan ditampilkan gambar berbentuke-TBKP selaku bukti pelunasan yang dilengkapi barcode.
  • Silakan simpan resi pembayaran untuk dijadikan bukti sah, selanjutnya Kamu mampu mencetak bukti tersebut di kantor kepolisian.

Nah, itulah 3 cara bayar pajak kendaraan beroda empat online yang mampu Kamu pilih tergantung layanan yang mampu diakses. Bagaimana, mudah bukan?

 


Bagikan:
close