counter create hit

Cara Bayar Pajak Motor

Bagikan:

Setiap pemilik kendaraan bermotor berkewajiban untuk melaksanakan pembayaran pajak tepat waktu. Bagi Kamu yang belum membayar pajak kendaraanmu, secepatnya kerjakan pembayaran sekarang juga. Ada banyak cara bayar pajak motor yang bisa Kamu kerjakan, baik itu secara offline maupun secara online. Kamu tinggal pilih cara yang paling mudah.

Kenapa mesti bayar pajak tepat waktu? Jika Kamu mengalami keterlambatan bayar pajak, Kamu akan dikenakan denda sampai 25% dari jumlah pajak. Wah, lumayan juga ya!

Untuk menghindari denda yang terlalu besar dan resiko kena tilang polisi, tentukan Kamu segera mengeluarkan uang pajak motormu sebelum jatuh tempo. Batas waktunya bisa Kamu lihat di TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pajak) dan STNK.

Sebenarnya bayar pajak motor itu gampang lho, apalagi kini Kamu sudah mampu mengeluarkan uang pajak kendaraan bermotor secara online. Jadi sangat efektif bagi yang punya banyak kesibukan. Namun di sini kita akan membicarakan cara bayar pajak motor offline dan online, sebab tidak semua tempat memberlakukan pembayaran pajak motor online. Namun sebelumnya pastikan dahulu Kamu telah memeriksa pembayaran pajak motor dengan cara cek pembayaran pajak motor.

Cara Bayar Pajak Motor

Cara Bayar Pajak Motor 200x112 - Cara Bayar Pajak Motor
Panduan Cara Bayar Pajak Motor Offline dan Online

Panduan Cara Bayar Pajak Motor Offline

Jika di wilayahmu belum memungkinkan bayar pajak motor secara online, maka ada beberapa tutorial pembayaran pajak motor offline yang bisa kamu coba berikut :

1. Bayar Pajak Motor di Kantor Kecamatan

Kamu mampu melakukan pembayaran pajak motor di kantor Kecamatan jika kantor Samsat sukar dijangkau dan tidak memungkinkan pula untuk mengeluarkan uang pajak motor online di daerahmu. Akan namun, cara bayar pajak motor offline ini cuma dapat dicicipi oleh pemilik motor yang sudah terdaftar di provinsi DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan kebijakan tersebut baru didirikan oleh Gubernur DKI Jakarta semenjak tahun 2015 silam.

Baca Juga:   Cara Membuka Blokir Facebook

Melalui metode pembayaran ini, tentu saja Kamu tak perlu ribet melakukan pembayaran pajak motormu di kantor Samsat. Di samping dapat mengeluarkan uang pajak kendaraan tahunan, kantor kecamatan di kawasan DKI Jakarta juga dapat melayani pengesahan STNK dengan proses yang cepat dan gampang.

2. Bayar Pajak Motor Dengan Drive Thru Samsat

Samsat baru-baru ini sudah memperkenalkan tata cara pembayaran pajak motor dengan layanan yang cukup cepat, bernama layanan Drive Thru Samsat. Pertama kali layanan ini diperkenalkan oleh kantor Samsat Kebon Nanas.

Menariknya lagi, proses cara bayar pajak motor melalui layanan Drive Thru Samsat cukup membutuhkan waktu cuma 2 menit saja. Namun Kamu mesti mengikuti beberapa langkah prosesur pembayaran, semoga pembayaran pajak motor berhasil dilaksanakan tanpa perlu turun dari kendaraan atau tanpa memarkirkan kendaraanmu. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan pergi ke Drive Thru Samsat dan menuju loket pembayaran sembari  menyerahkan beberapa dokumen sesuai undangan.
  • Jika seluruh dokumen sudah diserahkan, Kamu tinggal masuk menuju loket yang kedua untuk pembayaran.
  • Setelah itu, petugas biasanya akan eksklusif mengembalikan semua berkas yang diberikan kepadamu kembali.
  • Jika Kamu telah menerima dokumen tersebut kembali, ini artinya pembayaran pajak kendaraan bermotor telah beres.

3. Bayar Pajak Motor di Kantor Samsat

Jika memang layanan pembayaran motor di Kecamatan dan Drive Thru Samsat masih belum tersedia di daerahmu, terpaksa Kamu harus pergi ke kantor Samsat. Namun untuk pembayaran pajak motor di Samsat ini mesti sabar, alasannya adalah Kamu mesti mengantri. Keuntungannya, dengan cara bayar pajak motor di Samsat Kamu juga akan mendapatkan isu penting terkait pajak. Di sini juga Kamu bisa melakukan proses perpanjangan STNK. Selain itu, jika motor yang Kamu miliki statusnya masih angsuran, Kamu wajib mengeluarkan uang pajak motor di Samsat.

Panduan Cara Bayar Pajak Motor Onine

Selain melaksanakan pembayaran pajak kendaraan offline, Kamu juga bisa mencoba bayar pajak motor online. Ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mengeluarkan uang pajak motor online, diantaranya :

Baca Juga:   Cara Buat E Billing

1. Buka Situs e-Samsat

Alamat website Samsat itu sendiri berbeda untuk tiap wilayah, dimana berikut beberapa alamat web e-Samsat yang ada di Indonesia untuk tiap-tiap provinsi :

2. Isi Data Kendaraan Bermotor

Apabila Kamu sudah membuka web resmi Samsat sesuai provinsi tempatmu berada, Kamu wajib melaksanakan pengisian data-data sesuai yang diminta. Berikut data-datanya :

  • Kantor Samsat, tempatmu melakukan pengurusan pajak motor.
  • Nomor Plat Motor.
  • Kota kendaraan, contohnya motormu berasal dari Surabaya, Jakarta Selatan atau Yogyakarta atau yang lain.

Jika sudah mengisi data-data di atas, Kamu tinggal mengisi instruksi captcha di kotak yang tersedia, dan klik ‘Cari’. Jika menginputkan data dengan tepat, secara otomatis Kamu akan ditampilkan informasi lengkap perihal jumlah pajak motor dan nama pemilik. Silahkan cek kembali data-data tersebut jangan sampaio ada yang salah, sehabis percaya tinggal konfirmasi.

3. Melakukan Pengisian Form Pengambilan Nota Pajak

Sebelum lanjut ke cara bayar pajak motor online, ada standar yang wajib dipenuhi, adalah dengan mengisi form pengambilan nota untuk pajak yang hendak dijadikan selaku bukti pembayaran sah. Kamu nantinya harus menyerahkannya ke kantor Samsat. Adapun data yang wajib diisi, sebagai berikut :

  • Kota tempatmu melakukan pengambilan nota pajak.
  • Bank yang digunakan untuk pembayaran.
  • Kantor Samsat yang dijadikan sebagai tempat pengambilan nota pajak.
  • Layanan perbankan yang dipakai untuk pembayaran, semisal ATM, Internet Banking, SMS Banking serta yang yang lain, tergantung layanan yang ingin Kamu pakai.

Sesudah melaksanakan pengisian form di atas, Kamu nantinya akan langsung mendapatkan arahan pembayaran. Silakan klik instruksi bayar, dan jikalau kode pembayaran telah timbul, ketuk print kalau ingin mencetaknya sekarang juga atau klik save kalau ingin mencetaknya di kemudian hari.

4. Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Berikutnya Kamu tinggal melakukan pembayaran saja. Di dalam langkah pembayaran ini, Kamu mampu menggunakan layanan mesin ATM, SMS Banking atau m-Banking. Caranya pun tak berbeda jauh, alasannya adalah Kamu cuma perlu mencari sajian bertuliskan ‘pembayaran’ dan ‘multipayment’ saja. Kemudian pilih ‘Samsat’, tentukan kantor Samsatnya sama seperti yang diisikan di dalam form nota pajak. Silahkan lanjutkan pembayaran, kemudian simpan bukti pembayaran dengan kondusif.

Baca Juga:   Promo Gopay Mobile Legends: Cashback Sampai Rp50.000

5. Mendatangi Kantor Samsat

Jika Kamu sudah menyelesaikan langkah-langkah pembayaran pajak motor di atas, Kamu tinggal pergi ke kantor Samsat untuk melunasi proses pembayaran pajak kendaraan. Setelah itu, langsung menuju loket pembayaran kemudian serahkan bukti atau resi pembayaran yang telah disimpan sebelumnya.

Cara bayar pajak motor online memang sangat gampang dilaksanakan, terlebih Kamu nggak perlu repot-repot pergi ke kantor Samsat dan harus mengantri. Pembayaran secara online ini, baru mampu dilaksanakan di kawasan-kawasan yang alamat e-Samsatnya sudah diberitahukan di atas. Dengan melakukan pembayaran pajak tepat waktu, tentu saja Kamu bisa leluasa pergi kemana pun sesuka hati tanpa takut ditilang apalagi kena denda akhir pembayaran pajak yang terlambat. Semoga membantu!

 

 


Bagikan:
close