counter create hit

Cara Bayar Pbb Online

Bagikan:

Kini bayar pajak PBB nggak perlu ribet, karena ada cara bayar PBB online yang bisa Kamu pilih. Namun bagi yang masih resah, untuk apa sih pajak PBB? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

PBB yakni akronim dari Pajak Bumi dan Bangunan yang wajib dibayarkan dan dilaporkan oleh setiap warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat. Berdasarkan peraturan Dirjen Pajak untuk pembayaran PBB, wajib dikerjakan 1 kali setiap tahunnya dan wajib dibayarkan selambat-lambatnya 6 bulan dari tanggal diterima SPPT kepada wajib pajak.

Adapun yang wajib membayar pajak PBB ini ialah bagi Kamu yang telah mempunyai aset-aset langsung. Seperti rumah, kendaraan, barang berharga lainnya mampu termasuk kedalam klasifikasi wajib mengeluarkan uang pajak PBB.

Jika sebelumnya banyak yang mengeluhkan proses pembayaran pajak yang cenderung ribet, harus dijalankan di kantor pelayanan pajak, kantor pos, atau yang lain. Kamu nggak perlu galau lagi nih, alasannya telah ada cara bayar PBB online yang lebih mudah sama halnya dengan cara bayar pajak kendaraan beroda empat online. Selain bayar, tentu saja Kamu juga bisa cek PBB online tanpa harus bolak-balik ke kantor pos apalagi harus ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Cara Bayar PBB Online

Cara Bayar PBB Online 200x112 - Cara Bayar Pbb Online
Panduan Cara Bayar PBB Online Mudah

Bagaimana Sih Cara Bayar PBB Online?

Apabila Kamu termasuk wajib pajak yang harus mengeluarkan uang pajak PBB atas aset-aset berguna yang Kamu miliki, maka Kamu sudah diwajibkan mengeluarkan uang pajak PBB. Jangan khawatir, cara bayar PBB di bawah ini cukup mudah dilaksanakan. Cek gosip langkah-langkahnya berikut :

1. Bayar PBB Lewat Web Resmi

Website resmi pembayaran pajak bisa kamu susukan lewat djponline pajak.go.id. Mah, di situs web ini. Selain melayani pembayaran pajak tahunan, Kamu juga mampu cek PBB online yang wajib dibayarkan.

Baca Juga:   Cara Beli Barang Di Shopee

Selain situs tersebut, ada website pelayanan pajak online yang lain berdasarkan spesifikasi daerah. Contohnya saja seperti BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah), Pelayanana PBB dan BPHTB beberapa kota di Indonesia, dan juga PBB di setiap kabupaten/kota.

Jika kamu sudah membuka laman pajak tersebut, nantinya kamu akan diarahkan ke halaman khusus untuk cek nominal pajak PBB yang hendak Kamu bayarkan. Untuk pembayarannya eksklusif, tinggal masukkan saja Nomor Obyek Pajak (NOP) pada kolom yang sudah ditawarkan berikut dengan tahun pajaknya.

Sebelum isu berikutnya muncul, kamu akan dimintai verifikasi dengan memasukkan arahan verifikasi yang lazimnya akan masuk ke alamat email kamu. Setelah itu, baru memproses pembayaran pajaknya.

2. Bayar PBB Lewat Mesin ATM

Cara bayar PBB online juga bisa Kamu lakukan lewat mesin ATM. Jika rumahmu akrab dengan mesin ATM, tentu sungguh mudah melakukan tata cara ini.  Akan lebih mudah lagi kalau Kamu menggunakan gerai ATM yang berlogo ‘ATM Bersama’.

Pembayaran pajak PBB memakai mesin ATM tergolong kedalam pembayaran secara online, cuma saja kamu memerlukan medianya yakni mesin ATM. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Setelah datang ke mesin ATM tujuanmu. Masukkan terlebih dahulu kartu ATM semoga bisa masuk ke hidangan utama. Inputkan nomor PIN ATM dengan benar dan eksklusif ke sajian utama di layar mesin ATM.
  • Setelah terbuka, kamu tinggal cari sajian ‘Pajak’ dan seleksilah menu tersebut.
  • Silahkan kanal sajian pajak, disini Kamu mesti menginputkan Nomor Obyek Pajak berikut tahun pembayaran PBB.
  • Jika semua kolom sudah kau isi dengan benar, Kamu akan mendapatkan SMS di layar ponsel perihal besarnya tagihan, objek pajak dan nama wajib pajak.
  • Sebelum melanjutkan, harap periksa kembali dengan seksama tentang identitas diri dan jumlah pokok pajak yang wajib kamu bayarkan.
  • Jika semuanya sudah sesuai, ketuk tombol ‘Bayar’.
  • Struk akan keluar dari mesin ATM, simpanlah struk tersebut sebagai bukti pembayaran pajak PBB yang sudah dibayarkan.

3. Bayar PBB Lewat Mobile Banking

Cara bayar PBB online lewat Mobile Banking telah pasti lebih simpel dibandingkan dengan menggunakan ATM yang juga memungkinkanmu mesti keluar rumah, kecuali bila ATM-nya ada di depan rumah atau tak jauh lokasinya dari rumahmu. Kamu baru bisa menggunakan layanan ini, jikalau Kamu telah mengaktifkan layanan mobile banking bank milikmu.

Baca Juga:   Cara Bayar Listrik Di Shopee

Caranya cukup gampang, adalah :

  • Buka aplikasi mobile banking.
  • Pilih sajian pembayaran yang ada di halaman utama aplkasi tersebut.
  • Pilih sub sajian pajak/MPN agar mampu mulai melaksanakan proses pembayaran pajak.
  • Isilah kolom-kolom yang diperlukan seperti isi tahun paja, instruksi bayar, dan juga nomor obyek pajak.
  • Ikuti terus langkah-langkahnya sampai proses pembayaran pajak secara online menggunakan moble banking telah sukses.
  • Pada bab terakhir biasanya akan ada penampilan bukti pembayaran. Download bukti tersebut selaku bukti bahwa kamu telah melaksanakan pembayaran pajak PBB secara online menggunakan mobile banking.

4. Bayar PBB Lewat Aplikasi iPBB

Berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi iPBB. Jika Kamu ingin cek PBB online, maka Kamu bisa mengakses aplikasi ini, baru melaksanakan pembayaran. Adapun langkahnya mampu kamu ikuti dibawah ini :

  • Instal apalagi dahulu iPBB lewat hpmu di play store atau app store.
  • Setelah di instal, kamu tinggal masukkan nomor NOP dan tahun pajak pada kolom isian yang timbul di layar hp kamu.
  • Pastikan isian harus benar, jikalau sudah yakin kamu tinggal klik tombol ‘Kirim’.
  • Tunggu beberapa ketika sampai informasi tentang data pembayaran pajak kau muncul di layar hp.
  • Diantara informasi yang timbul tersebut, adalah ada jumlah tagihan pajak yang wajib kamu bayarkan. Selanjutnya, kamu tinggal membayar pajak sesuai dengan nominal yang tertera tersebut.
  • Untuk pembayarannya kau juga mampu memakai aplikasi M-Pajak yang dikeluarkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak.

5. Bayar PBB Lewat e-commerce Tokopedia

Selamat bagi pengguna Tokopedia, alasannya Kamu kini bisa melaksanakan transaksi pembayaran PBB online melalui Tokopedia. Nggak perlu cemas, sebab langkah-langkahnya pun sungguh mudah, eksklusif cek ulasannya disini :

  • Buka aplikasi tokopedia di smartphone milikmu.
  • Cari sajian PBB online diantara jajaran hidangan yang tersedia di halaman depan aplikasi Tokopedia.
  • Sesudah masuk kedalam menu tersebut, kamu tinggal masukkan Nomor Obyek Pajak (NOP) milikmu pada kolom yang sudah ditawarkan.
  • Sesaat kemudian, rincian perihal pembayaran pajak kamu akan muncul di layar hp.
  • Untuk pembayaran pajaknya, kamu tinggal klik tombol ‘Bayar’.
  • Berikutnya tinggal memilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Metode-tata cara tersebut mampu lewat transfer atau memakai dompet digital yang tersedia.
  • Sistem kemudian akan memprosesnya sehingga pembayaran pajak PBB telah berhasil dikerjakan.
  • Kamu akan mendapatkan bukti pembayaran dan simpanlah bukti pembayaran pajak tersebut.
Baca Juga:   2 Cara Mudah Menciptakan Garis Lurus Di Photoshop

6. Bayar Pajak PBB Lewat Traveloka

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa selain mampu memesan hotel dan paket wisata di Traveloka, Kamu juga bisa membayar pajak PBB online. Cara bayar PBB online terakhir ini mampu dijadikan alternatif , bila kelima cara di atas tidak memungkinkan karena argumentasi tertentu. Simak penjelasannya berikut :

  • Buka aplikasi Traveloka model 3.10 ke atas lalu pilih hidangan Bills.
  • Klik icon yang bertuliskan ‘PBB’ dan tentukan daerah pembayaran sesuai dengan lokasi kau.
  • Isilah NOP dan pilih tahun nya.
  • Lakukan transaksi pembayaran pajak hingga akhir dan bukti pembayaran akan dikirimkan secara otomatis oleh tata cara melalui alamat email yang terdaftar.

Itulah 6 cara bayar PBB online yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa praktekkan sekarang juga tanpa perlu datang ke KPP atau kantor pos untuk pembayaran pajak!

 


Bagikan:
close