counter create hit

Cara Bekerja Di Kapal Pesiar

Bagikan:

Jika Kamu tertarik untuk melakukan pekerjaan di kapal pesiar, kamu harus tahu dahulu trik dan cara melakukan pekerjaan di kapal pesiar biar kamu betul-betul mampu diterima di salah satu perusahaan kapal pesiar incaranmu.

Kenapa sih banyak orang kesengsem melakukan pekerjaan di kapal pesiar? Seperti kebanyakan orang, poin utama yang harus diperhatikan saat mencari pekerjaan adalah yang menunjukkan gaji besar. Begitupun dengan melakukan pekerjaan di kapal pesiar, penghasilan yang didapatkan cukup fantastis jikalau dibandingkan melakukan pekerjaan hanya sebagai karyawan atau buruh perusahaan.

Menariknya lagi dengan bekerja di kapal pesiar, secara tidak langsung memungkinkanmu untuk berkeliling ke lintas negara yang pastinya tak semua orang berpotensi untuk melakukannya. Meskipun demikin, ada beberapa syarat dan ketentuan yang mesti dipenuhi semoga Kamu bisa bekerja di kapal pesiar. Selain itu, Kamu juga harus ulet mencari lowongan kerja di kapal pesiar.

Uniknya, bagi lulusan MA/Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan atau lulusan lainnya yang setara dan berniat ingin bekerja lebih dulu sebelum melanjutkan kuliah, maka pilihan ideal untuk memilih bekerja di kapal pesiar.

Tips Sebelum Melamar Sebagai Kru Kapal Pesiar

Ada beberapa isu yang perlu kau ketahui sebelum melamar untuk menjadi bagian dari kru kapal pesiar, diantaranya :

1. Bergabung di Lembaga Khusus

Bekerja di kapal pesiar memerlukan forum khusus yang menanggulangi kandidat-kandidat karyawan baru. Namun sebelum masuk ke salah satu forum tersebut, cek apalagi dahulu perihal perizinan forum tersebut dan keabsahannya. Tujuannya supaya Kamu dapat terhindar dari bahaya penipuan.

Pemerintah pun menawarkan wadah khusus untuk melamar pekerjaan dan menyalurkannya ke lembaga terkait yang berafiliasi dengan pemerintah. Jika kamu berniat ingin bekerja di kapal pesiar, lebih baik datanglah ke Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) lokal untuk menanyakan seputar pekerjaan di kapal pesiar. Kamu juga bisa mengunjungi site pencari kerja untuk mencari lowongan kerja di kapal pesiar.

Baca Juga:   3 Cara Cepat Menciptakan Backlink Terindeks Google

2. Pelatihan dan Pendidikan di Lembaga Terkait

Jika kau sudah disalurkan ke forum terkait, kamu belum bisa langsung melakukan pekerjaan di kapal pesiar begitu saja. Pertama-tama yang perlu dilaksanakan yaitu melaksanakan pelatihan dan pendidikan apalagi dulu semoga kau mahir dan menguasai pekerjaan yang berhubungan dengan kapal pesiar.

Tidak tanggung-tanggung mengenai sistem pendidikan dan pelatihannya, alasannya adalah kau akan di ajar menurut patokan internasional. Bukan tanpa argumentasi, mengenang kapal pesiar bukan hanya berkeliling di sekitaran kepulauan Indonesia saja, melainkan kamu akan di bawa menuju lintas negara yang pastinya pelayanannya mesti sama berukuran internasional. Jadi tak ada bedanya dengan cara kerja di luar negeri.

3. Bekerja di Kapal Pesiar

Setelah semuanya sia, seperti telah menyelesaikan Pendidikan dan pelatihan juga mengurus administrasinya, maka kau berhak bekerja di kapal pesiar sesuai dengan lowongan yang ada. Kamu nantinya akan dipekerjakan secara perjanjian lebih dahulu atau eksklusif menjadi karyawan tetap.

Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Cara Bekerja di Kapal Pesiar 200x112 - Cara Bekerja Di Kapal Pesiar
Panduan Cara Bekerja di Kapal Pesiar

Panduan Alur Bekerja di Kapal Pesiar

Selain infromasi lazim di atas, ada beberapa alur cara melakukan pekerjaan di kapal pesiar yang wajib kamu pahami agar peluang melakukan pekerjaan di kapal pesiar lebih besar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini :

1. Syarat Kelulusan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, supaya bisa melakukan pekerjaan di kapal pesiar tidak mesti mengikuti pendidikan khusus biar mampu diterima. Karena lulusan SMA atau sederajat pun telah mampu melamar disana, asalkan sebelumnya Kamu mengikuti pendidikan dan pembinaan terlebih dulu. Pendidikan dan training tersebut dilaksanakan di forum khusus perhotelan dan kapal pesiar dengan legalitas yang sudah resmi. Lembaga tersebut juga mesti memiliki reputasi yang bagus sehingga untuk lulusannya akan langsung disalurkan ke kawasan kerja di kapal pesiar.

Akan namun, lain kisah jika kamu ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya sesudah SMA adalah masuk apalagi dulu ke jurusan perhotelan. Maka kesempatan untuk bekerja di kapal pesiar jauh lebih besar dibandingkan lulusan lainnya.

Baca Juga:   Cara Kerja Olymp Trade

Dasarnya kenapa lulusan perhotelan lebih singkat diterima di kapal pesiar, sebab semua mata kuliah dan praktek-prakteknya satu linear dengan pekerjaan yang hendak dilakukan di kapal pesiar.

Dalam bahasa inggris istilah kapal pesiar disebut juga dengan Floating Hotel, artinya kau akan bekerja di hotel yang berada di dalam kapal pesiar dengan tata cara kerja layaknya di hotel biasa.

2. Surat Pengalaman Kerja

Tenang saja, bagi fresh graduate dari lembaga perhotelan atau sekolah tingkat lanjut khusus perhotelan, kamu akan melaksanakan pembinaan selama 6 bulan di hotel-hotel berbintang atau di kapal pesiar yang ditunjuk oleh lembaga.

Pengalaman tersebut bisa dijadikan selaku dasar untuk membuat surat pengalaman kerja, dimana surat ini penting sekali untuk dijadikan dasar pertimbangan biar diterima di kapal pesiar.

Bagi kamu yang pernah melakukan pekerjaan di hotel berbintang dengan lama melakukan pekerjaan minimal 1 tahun contohnya, maka Kamu bisa menambahkannya pada surat pengalaman kerja. Tujuannya biar potensi masuk untuk bekerja di kapal pesiar jauh lebih besar.

3. Batas Minimal Usia

Alur cara bekerja di kapal pesiar berikutnya ialah dengan mengamati batas minimal usia. Bagi kamu yang telah lulus sekolah perhotelan atau dari lembaga khusus, lebih dianjurkan jangan tergesa-gesa mengikuti seleksi di biro-agen resmi tertentu untuk menyalurkan tenaga kerja ke kapal pesiar. Karena batas minimal untuk melakukan pekerjaan di sana ialah minimal 21 tahun.

Oleh alasannya adalah itu, perbanyaklah pengalaman apalagi dulu sebelum ikut seleksi di distributor agar potensi masuk di kapal pesiar menjadi lebih besar.

Selain itu biasanya, batas usia minimal juga berkaitan dengan pengerjaan visa kerja. Sebab untuk kapal pesiar yang berada di Eropa dan Amerika, memberlakukan batas usia minimal biar mampu mendapatkan visa kerja secara legal.

4. Lancar Berbahasa Inggris

Sebelum mengisi lowongan kerja di kapal pesiar, Kamu harus mengasah kemampuan berbahasamu apalagi dulu. Lancar bukan memiliki arti fasih berbahasa inggris, minimal kamu bisa berkomunikasi dua arah dengan tanpa hambatan ketika memakai bahasa inggris. Pelajarilah percakapan sehari-hari utamanya yang menyangkut dengan pekerjaanmu di kapal pesiar.

Baca Juga:   Cara Memperbarui Whatsapp Yang Kadaluarsa

Salah satu aspek diterimanya bekerja di kapal pesiar yaitu lancar berbahasa inggris. Bila perlu, ikutilah forum-forum khusus yang siap membantu melancarakan kesanggupan berbahasa inggrismu.

5. Ikuti Seleksi Menjadi Tenaga Kerja di Kapal Pesiar

Untuk mengisi lowongan kerja di kapal pesiar, Kamu harus sudah mempersiapkan bekar dan dokumen yang diharapkan. Mulai dari sertifikat kelulusan dari sekolah perhotelan atau forum khusus perhotelan, dengan usia lebih dari 21 tahun. Selain itu juga, memiliki pengalaman kerja dengan mengikuti training 6 bulan. Pastikan pula Kamu mempunyai pengalaman bekerja di hotel berbintang dengan minimal kerja 1 tahun, dan yang terpenting mesti lancar berbahas inggris. Jika telah disediakan seluruhnya, maka Kamu tinggal mengikuti seleksi di agen-distributor khusus penyalur tenaga kerja.

Yang perlu kamu tentukan yakni agen yang kamu tuju mempunyai izin resmi dan mempunyai reputasi yang baik. Caranya dengan menyaksikan kredibilitas dan dogma public terhadap Lembaga tersebut. Tujuannya yaitu agar kamu tidak tertipu dengan iming-iming yang ujung-ujungnya malah merugikan kamu.

Saran yang paling tepat yakni meminta tunjangan ke bab Depnaker supaya mampu disalurkan terhadap distributor resmi khusus penyalur tenaga kerja bagi kapal pesiar.

6. Kelengkapan Dokumen

Cara melakukan pekerjaan di kapal pesiar yang lain yakni, melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Jangan lupa kelengkapan dokumen lainnya yang kau butuhkan agar bisa segera melakukan pekerjaan di kapal pesir adalah Visa/Paspor, sertifikat-sertifikat, buku pelaut, hasil medical chesk-up, KTKLN (Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri).

Adapun khusus untuk KTLN, tidak semua distributor mengharuskan kriteria tersebut. Akan tetapi, sekedar untuk berjaga-jaga lebih baik kamu membuatnya sebagai persiapan bila diharapkan di saat-waktu.

Demikian 6 tahapan alur cara melakukan pekerjaan di kapal pesiar yang wajib Kamu amati dan penuhi agar Kamu mampu diterima kerja di perusahaan kapal pesiar yang Kamu inginkan. Semoga berfaedah dan selamat mencoba!

 

 

 


Bagikan:
close