counter create hit

Cara Bisa Bahasa Inggris

Bagikan:

Setelah mempelajari cara permulaan belajar Bahasa Inggris, mari kita teruskan ke tahapan cara bisa bahasa Inggris di Part 2 ini. Untuk sistem ini, kita lebih menekankan pada pembahasan menghafalkan kosakata atau vocabulary. Nah, sudah berapa jumlah kosakata bahasa Inggriskah yang Kamu hafalkan?

Metode ini bekerjsama tergolong bab pembelajaran bahasa Inggris paling dasar. Sebab yang namanya vocabulary akan sering dipakai dalam bahasa Inggris, entah itu dalam bentuk percakapan maupun teks. Ini juga mampu membantumu untuk lebih gampang menyusun kata-kata yang sempurna dalam speaking.

Kenapa Sih Harus Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris?

Kamu mesti tahu bahwa kian banyak kosakata bahasa Inggris yang Kamu pelajari dan pahami, pastinya bisa memudahkanmu menguasai perbendaharaan kata. Ini ia beberapa alasan kenapa Kamu mesti mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan baik :

1. Meningkatnya Kemampuan Speaking

Untuk menumbuhkan kesanggupan speaking, mulanya Kamu mesti berani terlebih dahulu. Jangan takut salah dan Kamu tak perlu menimbang-nimbang penambahan kosakata. Baru sesudah aktif dalam speaking, Kamu bisa mulai menyertakan lebih banyak lagi vocabulary atau kosakata. Dengan banyaknya jumlah kosakata yang Kamu ketahui, tentu kian membuat lebih mudah proses speaking berbahasa Inggris.

2. Meningkatkan Kecerdasan Intelektual (IQ)

Dengan meningkatnya pembendaharaan kata yang Kamu miliki saat menguasai vocabulary, pastinya bisa mengembangkan kecerdasan intelektualmu. Nah, berkat penguasaan pembendaharaan inilah Kamu juga bisa menyusun kalimat dengan benar dalam bahasa Inggris.

3. Mendapatkan Score TOEFL yang Tinggi

Siapa sih yang nggak mau mampu score TOEFL yang tinggi? Tentu mau dong, karena dengan meraih score tinggi untuk ujian TOEFL, akan ada banyak perusahaan yang mencarimu. Nah, Kamu mampu merealisasikan nilai TOEFL tepat dengan menguasai kosakata bahasa Inggris. Bahkan selain lulus tes TOEFL, Kamu juga bisa lulus tes IELTS atau TOEIC.

Baca Juga:   Cara Bisa Live Di Tiktok

Pada kenyataannya, Indonesia sendiri ketika ini termasuk ke dalam golongan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dengan kata lain, jikalau Kamu hebat berbahasa Inggris dengan nilai TOEFL yang sempurna, telah pasti Kamu akan menerima nilai plus ketika melamar pekerjaan.

Cara Bisa Bahasa Inggris

Cara Bisa Bahasa Inggris - Cara Bisa Bahasa Inggris
Panduan Cara Bisa Bahasa Inggris (Part 2)

Bagaimana Cara Menguasai Bahasa Inggris Lewat Vocabulary?

Oke, kalau Kamu sudah paham dengan keunggulan mempelajari dan menguasai vocab, kini Kamu mampu mulai mempelajari vocab dengan baik. Simak cara mampu bahasa Inggris melalui vocabulary berikut :

1. Hafalkan dan Pahami Vocab yang Sering Dipakai

Vocabulary dalam bahasa Inggris memiliki level bermacam-macam. Dalam Cambride Advanced Learner’s Dictionary, yakni aplikasi kamus berbahasa Inggris, di sana Kamu mampu memperoleh beberapa tingkatan vocab. Cek gosip keterangannya di bawah ini :

  • A1, untuk tingkatan pemula atau beginner.
  • A2. untuk level dasar atau elementary.
  • B1, untuk tingkatan menengah atau intermediate.
  • B2, untuk level upper intermediate atau tingkat menengah ke atas.
  • C1, tingkat lanjutan atau advanced.
  • C2, tingkat kecakapan atau proficient.

Disini Kamu bisa memahami dan mengenal level vocab dari A hingga B saja apalagi dulu!

2. Coba Menghafal Irregular Verb

Mempelajari irregular verbs bantu-membantu sungguh penting. Arti dari irregular verb itu sendiri ialah kata kerja tak beraturan. Maksudnya yaitu pergeseran dari verb 1 menuju verb 2 dan juga verb 3 cukup rumit, tidak hanya sekedar penambahan ‘d’ atau ‘ed’ saja. Beberapa diantaranya pada kata-kata berikut : buy-bought-bought, see-saw-seen, arise-arose-arisen. 

Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang lebih sering memakai regular verb dan jarang memakai bentuk verb 2 dan verb 3. Bentuk regular verb sendiri lebih praktis, hanya melalui penambahan d/ed saja. Silahkan cek dan pelajari lebih rincian tentang irregular dan regular verb!

3. Sering-Sering Membaca Kalimat Bahasa Inggris

Cara mampu bahasa Inggris selanjutnya biar Kamu menguasai vocabulary ialah dengan sering-sering membaca. Kamu bisa membaca komik, caption Instagram, artikel, cerpen dan apapun yang berbahasa Inggris. Silahkan dapatkan bacaan menarik,dengan catatan harus membacanya hingga tuntas. Hingga Kamu menemukan berbagai macam vocab atau kosakata dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:   Review Nokia 2 Modern, Harga 1 Jutaan Spesifikasi Mempesona?

4. Jangan Cuma Baca, Tapi Cari Tahu Artinya

Selain membaca, Kamu juga mesti cari tahu artinya dengan memakai kamus, baik berupa buku ataupun elektro. Sebab dengan mengetiknya pada kolom penelusuran dan membuka-buka halaman di dalam kamus misalnya, pastinya membuatmu lebih mengenang kosakata bahasa Inggris yang Kamu cari beserta artinya.

Dengan membuka kamus, juga memungkinkanmu bisa menghabiskan lebih usang waktu memiliki masalah dengan kosakata bahasa Inggris yang ingin Kamu pahami artinya. Nikmati proses bacaanmu dan coba telusuri artinya satu-persatu.

5. Memakai Metode Mnemonic

Ini yaitu cara bisa bahasa Inggris yang umumnya dipraktekkan biar lebih gampang mengenang kosakata. Caranya dengan membuat akronim atau asosiasi kata-kata. Melalui teknik  yang gampang dan sederhana, Kamu dapat mengadopsi sistem ini biar lebih gampang mengenang rancangan berguru yang rumit.

Adapun caranya yaitu dengan saling menghubungkan beberapa kata yang berhubungan antara satu sama lain, sehingga membuatmu jauh lebih mudah memahaminya. Tentu saja, harus diikuti dengan banyak-banyak latihan!

Melalui akronim atau asosiasi ini, Kamu lebih gampang mengenang kosakata yang timbul nantinya. Misalnya saja Kamu mampu mengenang kosakata warna dasar, metodenya melalui pembuatan abreviasi RGB sebagai kepanjangan dari Reed, Green, serta Blue.

Selanjutnya Kamu tinggal buat kependekan yang lainnya lagi. Untuk mengenang vocabulary bahasa Inggris dengan gampang, Kamu mesti ingat bahwa dirimu mampu menciptakan metode mnemonics sendiri sesuai versimu.

6. Membuat Visual atau Gambar

Jika Kamu lebih bahagia belajar dengan tata cara visual atau gambar, tak ada salahnya menjajal metode ini. Mulai catat aneka macam jenis kosakata baru berikut artinya di buku catatan. Kemudian, Kamu tinggal buat gambar yang bisa menyimbolkan arti kosakata tersebut yang dipelajari. Jika Kamu gemar mengekspresikan diri, silahkan buat storyboard secara visual sebagai solusinya.

Berdasarkan catatan yang telah dibuat, tentu saja membuatmu semakin gampang untuk mempelajarinya. Dengan demikian, seluruhnya dapat tertanam lewat memori otak. Di sini Kamu mampu menciptakan kisah atau kisah berbentuk narasi dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:   Cara Print Dari Google Chrome Di Android

7. Coba Manfaatkan Fitur Story di IG, WhatsApp dan lainnya

Gemar buat story di IG atau WhatsApp? Jika ya, kini saatnya mulai menggunakan fitur story untuk memposting beberapa kosakata bahasa Inggris yang sudah ditulis di catatan.

Kamu bisa menuliskannya optimal sebanyak 3 kosakata di story media umum milikmu. Silahkan variasikan, mirip membuat gambar atau pola kaimat, selagi Kamu bisa memahaminya. Apabila Kamu menciptakan postinganmu dengan jelas, pastinya hal ini pun dapat menolong temanmu untuk mencar ilmu bahasa Inggris.

8. Terus Praktekkan Dalam Speaking

Bukan cuma dihafalkan, dicatat dan dicari artinya saja, alasannya adalah tanpa Kamu mempraktekkannya akan sukar untuk mengingatnya. Cara mampu bahasa Inggris ini sungguh penting, alasannya kesanggupan vocab wajib terus diasah dengan selalu mempraktekkannya dalam speaking. Supaya lebih seru, ajaklah sahabat-temanmu menciptakan game!

Contohnya saja, tuliskan beberapa kosakata gres ke dalam kertas kecil. Kemudian gulung, kemudian undi bareng dengan sobat-temanmu. Nah, setiap orang wajib speaking memakai vocab dari undian tersebut, mulai dari 2-3 vocab. Kemudian Kalian saling mengajukan pertanyaan serta memberi feedback secara bergantian.

Mempelajari vocabulary memang penting sekali dalam cara mampu bahasa Inggris. Ini mampu memperkaya kosakatamu dan membuatmu lebih lancar dalam speaking.

 


Bagikan:
close