counter create hit

Cara Blokir Kartu Atm Mampu Berdiri Diatas Kaki Sendiri

Bagikan:

Siapa sih yang tidak cemas saat mengetahui kartu ATM Mandirinya hilang atau tertelan mesin ATM? Ya, semua orang pasti mencicipi hal yang serupa. Bagaimana tidak, semua uang tentu saja Kamu simpan di rekening tabunganmu, dengan tujuan supaya lebih kondusif dan tidak boros. Namun pada kenyataannya, tetap saja mesin ATM  mampu terjatuh, hilang atau tertelan. Jika hal ini terjadi, Kamu wajib tahu cara blokir kartu ATM Mandiri!

Meskipun ketakutan, jangan menciptakan pikiranmu semrawut dan tidak mampu berbuat apa-apa. Justru dikala ATM hilang, tertelan atau terjatuh, langkah awal yang bisa Kamu kerjakan adalah memblokir kartu ATM Mandiri tersebut. Tujuannya, semoga kartu ATM tidak disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab dikala menemukan ATM Mandiri milikmu. So, keep calm guys!

Bank Mandiri sebagai salah satu perusahaan perbankan paling besar dan terkemuka di Indonesia, tentunya telah mengantisipasi hal ini. Terbukti dengan banyaknya opsi cara blokir kartu ATM Mandiri yang mampu Kamu coba. Mulai dari kantor cabang bank Mandiri, lewat layanan Call Center, SMS sampai memblokirnya lewat layanan Mandiri online. Namun untuk yang terakhir, Kamu mesti telah mengaktifkan layanan Livin’ by Mandiri apalagi dulu.

Panduan Mengurus Surat Kehilangan Kartu ATM di Kantor Polisi

Sebelum lanjut ke cara blokir kartu ATM Mandiri, Kamu umumnya akan dimintai surat informasi kehilangan ATM Mandiri di kantor polisi. Kaprikornus pastikan, sebelum menelepon layanan bank untuk memblokir kartu ATM Kamu mesti sudah membuat surat kehilangan kartu ATM apalagi dulu. Supaya dikala dimintai pihak bank, Kamu telah mempersiapkannya.

Baca Juga:   Telegram Lemot? Ini Dia Cara Mudah untuk Mengatasinya

1. Persyaratan yang Harus Dibawa

Ada beberapa patokan yang mesti dibawa ke kantor polisi dikala Kamu ingin memproses surat kehilangan kartu ATM Mandiri, berikut ini :

  • Kartu Identitas bisaberupa SIM/Paspor/KTP.
  • Membawa buku rekening tabungan bank Mandiri (wajib).
  • Membawa surat pengantar yang dibentuk dari desa/kelurahan (opsional).

2. Pengurusan Surat Kehilangan Kartu ATM di Kantor Polisi

  • Silahkan pergi ke kantor polisi lokal.
  • Selanjutnya ambil nomor antrian.
  • Kamu tinggal menunggu sampai nomormu diundang oleh petugas.
  • Jika sudah, Kamu bisa menginformasikan terhadap petugas terkait kronologi peristiwa kartu ATM Mandirimu hilang atau tertelan.
  • Silahkan jawwab dengan jujur dan lengkap apa yang ditanyakan oleh petugas.
  • Kamu mampu menunjukkan berkas-berkas yang dibutuhkan polisi kalau mereka memintanya.
  • Saat semuanya sudah dilakukan, maka petugas kepolisian siap membantumu memproses surat kehilangan.

Cara Blokir Kartu ATM Mandiri

Cara Blokir Kartu ATM Mandiri 200x112 - Cara Blokir Kartu Atm Mampu Berdiri Diatas Kaki Sendiri
Tutorial Cara Blokir Kartu ATM Mandiri

Cara Memblokir Kartu ATM Mandiri yang Hilang

Untuk memblokir kartu ATM Mandiri tentu saja Kamu wajib menelepon pihak bank Mandiri. Berikut ini ada beberapa cara blokir kartu ATM Mandiri yang hilang yang mampu Kamu coba, diantaranya :

1. Blokir ATM Mandiri via SMS

Jika Kamu memiliki pulsa reguler dan masih ketakutan sebab kehilangan kartu ATM Mandirimu, Kamu bisa langsung buka sajian perpesanan di hp. Menariknya, bank Mandiri telah menyediakan layanan SMS untuk melayani pemblokiran kartu ATM. Kamu bisa langsung menghubungi nomor 3355 via SMS. Sayangnya cara ini kurang dianjurkan, alasannya adalah prosesnya cukup usang.

2. Blokir ATM Mandiri Melalui Telepon di  14000

Cara blokir kartu ATM Mandiri yang kedua ini paling diusulkan, selain prosesnya yang mudah dan cepat, Kamu bisa eksklusif mengatakan dengan petugas Mandiri Call. Hubungi nomor 14000, berikutnya petugas akan memverifikasi data, baru kemudian kartu ATM akan diproses pemblokirannya.

Untuk verifikasi data, biasanya Kamu akan dimintai nama lengkap, nama ibnu kandung dan nomor rekening. Jika semua data sudah sesuai dengan database bank Mandiri, kartu ATM Mandirimu akan eksklusif diblokir. Selanjutnya Kamu tidak dapat memakai kartu ATM kembali. Selain di nomor 14000, Kamu juga bisa menelpon layanan Call Center Mandiri di 021-52997777 jika sedang berada di mancanegara.

Baca Juga:   3 Cara Mengganti dan Reset Password Yahoo Mail Yang Lupa

3. Blokir Kartu ATM Mandiri Lewat Kantor Cabang

Cara ini bahwasanya cukup ribet, selain mesti mengunjungi kantor cabang Mandiri, Kamu juga harus mempersiapkan aneka macam macam data. Tapi tentu saja proses pemblokiran akan berjalan dengan segera dan aman.

Silahkan pergi ke kantor cabang bank Mandiri di daerahmu. Namun tentukan menjinjing serta KTP, buku tabungan dan surat kehilangan yang dibentuk di kantor polisi.

Kamu mesti mengelola pemblokiran dengan mendatangi meja Customer Service (CS) yang sebelumnya akan dipandu oleh pihak Security bank Mandiri. Sebelumnya ambil dahulu nomor antrian ke meja CS. Jika nomor antrianmu telah diundang, beritahukan kedatanganmu terhadap CS bank Mandiri bahwa Kamu ingin memblokir kartu ATM karena hilang atau tertelan mesin ATM.

Silahkan ikuti petunjuk yang disampaikan CS, pihak CS selanjutnya akan membantumu memblokir kartu ATM yang telah hilang.

4. Blokir Kartu ATM Mandiri Melalui Twitter

Mandiri memang telah memperluas layanannya memakai media sosial, Kamu pun dapat menelepon akun Twitter resmi milik bank Mandiri agar pemblokiran ATM Mandiri eksklusif diproses. Adapun pengajuannya mampu dikerjakan lewat direct message di akun Twitter bank Mandiri. Berikut panduan cara blokir kartu ATM Mandiri, diantaranaya :

  • Unduh aplikasi Twitter lewat App Store maupun Google Play Store.
  • Silahkan mendatangi akun Twitter @bankmandiri.
  • Pilih opsi Direct Message yang berikon kotak surat.
  • Cek bagian ujung kanan bawah, disana ada kotak dengan tulisan ‘Start a New Message’.
  • Kamu tinggal mengisi pesan keluhanmu terkait permintaan untuk memblokir kartu ATM Mandiri.
  • Silahkan tunggu selama beberapa saat sampai DM Twitter-mu dibalas pihak CS bank Mandiri.

Sejauh ini, cara blokir ATM Mandiri via Twitter memerlukan waktu yang cukup lamaa dibandingkan langsung pergi ke kantor cabang atau melaksanakan panggilan ke layanan Call Center Mandiri.

Panduan Blokir ATM Mandiri via Online

Untuk cara blokir kartu ATM Mandiri secara online sendiri dibagi ke dalam 2 cara melalui Livin By Mandiri dan Livin By New Mandiri. Simak ulasannya berikut :

Baca Juga:   Cara Membuat dan Menambah Co Host di Zoom (Untuk Pemula)

5. Blokir Kartu ATM Mandiri Secara Permanen via Livin By New Mandiri

Metode yang pertama ini memungkinkan proses pemblokiran ATM Mandiri secara permanen, adapun langkah-langkahnya berikut :

  • Silahkan buka New Livin by Mandiri, lalu login. Jika belum punya aplikasinya, Kamu mampu menginstalnya di Google Play Store atau App Store.
  • Jika sudah maasuk ke akun New Livin by Mandiri, pilih pilihan Pengaturan di samping kanan bawah.
  • Kamau tinggal menentukan layanan ‘Kartu Debit dan Kartu Kredit’.
  • Silahkan tekan pada kartu debit/ATM yang timbul.
  • Setelahnya, tekan opsi ‘Blokir Permanen’.
  • Lakukan konfirmasi proses pemblokiran kartu, lalu tekan ‘Ya, Blokir’.
  • Kamu tinggal menentukan alasan kenapa kartu ATM diblokir, contohnya alasannya adalah rusak, hilang, indikasi penyalahgunaan dan lainnya. Tekan ‘Blokir Kartu’.
  • Inputkan PIN aplikasi New Livin by Mandiri yang sudah dibentuk.
  • Kemudian akan ditampilkan keteranagan bahwa kartu sudah diblokir secara permanen.

Secara otomatis kartu ATM sudah tidak aktif kembali, Kamu mampu meminta CS di kantor cabang bank Mandiri untuk meminta penggantian ATM kembali. Setelah itu, lakkukan cara aktivasi kartu ATM Mandiri kembali.

6. Blokir Kartu Mandiri via Livin By Mandiri

Cara blokir kartu ATM Manadiri lewat Livin’ By Mandiri mampu dijalankan dengan langkah-langkah di bawah :

  • Silahkan buka dan masuk ke aplikasi Livin’ by Mandiri.
  • Jika telah, pilih sajian di samping kiri atas dan pilih layanan ‘Kartu Kredit & Debit’.
  • Selanjutnya, tekan ‘Blokir kartu Debit’.
  • Pilih ikon titik tiga di samping kanan atas pada kartu ATM, lalu tekan ‘Blokir Kartu’.
  • Selanjutnya pilih ‘Ya’ dan inputkan MPIN Livin by Mandiri.
  • Setelah berhasil, kartu ATM-mu tak mampu dipakai kembali terkecuali bila Kamu mengaktifkannya lagi.

Berdasarkan klarifikasi cara blokir kartu ATM Mandiri online di atas, perbedaan antara Livin By Mandiri dengan New Livin By Mandiri yaitu status pemblokiran. Jika Kamu bermaksud untuk menonaktifkan kartu ATM secara permanen maka kerjakan dengan memakai aplikasi New Livin By Mandiri.

 


Bagikan:
close