counter create hit

Cara Bongkar Mesin Cuci

Bagikan:

Mesin cuci termasuk salah satu perangkat elektronika yang peranannya sangat penting, khususnya bagi Kamu yang sibuk dengan pekerjaan di luar rumah. Seorang ibu rumah tangga yang bekerja pasti akan kerepotan bila harus mencuci busana secara manual. Oleh sebab itu, solusi mudah untuk membantu salah satu pekerjaan rumah ini, diharapkan mesin cuci. Tak hanya penting mengenali cara mengoperasikan mesin cuci, namun Kamu juga mesti tahu cara bongkar mesin cuci dengan baik.

Cara Bongkar Mesin Cuci

Cara Bongkar Mesin Cuci - Cara Bongkar Mesin Cuci
Panduan Lengkap Bongkar Mesin Cuci Top Loading

Panduan Membongkar Mesin Cuci Top Loading

Untuk perbaikan atau perawatan, Kamu setidaknya mesti mengetahui cara bongkar mesin cuci dengan benar. Dalam proses ini, kita akan mencoba membongkar mesin basuh top loading. Bagi Kamu yang mempunyai jenis mesin basuh ini di rumah, Kamu bisa mencoba tahapan-tahapannya berikut :

1. Buka Skrup Bagian Atas Pada Mesin Cuci

Pertama-tama, silahkan buka 4 skrup pada mesin basuh top loading. Untuk selanjutnya, silahkan angkat bab cover atas mesn basuh.

2. Lepaskan Skrup di Tengah Pulsator

Jika top cover pada mesin cuci telah terbuka, maka akan bagian dalam pada tabung mesin basuh pun akan terbuka. Silakan lepaskan skrup di tengah pulsator. Kemudian tarik pulsator sampai ke atas, maksudnya supaya pulsator terlepas.

3.Buka Baut Memakai Kunci Shock

Cara bongkar mesin basuh top loading beriutnya yakni sesudah pulsator terlepas, Kamu akan menyaksikan baut mengikat bab cluctch pada tabung mesin basuh. Silakan buka bautnya menggunakan kunci shock, lazimnya berskala 35 mm.

Baca Juga:   Cara Menghubungkan Instagram Ke Facebook

4. Tarik Tabung Pengunci dari Baknya

Jika baut clutch tadi sudah terlepas, silahkan tarik bab tabung pencuci dari baknya. Sementara itu, untuk melepas bab clutch ini Kamu cukup membalikkannya saja.

5. Buka Skrup Pengikat Clutch

Langkah cara bongkar mesin basuh terakhir, Kamu cukup membuka skrup pengikat clutch outer tubnya saja.

Selesai, dan Kamu tinggal melaksanakan perbaikan atau pengecekan jika tujuanmu membongkar mesin basuh untuk melakukan perbaikan. Terkadang pengecekan dengan cara bongkar mesin cuci dibutuhkan, ketika perputaran mesin cuci menjadi tidak maksimal. Apalagi pada mesin basuh usang yang biasanya telah mengerak. Oleh karena itu, butuh pembongkaran saat mengeceknya.

Bagaimana Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Loading?

Untuk mengurangi penumpukan kerak atau kotoran pada mesin cuci, yang berimbas pada kinerja mesin cuci, tentu saja Kamu harus berkala membersihkan mesin basuh. Supaya mesin basuh tetap baka, Kamu mesti merawat mesin basuh sebaik mungkin. Meskipun perkara membersihkan alat elektro ini bisa dikatakan cukup rumit, setidaknya Kamu harus melakukan cara-cara berikut :

1. Pakai Deterjen Ramah Untuk Mesin Cuci

Selain berpengaruh kepada hasil cucian, deterjen juga mampu menghipnotis kinerja mesin basuh. Tak jarang kerusakan yang terjadi pada mesin cuci, diakibatkan oleh penyeleksian deterjen yang sembarangan. Oleh sebab itu, Kamu mesti pilih-pilih memilih deterjen yang ‘tidak terlalu keras’ untuk mesin cucimu.

2. Cek Benda-Benda yang Ada di Dalam Mesin Cuci

Ketika kita mencuci menggunakan mesin cuci, tak jarang kita memperoleh benda-benda yang justru tertinggal pada mesin cuci. Contohnya klip kertas, koin, peniti, dan lain sebagainya. Jadi saat Kamu membersihkannya, cek terlebih dulu bab dalam pada mesin basuh. Ingat, jangan nyalakan alat ini sebelum Kamu mengeluarkan benda-benda tersebut!

3. Mulai dari Membersihkan Gasket

Jika Kamu tak ingin melakukan pembongkaran dengan cara bongkar mesin basuh di atas, bersihkan mesin cuci mulai dari bagian gasket terlebih dulu. Kamu bisa mendapatkan gasket ini di bagian lisan drum pada mesin cuci. Memiliki bentuk yang sama mirip cincin, biasanya berkhasiat untuk mempertahankan air semoga tidak merembes ketika mencuci.

Baca Juga:   Cara Top Up Tapcash Pakai GoPay di GoJek

Silahkan bersihkan aneka macam macma kotoran pada gasket, mirip rambut, jamur, dan bubuk yang melekat. Pastikan bersihkan bagian ini dengan menyeluruh setidaknya sekali dalam sebulan, semoga mesin basuh tetap kekal.

4. Semprot Mesin Cuci dan Lap Memakai Kain Bersih

Silahkan semprot terlebih dulu mesin cucimu, dan mulai membersihkannya. Hindari beberapa bab pada mesin basuh yang terdapat bagian listrik. Jangan menyemprot bab ini memakai air. Kamu juga mampu membersihkan kotoran mirip noda atau abu yang membandel, menggunakan kain lap berair. Tetap perhatikan tekanannya saat membersihkan unsur mesin cuci, dan jangan terlalu kencang.

5. Bersihkan Bagian Tabung Mesin Cuci

Biasanya mesin basuh keluaran terbaru telah dibekali fitur pembersihan tabung otomatis. Melalui pencucian tabung tersebut, mengakibatkan mesin cucimu tak akan berbau serta dapat dipakai dalam waktu usang. Tapi jikalau fitur pencucian tidak ditemukan pada mesin cucimu, kerjakan pembersihan secara manual. Kamu cuma membutuhkan air panas, cuka dan baking soda. Campurkan semua materi tersebut, kemudian putar mesin cucimu. Biasanya penggunaan bahan-materi ini dapat menetralisir aroma tidak sedap yang melekat pada mesin ini.

6. Jangan Lupa Cek Bagian Filternya

Komponen yang tak kalah penting yang harus dibersihkan pada mesin cuci ialah bab filter mesin basuh itu sendiri. Sebab mampu saja filter mesin basuh mempunyai banyak kotoran. Jadi seharusnya lakukan pengecekan filter secara berkala , dan Kamu bisa menelepon servis mesin basuh jikalau ingin mengevaluasi kendala melambatnya air yang masuk ke dalam mesin basuh. Segera lakukan tindakan supaya mesin cuci tidak mudah rusak.

7. Membersihkan Bagian Luar Pada Mesin Cuci

Jika telah membersihkan tabung mesin basuh, Kamu tinggal melanjutkan pembersihan pada bagian luarnya. Bersihkan bab luar mesin cuci memakai kain. Tapi untuk membuat lebih mudah menetralisir kotoran, pakai kain lap yang lembap. Selain itu, tentukan seluruh permukaan pada mesin terbebas dan bersih dari yang namanya kotoran.

Supaya tak mudah korosif, sebaiknya ketingkan beberapa bagian pada mesin basuh yang berbahan logam. Kamu dapat mengeringkan beberapa bab tersebut menggunakan lap kering.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun IndiHome

8. Ketahui dan Patuhi Peraturan Umum Memakai Mesin Cuci

Misalnya saja, jangan membuka bab tutup mesin basuh saat dipakai. Kamu gres mampu diperbolehkan menekan ‘start’ apabila seluruh pakaian berikut deterjen telah dimasukkan ke mesin basuh. Supaya mesin basuh lebih tahan lama, hati-hati ketika menyemprotkan air. Kamu tak diperbolehkan untuk menyemprotkan air ke bab kendali panel.

Namun kalau tak sengaja menyemprotkan air ke kontrol panel, segera bersihkan  memakai kain lap kering. Sesudah memakai mesin cuci, sebaiknya bersihkan deterjen yang tersisa supaya tidak mengganggu proses pembersihan selanjutnya. Kamu juga mesti melaksanakan perawatan pada mesin basuh jenis top loading ini sesuai ketentuan biar lebih tahan usang.

Untuk menghindari proses bongkar pasang dengan cara bongkar mesin basuh di atas akibat adanya gangguan atau kerusakan pada mesin basuh, Kamu harus melakukan poin-poin di atas untuk perawatan. Selain itu, jangan lupa pula untuk senantiasa mencabut kabel mesin basuh sehabis digunakan. Tujuannya selain selaku cara irit listrik mesin basuh, juga biar tak terjadi konsleting saat terjadi pemadaman listrik.

Merawat bagian mesin cuci sangatlah penting, selain untuk menjaga biar mesin cuci tetap kekal juga demi keamanan. Karena bagaimanapun, Kamu pasti masih membutuhkan mesin basuh untuk menolong pekerjaan mencuci pakaian tanpa repot. Jadi, lakukan pembersihan dan perawatan pada mesin cucimu kini juga!

Demikianlah ulasan perihal cara bongkar mesin basuh top loading untuk perbaikan yang mampu Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

 

 


Bagikan:
close