counter create hit

Cara Booting Laptop Asus

Bagikan:

Bagaimana cara booting laptop Asus? Tapi, tahu nggak sih apa itu booting? Kita mungkin sering mendengar istilah ‘booting’ tapi tidak sedikit pula yang mengenali pengertian dari booting itu sendiri. Mari kita bahas satu per satu!

Apa Itu Booting?

Booting adalah suatu acara atau proses pembacaan semua perangkat lunak dan keras dalam sistem komputer, ketika pertama kali komputer dinyalakan demi memutuskan komputer sudah siap dipakai. Jadi singkatnya, proses booting yaitu langkah awal dalam pengoperasian komputer.

Bagaimana Berlangsungnya Proses Booting?

Sebelum perangkat komputer memuat layanan metode operasi, maka metode BIOS atau ROM-BIOS yang tertanam dalam motherboard PC akan eksklusif mengevaluasi keadaan pada komponen komputer.

Nah, ROM BIOS biasanya dinamakan dengan istilah BIOS, sebagai suatu memori yang didalamnya menyimpan banyak sekali isu pengecekan komponen komputer dan menampung OS komputer. Adapun info yang telah tersimpan di dalam BIOS tetap ada meskipun Kamu mematikan komputer.

Fungsi Booting Komputer

Adapun fungsi proses booting itu sendiri adalah mengevaluasi seluruh kondisi software dan hardware dalam sistem komputer. Seluruh file yang telah tersimpan pada chip ROM nantinya diangkut dengan tujuan mengopersikan metode ketika berlangsungnya proses booting

Selama booting berjalan, maka metode komputer membaca seluruh gosip pada file yang disimpan pada chip ROM. Untuk kemudian, chip ROM membaca seluruh perintah yang ada dalam file. Sesudah itu, seluruh berita yang terdapat dalam metode pun akan langsung ditampilkan.

Sementara tahapan permulaan proses booting pada tata cara operasi disebut selaku bootsttrap loader, berfungsi untuk melacak atau memeriksa semua input maupun output yang terhubung pada komputer.

Cara Booting Laptop ASUS

Cara Booting Laptop ASUS - Cara Booting Laptop Asus
Tutorial Booting Laptop ASUS

Bagaimana Booting Laptop ASUS?

Cara booting laptop ASUS bahu-membahu tak jauh berbeda dengan merk laptop lainnya. Biasanya proses booting disini berhubungan dengan bagaimana tata cara masuk ke dalam BIOS. Pada BIOS sendiri ada banyak sekali hal yang mampu dikontrol. Oleh karena itu, untuk pengaturan booting CD maupun untuk mengganti bab boot device mampu masuk ke dalam BIOS di laptop.

Baca Juga:   Cara Menggabungkan Foto Menjadi Satu Online Di Web Photo Collage Maker

Begitu cara booting laptop Asus untuk masuk ke dalam sistem BIOS ASUS, kita ambil acuan untuk ASUS X450C atau ASUS X441N :

  • Metode pertama, matikan laptop, kemudian tekanan dan tahan F2 dan nyalakan laptop kembali. Secara otomatis akan masuk ke BIOS.
  • Metode kedua, shutdown laptop sembari tekan tombol shift, kemudian lepas lalu tahana dan tekan tombol F2 dan nyalakan kembali laptop. Cara ini otomatis langsung masuk ke BIOS.
  • Metode ketiga, silahkan restart laptop kemudiana tekan F2 sampai beberapa kali, silahkanan tunggu hingga performa pada sajian BIOS pun terbuka.

Masuk ke BIOS Laptop ASUS

Dalam cara booting laptop ASUS, contohnya kita mau masuk ke BIOS untuk ASUS A4551 atau X441N.

Silahkan tekan kemudian tahan tombol F2, lalu tekan power. Tahan tombol F2 apalagi dulu sampai timbul performa BIOS. Selanjutnya, ikuti cara masuk ke dalam tata cara BIOS-nya :

  • Matikan perangkat laptop.
  • Silahkan nyalakan lagi dan tunggu hingga muncul logo ASUS.
  • Ketika logo ASUS-nya muncul, Kamu tinggal menekan FF2/Dial.
  • Tunggu lagi hingga timbul penampilan BIOS.
  • Selesai

Lantas, bagaimana jikalau tak mampu masuk walaupun telah menekan F2 atau Del? Kamu mampu mencoba cara booting laptop ASUS lainnya :

  • Silahkan tekan lalu tahan F2, berikutnya tekan power hingga timbul BIOS pada layara laptop.
  • Ketika startup, Kamu tekan dan tahan tombol Alt, selanjutnya tekan tombol F2 hingga berulang-ulang hingga muncucl BIOS pada layar.
  • Ketika booting berlangsung, tetkan dan tahan Fn sembari menekan tombol F2 berulang.
  • Tekan serta tahan Esc, dan tekan power hingga muncul BIOS di layar.

Masuk BIOS Pada Windows 10

Kita tahau bahwa Windows 10 menunjukkan fitur serupa dengan OS Windows 8, yaitu Fast Startup. Mungkin hal tersebut menjadi penyebab Kamu tidak mampu memasuki tata cara BIOS meskipun sudah menekan tombolnya alias kalah cepat. Ini dia cara booting laptop Asus dengan mengakses BIOS ASUS pada Windows 10 :

  • Silahkan masuk ke start menu.
  • Lanjutkan dengan pilih pilihan ‘Setttings’.
  • Kemudian pilih opsi ‘Update & Security’.
  • Pada panel sebelah kiri, tekan recovery.
  • Pada opsi Advanced Startup, tekan Restart now.
  • Tekan Troubleshoot.
  • Ketuk Advanced Options.
  • Ketuk lagi UEFI Firmwawre Settings.
  • Lakukan restart.
  • Selamat, kini BIOS di Windows 10 berhaasil terbuka.
Baca Juga:   Bhinneka.Com & Omnicom Hadirkan Solusi Untuk Perusahaan Dan Umkm

Umumnya waktu yang dibutuhkan laptop atau komputer tergantutng pada jenis media penyimpanan yang dipakaia, apakah HDD, M.2 attau SSD. Semakin tinggi media penyimpanan tentu saja prosesnya akan kian cepata.

Adapun tujuan fast startup disini untuk mempercepat booting. Mungkin saja Kamu termasuk orang yang merasa nyaman dengan adanya fittur tersebut, alasannya Kamu masuk lebih cepat ke desktop.

Proses Booting CD Melalui BIOS

BIOS mampu dikatakan sebagai mediator antara user dengan perangkat di laptop, baik itu berupa CD maupun USB yang sudah terpasasnag hingga kecepatan pada kipas prosesor.

Adapun untuk mengatur proses booting CD pada BIOS, diantaranya :

  • Silahkan masuk ke metode BIOS.
  • Kemudian cari bootting, boot atau boot order.
  • Selanjutnya pilih CD pada posisi pertama.
  • Lalu simpan pengaturan, lalu restart.

Tombol save dan restart secara default yakni F10. Beru lalu laptop otomatis langsung membaca CDd tersebut kemudian ke storage drive.

Mengenal Jenis-Jenis Booting

Sebenarnya ada 5 jenis proses booting dalam komputer, diantaranya :

1. Warm Booting

Proses menyalakan komputer saat perangkat PC teraliri listrik dan menyala. Biasanya proses ini disebut juga sebagai restart. Adapun tujuannya yakni mengulang proses komputer kembali dari permulaan sebab sebelumnya mengalami beberapa gangguan. Dalam tata cara operasi Microsoft Windows yang modern, kita akan memperoleh opsi khusus untuk warm booting, adalah lewat sajian restart. Sementara, pemakaian menggunakan hardware bisa dengan cara menekan restart di CPU jika ada.

2. Cool Booting

Ini yaitu proses menyalakan komputer saat perangkat komputer dalam kondisi belum menyala alias mati. Nah, inilah yang dimaksud dengan booting utama dan biasanya dilakukan dengan menekan power.

3. Soft Booting

Antara warm booting dengan soft booting bergotong-royong nyaris seperti, adalah terjadi sesudah arus listrik pada komputer aktif. Namun biasanya proses booting yang satu ini, dikendalikan sistem dengan otomatis. Serta bukan diakibatkan oleh kerusakan pada program.

4. Rebooting

Ini yakni proses mengulang tata cara ke awal. Proses ini mempunyai kesamaan dengan proses hard booting, warm booting, dan soft booting. Semuanya terjadi sehabis dialirinya arus listrik pada unsur komputer. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan rebooting terjadi, diantaranya disebabkan oleh sistem yang tidak menyikapi, adanya pergantian pengaturan pada tata cara operasi, dan lainnya.

Baca Juga:   5 Gamepad Android Terbaik Penunjang Gaming Mobile Lebih Asik

5. Hard Booting

Umumnya proses ini terjadi balasan unsur membisu atau tidak merespon selama beberapa usang atau kata lainnya ‘nge-hang’. Sehingga Kamu terpaksa harus me-restart paksa dengan cara menekan ‘reset’. Pada komputer sendiri kita akan menemukan 2 tombol, diantaranya tombol reset dan power. Keduanya pastinya berlawanan, kalau tombol ‘power’ ini ditekana dalam waktu yang usang mampu membuat PC mati, sedangkan ‘reset’ bila ditekan usang akan melaksanakan restart atau reboot paksa. Untuk reset di laptop ASUS Kamu bisa menjajal cara reset laptop ASUS dengan benar. Kamu mesti tahu bahwa kalau menekan power untuk ‘force shutdows’ justru mampu berbahaya bagi hadisk drive yang Kamu miliki.

Oke, itulah proses cara booting laptop ASUS dan jenis-jenis booting yang mesti Kamu tahu. Dengan begitu, Kamu mampu menanggulangi beberapa problem atau kondisi yang berhubungan dengan proses booting komputer.

 

 


Bagikan:
close