counter create hit

Cara Buat Google Form

Bagikan:

Kehadiran layanan Google Form sedikit banyaknya sudah besar lengan berkuasa dalam banyak sekali faktor. Dalam lingkup pendidikan, telah pasti akan sungguh membantu guru membuat soal secara daring ketika berhalangan melakukan pembelajaran tatap tampang. Sementara bagi perusahaan, akan memudahkan proses survey pelanggan tanpa mesti menanyakan satu persatu. Menariknya lagi, cara buat Google Form juga sungguh sederhana, jadi Kamu yang gres pertama kali menggunakannya pun mampu pribadi menjadikannya dengan mudah.

Sebelumnya orang-orang harus menginput data dengan cara manual memakai Google Sheets, lain halnya dengan ketika ini. Karena Kamu mampu memanfaatkan Google Form dalam banyak sekali kebutuhan, entah itu untuk mengumpulkan daftar kepesertaan/member, mengoleksi data survey (kuesioner), dan masih banyak lagi. Oke, untuk pembuata Google Form, Kamu bisa menjajal cara buat Google Form di bawah ini!

Cara Buat Google Form

Cara Buat Google Form - Cara Buat Google Form
Cara Membuat Google Form Praktis

Panduan Buat Google Form Dengan Cepat

Untuk menciptakan Google Form, ada beberapa langkah cara yang mampu Kamu kerjakan. Berikut ini cara buat Google Form dengan mudah, diantaranya :

Metode 1 : Buat Google Form Memakai Google Drive

Sebelumnya, pastikan dulu Kamu harus sudah memiliki akun Google atau Gmail dengan cara buat Gmail gres. Kamu mampu mencoba cara buat Google Form menggunakan Google Drive. Lalu, ikuti tindakan berikut :

  • Silahkan buka platform Google Drive, lalu tekan ‘New’ di samping kiri bagian atas.
  • Jika sudah muncul beberapa opsi layanan Google, tinggal pilih pilihan ‘Google Form’, Kamu pun tinggal membuat opsi Google Form tergantung keperluan.
Baca Juga:   Cara Melacak Handphone Xiaomi Yang Hilang

Metode 2 : Buat Google Form Lewat Link Google

Selain melalui Google Drive, Kamu mampu menentukan cara buat Google Form menggunakan Link Google. Ini ia ulasannya :

  • Ketuk tautan link ini dan buat form di Google Form.
  • Kemudian di halaman Google Form yang utama, tinggal pilih saja formulir kosong. Selain itu,mampu juga pakai template yang tersedia.
  • Kini Kamu sudah membuat form, selanjutnya Kamu memasuki bagian editor. Dari sini Kamu bisa menyesuaikan formulir.

Jika sudah berhasil membuat form baru, mampu lanjut ke tahapan-tahapan di bawah ini dan buat pertanyaan sesuai formulir yang akan Kamu buat.

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Formulir

Silahkan tentukan apalagi dulu tujuanmu untuk menciptakan formulir. Misalhnya saja, untuk pendataan golongan tour ke Pulau Bali. Jika sudah, Kamu tinggal menambahkan deskripsi dan judul untuk mewakili tujuan pengerjaan formulir.

2. Buat Daftar Pertanyaan

Cara buat Google Form berikutnya, buat list pertanyaan. Di sini, ada berbagai macam balasan yang dapat dipilih, mulai dari tanggapan panjang, pendek, checbox, pilihan ganda, upload file, waktu dan lain sebagainya. Inilah yang nantinya menentukan jenis dari respondens yang mengisi formulir.

Misalnya saja, Kamu akan mengambil data ihwal kepesertaan memakai fitur yang sudah ada di Google Form, sebut saja mirip gender, nama, agenda keberangkatan, opsi layanan dan lainnya.

3. Tambahkan Pertanyaan Baru

Untuk menyertakan pertanyaan gres, ketuk ikon (+).

4. Tentukan Proporsi Pertanyaan

Di sini Kamu mampu menentukan, apakah pertanyaanmu mesti dijawab atau mungkin opsional.

5. Menambahkan Gambar

Untuk langkah cara buat Google Form ini, Kamu mampu menambahkan gambar. Caranya tinggal klik ikon ‘image’.

6. Tambahkan Pilihan Bebas Untuk Pilihan Ganda

Cara buat Google Form berikutnya, pada pertanyaan yang mempunyai tanggapan checkboxes atau pilihan ganda, tinggal tambahkan saja pilihan bebas. Dimana opsi ini nantinya mampu diisi responsens sendiri, caranya tinggal ketuk ‘add other’.

7. Pilihan Jenis Jawaban Lainnya

Sebenarnya, ada beberapa opsi jawaban lainnya dan bisa Kamu pilih untuk diisi respondens atau pengisi formulir tergantung kebutuhan. Misalnya skala liner untuk kuesioner maupun untuk mengupload file dan meminta data berupa audio, video atau konten visual.

Baca Juga:   Cara Membuka Email Yahoo Dari Aplikasi Gmail Di Android

8. Meminta Informasi Pribadi

Apabila dibutuhkan, Kamu mampu meminta gosip terkait data eksklusif respondens untuk saling bertukar info. Diantaranya mirip informasi akun media sosial, nomor hp atau email.

9. Bagi Sesi Pertanyaan

Dalam cara buat Google Form ini, Kamu pun dapat membagi sesi untuk pertanyaan tergantung keperluan. Adapun caranya tinggal klik ikon di bagian paling bawah, lalu inputkan deskripsi dan judul pada section pertanyaan gres tersebut.

10. Lakukan Preview

Selamat, alasannya formulirmu kini telah jadi. Namun jangan langsung dibagikan dulu, silakan cek dengan melihat preview-nya. Klik tanda mata berikutnya Kamu akan dibawa ke halaman yang memunculkan hidangan tab baru.

11. Edit Tampilan

Jika ingin mengubah penampilan pada formulir, tinggal edit saja tampilannya. Caranya ketuk tanda palet cat. Sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhanmu.

Tutorial Membagikan Google Form

Jika telah sukses menciptakan formulir dengan cara buat Google Form di atas, Kamu tinggal membagikan formulirmu lewat beberapa pilihan media. Untuk lebih jelasnya, simak panduannya berikut :

1. Membagikan Form Lewat Link atau Email

  • Langkah pertama, tekan ‘send’ di samping kanan atas.
  • Jika sudah, Kamu akan dibawa ke opsi media untuk membagikan formulir. Silahkan pilih opsi ‘send via’. Kamu tinggal memilih ikon surat, jika ingin mengirimkannya lewat email serta ikon rantai, dan Kamu pun akan membagikan form tersebut berbentuk tautan atau link.

2. Membaikan Form Lewat Embed ke Situs Web

  • Pertama-tama, ketuk ‘Send’ di samping kanan atas.
  • Kamu tinggal menentukan pilihan di bab ujung kanan yang berikon ‘’. Bila perlu, Kamu mampu mengendalikan ukuran formulir tertentu yang ingin ditampilkan pada webistemu, kemudian salin url atau link yang ada.
  • Masuk ke dashboard WordPress pada website-mu. Kemudian pilih pilihan ‘Appearance’ lalu tekan ‘Widgets’.
  • Ketuk ‘Custom HTML’ lalu pilih kawasan untuk meletakkan form tersebut, ketuk ‘add widget’.
  • Kamu bisa mengisi judul, kemudian tempelkan link yang sudah disalin sebelumnya ke dalam kolom HTML, gres lalu tekan ‘save’.
  • Setelah mengikuti cara buat Google Form di atas dengan benar, maka Kamu pun sudah berhasil menciptakan formulir untuk keperluanmu.
Baca Juga:   Speaker Vios 2007 Sember (Kresek-kresek) Head Unit Rusak

Mengecek Hasil Isian Google Form

Setelah sukses membuat formulir di Google Form, kemudian membagikan formulir serta menghimpun data, maka Kamu tinggal melaksanakan pengecekan hasil balasan dari respondens. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pada dashboard yang ada di Google Form, Kamu mampu memilih ‘Response’. Selanjutnya hasil respon tersebut dapat dilihat berupa ringkasan, jawaban tiap individu, atau pertanyaan tiap individu. Silahkan gunakan sesuai keperluan.
  • Selanjutnya Kamu tinggal menginput data pada Google Spreadsheet. Selain itu, kirim hasil dari balasan respondens ke dalam format lain, semisal .csv.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah cara buat Google Form yang bisa Kamu praktekkan ketika ingin membuat formulir sesuai kebutuhan. Selain pembuatan formulir pendataan penerima di atas, Kamu juga mampu menciptakan formulir untuk mendata kontak guna keperluan marketing, formulir untuk registrasi kerja, isian reservasi event, kuesioner, form registrasi lomba, dan yang lain.

Kamu bisa mengikuti cara menciptakan Google Form di atas dengan mudah. Selain itu, untuk memudahkan calon respondens mengenali link Google Form milikmu, Kamu bisa menjajal cara custom link Google Form!

 


Bagikan:
close