counter create hit

Cara Buat Pdf Di Iphone

Bagikan:

Bagaimana cara buat PDF di iPhone? PDF merupakan kependekan dari Portable Document Format yang dipakai selaku format dasar dalam sebuah dokumen. Kelebihan dari PDF ini yakni format yang merepotkan diubah dan bahkan bisa mengunci isi dokumen didalamnya dengan argumentasi sungguh diam-diam, dengan kata lain tidak sembarang orang mampu membukanya.

File apapun bisa Kamu ubah ke dalam bentuk PDF seperti dokumen, gambar, formulir dan masih banyak lagi yang lainnya. Hanya saja banyak orang yang kesulitan melakukannya, mengenang kurangnya isu atau mungkin susah dipahami. Padahal caranya sangat mudah sekali baik dengan memakai desktop, hp berbasis android atau juga dengan memakai iphone.

Cara Buat PDF di iPhone

Cara Buat PDF di iPhone 200x112 - Cara Buat Pdf Di Iphone
Cara Membuat File PDF di iPhone

Tutorial Buat PDF di iPhone

Pada pembahasan kali ini akan diterangkan bagaimana cara mengubah format file lain ke dalam PDF di iphone dengan cara buat PDF di iPhone. Hal ini dikarenakan iPhone menawarkan fitur bawaan yang mampu mengganti seluruh file ke dalam bentuk PDF.

Untuk platform yang lain selain iPhone, biasanya harus memakai aplikasi pihak ketiga atau masuk ke situs khusus yang dapat mengubah file tertentu ke dalam bentuk PDF. Meskipun bergotong-royong iPhone juga mampu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat file PDF, namun setidaknya Kamu wajib mengoptimalkan fitur yang telah disematkan didalam iphone. Berikut ulasana cara buat PDF di iPhone lengkap :

1. Buat PDF di iPhone dari Aplikasi Catatan

Cara buat PDF di iPhone yang pertama yaitu dengan aplikasi catatan. Kamu mampu membuka aplikasi catatan pada iphone milikmu, lalu buatlah catatan harian atau catatan apapun untuk diubah file ekstensinya menjadi PDF. Catatan yang Kamu tulis pada aplikasi catatan tidak terbatas, dengan kata lain Ketika menulis catatan yang Panjang sekalipun filenya mampu Kamu ubah ke dalam bentuk PDF. Hanya saja yang berlawanan nantinya adalah ukuran PDF-nya yang menjadi lebih besar karena isi catatan Kamu yang sungguh banyak.

Baca Juga:   Cara Meniadakan Riwayat Pencarian Di Instagram

Setelah menciptakan catatan, selanjutnya Kamu tinggal klik sajian ‘Tindakan/Berbagi’ yang berada pada pojok kanan bab atas. Apabila sudah masuk ke tahapan tersebut. Kamu hanya perlu mencari sajian Markah. Khusus bagi pengguna iphone yang mengusung  iOS 14, klik hidangan Kirim Salinan lalu pilih Markah.

Langkah terakhir adalah Kamu tinggal klik hidangan Selesai dan simpanlah file yang sedang dalam proses perubahan file ekstensi dari catatan ke PDF tersebut dengan cara ketuk ‘Simpan File Ke…’. Pada tahapan ini Kamu cukup memilih daerah atau direktori sesuai cita-cita, apakah ingin disimpan ke ‘iCloud Drive’ atau cukup di memori internal saja dengan klik ‘Di Iphone Saya’. Setelah menetapkan kawasan penyimpanannya, tinggal klik saja opsi ‘Simpan’.

Setelah semua proses diatas Kamu lakukan, maka Kamu telah berhasil mengubah file catatan menjadi file yang berekstensi PDF. Untuk menentukan perubahan tersebut sudah sukses menjadi file PDF, Kamu cukup masuk ke direktori yang Kamu inginkan tadi apakah masuk ke iCloud Drive atau masuk ke memori internal iPhone.

Setelah menemukan file PDF yang dituju, silahkan cek file tersebut dengan sekali klik saja, sampai catatan tadi terbuka dalam bentuk PDF.

Untuk mengirimkan atau share file PDF tersebut ke orang lain, Kamu bisa mengganti nama file PDF tersebut, mengarsipkannya, lalu cek info lengkap dari file PDF Kamu. Caranya ialah Kamu bisa mengklilk cukup lama kemudian akan muncul hidangan yang Kamu inginkan.

2. Buat PDF di iPhone dari Email

Cara buat PDF di iPhone selanjutnya yaitu dari email. Kamu mampu mengganti email ke dalam PDF dengan menggunakan fitur bawaan iphone. caranya bisa Kamu ikuti dibawah ini :

  • Bukalah aplikasi email pada iphone milikmu dan pilih email yang hendak Kamu jadikan sebagai file yang berekstensi PDF.
  • Jika sudah final memilih email yang mana, selanjutnya Kamu tinggal ketuk ‘Print’ atau ‘Cetak’ pada menu di email.
  • Sebelumnya gunakanlah pinch ataupun memakai zoom dengan cara mencubit emailnya dan perbesar sesuai yang Kamu harapkan sebagai pratinjau sebelum Kamu ubah. Tempatkan posisi email semoga sehabis file tersebut berupa PDF, Kamu tidak akan kesusahan dalam membaca catatannya.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal klik tombol ‘Share’ atau ‘Bagikan’ yang berada di bab atas sebelah kanan.
  • Nantinya akan timbul hidangan gres, Kamu cuma perlu klik opsi ‘copy t o books’ atau ‘salin ke buku’.
  • Simpan menurut direktori yang Kamu inginkan apakah ingin dimasukkan kedalam icloud iPjone atau cuma ingin disimpan di memori internal iphone saja.
  • Jika sudah akhir, silahkan periksa file nya berdasarkan direktori yang Kamu pilih.
  • Buka file yang berkstensi PDF yang telah Kamu ubah dari email ke PDF tersebut, lihat isinya apakah sesuai dan terbaca atau tidak.
Baca Juga:   Cara Buat Apple Id

3. Buat PDF di iPhone dari gambar

Cara buat PDF di iPhone selanjutnya adalah dari gambar. Dengan kata lain, Kamu juga mampu mengubah bentuk file gambar yang berekstensi jpg atau jpeg menjadi file yang berekstensi PDF. Langkahnya cukup gampang dilaksanakan, sehingga nantinya Kamu mampu membagikan file PDF nya melalui email, atau pesan pribadi. Selain itu, bisa juga cuma sekedar menyimpannya baik pada icloud iphone atau pada memori internal. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Bukalah aplikasi foto, lalu pilihlah foto atau gambar apapun seperti animasi yang akan Kamu ubah ke dalam file berekstensi PDF.
  • Jika telah memilih foto nya, langkah berikutnya ialah dengan menentukan ikon ‘Print’ dari opsi mengembangkan yang ada di bab atas.
  • Setelah masuk ke dalam pilihan printer, Kamu mesti menggerakan foto tersebut untuk diubahsuaikan ketika filenya sudah berupa . Caranya bisa dikerjakan dengan gerakan menyebar dan geser pada pratinjau foto.
  • Jika Kamu telah final mengendalikan ukurannya, berikutnya Kamu tinggal pilih opsi membagikan foto. Hal tersebut bisa dikerjakan sembari mengganti file tersebut ke PDF.
  • Apabila ingin membagikan pribadi, maka pilihlah pilihan pesan atau email. Tapi kalau cuma ingin menyimpannya sekedar menyertakan kedalam notes silahkan klik ‘Add to Notes’.
  • Untuk menyimpannya ke dalam direktori icloud drive atau memori internal, silahkan klik sajian yang tersedia.
  • Segala kegiatan yang Kamu lakukan tersebut nantinya tetap akan diubah kedalam file berekstensi PDF.

Sekedar info saja, file default foto adalah file yang berekstensi JPEG, umumnya cenderung lebih compatible sehingga akan sungguh mudah dikonversi PDF untuk dibagikan. PDF ialah ekstensi besar lengan berkuasa dimana data yang ada didalamnya tidak mampu sembarang dilakukan copy paste. Sehingga file PDF cenderung lebih kondusif dan gampang dibaca.

Cara Menghapus File PDF dari iPhone

Setelah mengetahui cara buat PDF di iPhone, Kamu pun perlu mengenali cara menghapus file PDF dengan benar. Apalagi bila yang Kamu kerjakan hasil dari konversi keliru dan mesti megulang kembali konversinya.

Baca Juga:   TP Link RE450 Atasi Sudut Ruang Yang Sulit Terjangkau Wi-Fi

Caranya pun sungguh mudah, Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dibawh ini :

  • Buka aplikasi Books pada smartphone milikmu lalu pilih pada Library file PDF, silahkan pilih mana file yang akan dihapus.
  • Setelah itu, pilih opsi yang lain yang berada tepat dibagian bawah PDF tersebut. Selanjutnya akan muncul sajian
  • Proses abolisi file PDF telah sukses Kamu lakukan.

Demikian ulasan terkait 3 cara buat PDF di iPhone dengan mudah dan cara meniadakan file PDF dari iPhone. Semuanya mampu Kamu kerjakan tanpa pertolongan aplikasi pihak ketiga.

 


Bagikan:
close