counter create hit

Cara Cairin Bpjs Online

Bagikan:

Gimana sih cara cairin BPJS online? Inilah pertanyaan yang sering kita dengar dari para pengguna BPJS. BPJS ketenagakerjaan merupakan salah satu acara terkait layanan ketenagakerjaan. Melalui acara BPJS ketenagakerjaan, karyawan mendapatkan jaminan kesehatan serta sosial. Melalui program BPJS ketenagakerjaan,  karyawan akan mendaptkan jaminan hari renta, kesehatan sampai resiko dari kecelakaan kerja.

Cara Cairin BPJS Online

Cara Cairin BPJS Online - Cara Cairin Bpjs Online
Panduan Cara Cairin BPJS Online

Panduan Mencairkan BPJS Online

BPJS terbagi ke dalam 2 jenis, ada BPJS kesehatan dan BPJSTK (Ketenagakerjaan). Akan tetapi, banyak pengguna BPJS yang menilai keduanya mampu dicairkan. Kamu perlu tahu bahwa program BPJS yang bisa dicairkan hanyalah BPJS ketenagakerjaan. Sedangkan untuk BPJS kesehatan sendiri lazimnya diklaim untuk pembayaran perawatan rumah sakit, dan untuk selain itu tidak bisa. Cara cairin BPJS online untuk ketenagakerjaan ini bisa lewat tata cara e-Klaim atau Lapak Asik. Berikut tindakan yang perlu Kamu ketahui, diantaranya :

Metode 1 : Cairin BPJS Online Memakai Lapak Asik

Lapak Asik merupakan kependekan dari Layanan Tanpa Kontak Fisik yang dihadirkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dengan kata lain, Kamu tak perlu mendatangi kantor cabang BPJS terdekat untuk melakukannya, alasannya Kamu mampu mencairkan BPJS secara online. Ini ia ulasannya :

1. Buka Web Browser

Karena disini kita akan mencoba cara cairin BPJS online ketenagakerjaan dengan mengakses website, maka tentukan Kamu mempunyai kuota internet yang memadai. Untuk berikutnya, Kamu bisa membuka web browser baik via hp ataupun komputer untuk mengakses laman BPJS.

Baca Juga:   Cara Menyambungkan HP Android Ke Printer Canon TS307 Via WiFi

2. Pilih Aplikasi atau Web BPJS TK

Cara cairin BPJS online selanjutnya, Kamu mampu pilih apakah ingin menggunakan aplikasi BPJS Taman Kanak-kanak atau via webnya. Jika ingin memakai aplikasinya, Kamu mesti mengunduh aplikasi BPJSTK resmi di Play Store. Namun jikalau ingin menggunakan situs web, tinggal mendatangi website di www.antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Sementara itu, kalau Kamu memakai aplikasi BPJSTK maka Kamu tinggal membuka aplikasinya saja yang sudah diunduh. Baru lalu, jalan masuk opsi ‘Antrian Online’.

3. Isi Data Diri Pada Layar

Jika Kamu telah menemukan nomor antrian online, langkah berikutnya tutup halaman terkait nomor antrian. Lalu, isi semua data diri di kolom isian kosong yang ditampilkan pada layar.

4. Download Form Pengajuan JHT

Cara cairin BPJS online selanjutnya, silahkan download formulir pengajuan JHT terlebih dulu sebelum menyimpannya. Setelah diunduh, tekan ‘SIMPAN’.

5. Ikuti Perintah dan Dapatkan Kode Verifikasi

Jika sudah, Kamu tinggal ikuti saja petunjuk yang tersedia, untuk lalu mendapatkan aba-aba verifikasi sehabis mengisi form. Biasanya verifikasi ini berbentuk PIN yang diantarkan lewat email dan SMS. Kamu tinggal inputkan aba-aba verifikasi jikalau diminta, dan sesudah isyarat tersebut terkirim via email/SMS.

6. Menambahkan Data Rekening Bank

Selanjutnya, pihak BPJS meminta nomor rekening bank milikmu untuk pencairan uang klaim BPJS. Kamu mampu menambahkannya dan pastikan nomor rekeningnya tidak ada yang salah, baik data nama bank maupun pemilik rekening itu sendiri.

7. Unggah Seluruh File Dokumen

Kamu pun bisa mengupload seluruh dokumen sesuai petunjuk yang sudah tersedia.

Untuk selanjutnya, silahkan tunggu beberapa lama setelah mengirimkan seluruh dokumen tambahan sebagai syarat cara cairin BPJS online. Untuk selanjutnya, pihak BPJS akan mengecek kelengkapan dan kevalidan data yang Kamu kirimkan, jikalau telah benar dan lengkap, pihak BPJS akan eksklusif menindak lanjuti. Akan namun, kalau ada berkas-berkas yang masih kurang lengkap atau ada yang salah, Kamu lazimnya , akan dihubungi oleh Customer Care dari BPJS.

Jika ternyata pengajuanmu disetujui, Kamu akan menerima konfirmasi keterangandari pihak BPJSTK terkait klaim BPJSTK. Biasanya akan langsung diberitahukan melalui SMS, telepon, email dan WhatsApp.

Baca Juga:   Cara Cek Spesifikasi Android

Langkah terakhir, duit JHT akan dikirim langsung ke nomor rekening yang telah didaftarkan sebelumnya paling lambat 7 hingga 10 hari kerja. Pencairan JHT ini biasanya dilakukan, sesudah Kamu menerima konfirmasi dari BPJS ketenagakerjaan atas kesepakatan dokumen yang kau usikan.

Metode 2 : Cairin BPJS Online Lewat Sistem e-Klaim

Selain cara cairin BPJS online lewat Lapak Asik, Kamu juga bisa mencoba mencairkan BPJSTK dengan memakai tata cara atau layanan e-klaim. Sebenarnya langkah antara kedua cara ini nyaris sama, yang membedakan adalah proses transfernya biasanya dikerjakan eksklusif di kantor cabang BPJS terdekat. Demikian langkah-langkahnya :

1. Buka Situs Web BPJS Ketenagakerjaan

Buka situs web nya apalagi dulu dengan alamat : www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Dengan memakai browser bawaan, tentukan dahulu kuota internetmu mencukupi, supaya prosesnya lebih lancar

2. Mengisi Form Pengajuan Klaim

Cara cairin BPJS online berikutnya Kamu akan mengakses halaman utama, disana ada beberapa kolom yang mesti diisi. Mulai dari nama lengkap, nomor KTP, alasan pengajuan klaim, akun email untuk verifikasi, nomor kartu BPJSTK, dan kawasan tanggal lahir.

3. Pilih Kantor Cabang Terdekat

Jika telah mengisi kelengkapan formulir yang disebutkan di atas, maka Kamu wajib menentukan kantor cabang yang terdekat dari lokasi rumahmu untuk pencairan.

4. Dapatkan Kode Verifikasi

Silahkan ikuti isyarat yang tersedia sampai final, sampai Kamu memperoleh instruksi verifikasi berupa PIN.

5. Masuk Kembali ke Web BPJSTK

Berikutnya saat sudah mendapatkan nomor PIN, log in kembali ke website tersebut untuk melanjutkan pengisian biodata yang belum terisi. Salah satunya untuk pengisian nomor rekening yang digunakan saat pengajuan klaim. Adapun isian yang wajib kau sematkan adalah nomor rekening bank aktif, nama bank, dan nama pemiliki rekening bank tersebut harus terang.

6. Upload Dokumen

Langkah berikutnya adalah dengan mengunggah dokumen yang perlu kau unggah pada situs tersebut. Cek di suits webnya, apa saja berkas yang perlu di unggah. Perhatikan pula format unggahan document tersebut. Umumnya format yang dipakai berbentuk JPEG, JPG, PNG, BMP hingga file berekstensi pdf. Adapun ukurannya minimal 100 kb dan maksimalnya ialah 1,8 MB.

Baca Juga:   Spesifikasi Dan Harga Redmi Note 8 Dan Redmi Note 8 Pro, Hp Gaming Murah?

7. Kirim Dokumen dan Tunggu Konfirmasi

Cara cairin BPJS online berikutnya, tentukan semua isian yang perlu kamu isi tidak ada yang salah, jika sudah silahkan dikirim dan tunggulah konfirmasi dari pihak bpjs ketenagakerjaan. Adapun informasitersebut akan dikirimkan lewat email yang kau daftarkan sebelumnya.

8. Cetak Konfirmasi Pengajuan Klaim yang Diterima

Kamu mesti mencetak dokumen pengajuan klaim yang telah diterima BPJS, untuk dibawa eksklusif ke kantor cabang BPJS terdekat. Dokumen tersebut nantinya dijadikan selaku bukti bahwa kau sudah mendaftar pengajuan klaim melalui tata cara e-klaim.

9. Pergi ke Kantor BPJS Terdekat

Datanglah ke kantor bpjs ketenagakerjaan terdekat berdasarkan pada jadwal yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

10. Bawa Serta Dokumen Lainnya

Selain dokumen dari email yang kamu print, bawalah berkas-berkas yang lain, baik asli maupun dalam bentuk fotokopi dikala hendak pergi ke kantor cabang BPJS terdekat.

11. Konfirmasikan ke Patugas BPJS

Sampaikan maksud kedatanganmu ke pihak petugas yang berjaga, Kamu bisa menawarkan tanda bukti pengajuan yang diantarkan via email beserta dokumen lainnya. Dengan demikian, pihak BPJS selanjutnya akan memproses usul penelusuran klam BPJSTK milikmu.

12. Tunggu Jadwal Pencairan

Apabila sudah diproses dan disetujui oleh pihak bpjs ketenagakerjaan, maka berikutnya kau hanya tinggal menanti uang JHT masuk ke dalam rekening yang kau olok-olokan sebelumnya. Biasanya optimal pencairan uang JHT ialah selama 7 sampai 10 hari kerja.

Salah satu kelebihan proses pengajuan klaim BPJS ketenagakerjaan dengan metode e-klaim ini ialah kau tidak perlu sibuk-sibuk antri lagi karena kau sudah antri lewat jalur online.

Itulah cara cairin bpjs online yang mampu kau lakukan dengan dua cara yang sudah dijelaskan diatas. Kamu tinggal pilih, mana cara yang lebih baik menurutmu?

 


Bagikan:
close