counter create hit

Cara Campur Cat Tembok

Bagikan:

Bgaimana cara campur cat tembok agar menghasilkan warna yang tepat? Ya, mengecat rumah merupakan salah satu acara untuk mempercantik kondisi rumah. Percaya atau tidak, dengan mengecat rumah yang sederhana sekalipun, bisa mengubah performa rumah menjadi terkesan mewah. Namun Kamu juga harus mampu memadu padankan warna cat rumah semoga pewarnaannya lebih tepat dan rumah menjadi tampakindah.

 

Supaya mendapatkan hasil optimal, tak ada salahnya Kamu mencampurkan warna berbeda pada cat tembok rumah, untuk memperlihatkan hasil yang tepat. Pencampuran cat pun tidak sembarangan, karna Kamu perlu menggunakan teknik perbandingan yang sesuai, contohnya 1 : 1 untuk perpaduan warna cat.

 

 

Tips Mengecat Rumah

 

Ada beberapa trik yang perlu Kamu terapkan dalam pengecatan rumah. Kamu bisa mempraktekkannya saat hendak mengecat ulang atau mengecat rumah barumu. Berikut ini :

 

1. Perhatikan Kondisi Fisik Rumah

 

Tampilan atau kondisi fisik setiap rumah pasti berlawanan, ada hunian berskala mungil, megah, bahkan ada pula yang dinding rumahnya menggunakan papan. Bagi Kamu yang akan mengecat rumah yang gres maupun yang lama, penting sekali mengamati kondisi fisik rumah. Sebab hal ini bisa membantumu untuk memilih warna yang sesuai bagi hunianmu. Meskipun tampak sepele, tetapi percayalah kalau Kamu menyaksikan bagaimana keadaan fisik rumahmu, maka Kamu mampu membayangkan warna yang tepat untuk hunianmu.

 

2. Pakai Cat Tembok Berkualitas

 

Ini yaitu poin yang sangat penting dan harus diamati. Jika Kamu telah menentukan warna cat yang sempurna untuk hunianmu, berikutnya Kamu tinggal memilihkan cat tembok bermutu. Jangan asal memilih cat tembok, karena bagaimanapun cat tembok dapat mensugesti penampilan rumahmu. Kualitas cat tembok juga menentukan seberapa tahan lamanya cat tersebut melekat di tembok rumah.

Baca Juga:   Cara Beli Vip Wetv Pakai Pulsa

 

Saat ini banyak sekali cat-cat kiloan yang dijual di pasaran, alangkah lebih baik jika memilih cat bermerek dibandingkan berbelanja cat kiloan yang belum pasti risikonya akan sempurna jika saat diaplikasikan.

 

Ada 2 jenis cat berdasarkan manfaatnya, cat primer dan cat sekunder. Cat primer ialah cat yang menempel pertama kali pada dinding, dan cat sekunder adalah cat yang melekat pada cat primer.

 

Biasanya cat primer yang kerap digunakan yaitu cat warna putih sebagai warna dasar, sedangkan warna cat sekunder diluar dari warna putih. Bagi Kamu yang berniat mengecat warna rumahnya dengan warna putih, maka tidak perlu mengecatnya dua kali, Kamu cukup menggunakan cat primer saja.

 

3. Teknik Pengecatan yang Benar

 

Ada beberapa trik sederhana cara pengecatan yang bagus dan benar, yakni :

 

 

    • Lakukan pengecatan secara merata ke seluruh dinding. Agar risikonya terlihat memuaskan, maka lakukan pengecatan sebanyak 2 lapis. Lapisan pertama mampu dijalankan pengecatan secara vertikal apalagi dahulu, sedangkan lapisan kedua pengecatan dikerjakan secara horizontal. Cara ini berlaku baik untuk cat primer maupun cat sekunder

 

    • Jangan terlalu lama mencelupkan roller atau kuas pada kaleng cat, karena akan menjadikan cat lebih boros dan bila di oles pada permukaan dinding tidak akan rata. Kamu cuma mencelupkannya sedikit, kemudian segera cat permukaan dinding yang mau Kamu cat tersebut.

 

    • Pergunakan kuas kecil jikalau akan mengecat sudut-sudut tertentu, mirip erat dengan kusen pintu atau erat dengan jendela. Jika memaksakan memakai roller dikhawatirkan cat akan berceceran pada bidang selain permukaan dinding tembok.

 

    • Agar hasil optimal, Kamu bisa mencampur dua warna cat menjadi satu sehingga akan didapatkan warna yang berlainan.

 

 

Perhatikan tips-kiat di atas dengan baik sebelum melakukan pengecatan agar kesudahannya bisa jauh lebih baik ketimbang tidak ada penyusunan rencana sama sekali.

 

Khusus bab terakhir perihal pencampuran cat tembok, akan dibahas secara detil di bawah ini. Sehingga bisa menjadi sumber informasi penting jikalau Kamu ingin menerapkan pencampuran warna cat yang bisa menghasilka warna berlawanan dari warna sebelumnya.

Baca Juga:   Cara Menonaktifkan Data Aplikasi Android Di Hp Oppo

 

Cara Campur Cat Tembok

 

Cara Campur Cat Tembok 200x112 - Cara Campur Cat Tembok
Mencampur Warna Cat Tembok

 

Panduan Untuk Mencampurkan Cat Tembok

 

Jika mencampurkan cat tembok antara warna yang satu dengan warna yang lainnya, lazimnya terkesan menambah-nambah pekerjaan. Tapi justru ini sungguh penting, untuk membuat warna cat yang sempurna. Kamu mampu menjajal bereksperimen terlebih dulu dengan mencampurkan dua warna yang berlainan dan lihat akibatnya, apakah Kamu terpesona ingin mencobanya atau tidak sama sekali.

 

Bahkan menurut survey, kebanyakan orang lebih suka mencampur 2 warna cat yang berbeda. Ada beberapa hal yang mesti diamati dalam cara campur cat tembok berikut ini :

 

1. Pilih Warna Sesuai Keinginan

 

Bagi Kamu yang belum tahu, warna hijau ialah warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna yakni kuning dan biru. Contoh lain lagi, jika Kamu mencampur warna hijau dan warna kuning, maka akan menciptakan warna lain adalah biru keunguan.

 

Sampai disini sudah paham? Bahwa di toko tidak ada warna biru keunguan, yang ada hanyalah warna biru dan warna ungu. Nah dengan mencampur dua warna dasar mampu menghasilkan warna sekunder yang jauh lebih bermacam-macam dan dijamin tidak ada yang menjualnya di toko cat sekalipun.

 

2. Perhatikan Kualitas Cat

 

Cara campur cat tembok berikutnya yaitu tetap perhatikan kualitas cat. Usahakan biar Kamu membeli berkualitas sama, maksudnya semoga hasil yang didapat memiliki mutu yang juga sama dengan warna dasar. Untuk menghasilkan kualitas cat yang bagus, maka kedua warna cat yang mau diaduk harus dari brand yang sama.

 

3. Perhatikan Komposisi Cat Saat Pencampuran

 

Seperti yang sudah disinggung bahwa perbandingan pencampuran lazimnya 1 : 1. Artinya jika Kamu mencampur cat warna hijau 5 kg, maka warna kuning sebagai warna campurannya mesti 5 kg juga.

 

Sebenarnya Kamu bisa saja bereksperimen ingin menerima warna unik yang lain, tugasmu hanya mengontrol perbandingannya saja misalnya 1,2 : 0,8 (1,2 untuk cat warna hijau : 0,8 untuk warna kuning). Jika alhasil manis, maka Kamu bisa menerapkannya dengan mencampurkan kedua warna cat tersebut berdasarkan perbandingan yang sudah Kamu tentukan sebelumnya.

Baca Juga:   Cara Cek Paket Axis

 

4. Persiapkan Wadah

 

Cara campur cat tembok berikutnya ialah mulai merencanakan wadah untuk pencampuran. Mengingat disini Kamu akan mencampurkan dua warna yang berlawanan, pastinya Kamu memerlukan wadah yang digunakan untuk pencampuran. Pilihlah wadah yang cukup besar, agar Ketika kedua warna cat tersebut dicampur bisa lebih merata.

 

5. Cara Pengadukan

 

Caranya adalah Kamu harus mengaduk cukup usang supaya kedua warna cat betul-betul menyatu. Pengadukan yang pertama gunakan pola searah jarum jam, Kamu hitung contohnya 10 kali putaran. Lalu putaran ke 11 hingga ke 20 bisa kerjakan gerakan bertentangan arah jarum jam.

 

Jika dirasa telah tercampur merata, maka pengadukan bisa dilarang. Akan namun, jika dirasa belum tercampur, maka kerjakan pengadukan kembali berdasarkan cara-cara yang sudah dijeaskan sebelumnya.

 

6. Tuangkan ke Dalam Wadah Lain

 

Langkah cara campur cat tembok rumah selanjutnya ialah menuangkan cat hasil adonan tadi ke wadah yang lain. Wadah lain yang dimaksud yakni wadah khusus untuk mulai melaksanakan pengecatan pada dinding rumah. Tujuan menggunakan wadah lain adalah supaya cat yang mau Kamu aplikasikan pada tembok betul-betul cat dengan warna gres hasil pencampuran.

 

Itulah cara campur cat tembok dengan benar, hal yang perlu Kamu perhatikan yaitu terus kerjakan eksperiman dengan beberapa warna untuk menerima warna unik yang Kamu kehendaki. Setelah itu, barulah Kamu bisa menerapkan cara cat tembok yang benar pada dinding rumahmu.

 

 


Bagikan:
close