counter create hit

Cara Cas Aki Kering

Bagikan:

Tahukah Kamu bagaimana cara cas aki kering? Ya, setiap kendaraan memiliki aki yang berfungsi selaku daerah untuk menyimpan daya listrik yang diperlukan oleh kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Adapun fungsi aki kendaraan ini digunakan untuk menyalakan semua komponen yang berhubungan dengan listrik baik itu lampu-lampu, suplai arus yang masuk ke dashboard, atau starter elektrik.

Dengan fungsi yang begitu penting, maka seharusnya kamu dilarang menyepelekan aki begitu saja, apalagi bila aki kendaraanmu mengalami hilang daya. Apabila terjadi kehilangan daya, bisa jadi kendaraannmu tidak mampu dinyalakan dan terpaksa kendaraanmu harus didorong manual hingga bengkel terdekat hanya untuk mengubah aki yang lama dengan aki yang baru.

Tidak siapa saja memiliki cukup dana untuk berbelanja aki baru karena memang harganya cukup menyedot kantong mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. oleh alasannya adalah itu, ada salah satu alternatif lain yaitu dengan cara cas aki.

Jenis Aki yang Beredar di Pasaran

Ada dua jenis aki yang umumnya dibutuhkan oleh kendaraan. Diantara kedua jenis aki tersebut yaitu aki basah dan aki kering. Dimana kedua jenis aki ini bisa diakali dengan cara dicas apalagi dahulu, sehingga daya listrik didalamnya mampu Kembali maksimal.

Salah satu kekurangan aki dicas ialah bisa memperpendek usia penggunaan aki, jadi ujung-ujungnya tetap mesti diganti. Namun setidaknya, kamu mampu merencanakan dana apalagi dahulu dengan mengumpulkan duit untuk membeli perangkat aki yang baru, sembari mengikuti cara cas aki kering.

Dalam cara cas aki kendaraan beroda empat sebelumnya kita membahas proses pengecasan aki kering dan aki basah, namun disini kita akan lebih fokus pada pengecasan aki kering. Alasannya yakni alasannya adalah yakni sebagian besar kendaraan memakai jenis aki ini. Ada beberapa perbedaan yang cukup siginifikan antara aki basah dan aki kering yang wajib kau tahu. Maka dari itu, sebelum membahas cara cas aki kering, kamu wajib tahu perbedaaan kedua jenis aki yang beredar di pasaran.

Baca Juga:   Cara Transfer Antar Bank Semoga Tidak Kena Biaya Transfer

1. Aki kering

Cairan pada aki kering memiliki struktur padat, dengan bentuk menyerupai gel. Dari sisi harga, aki kering bisa lebih di unggulkan karena harganya jauh lebih murah ketimbang aki lembap. Hanya saja untuk aki kering sendiri membutuhkan perwatan khusus agar pemakaiannya lebih baka sesuai dengan usia pakai yang sudah diputuskan oleh pabrik.

2. Aki Basah

Berbeda dengan struktu aki kering yang padat, struktur aki berair bisa dikatakan lebih encer. Jika dari sisi harga, aki lembap jauh lebih mahal dibandingkan aki kering. Namun keuntungannya yaitu tidak membutuhkan perwaratan khusus alasannya sifatnya bebas perawatan (Manintenance Free).

Cara Cas Aki Kering

Cara Cas Aki Kering 1 200x112 - Cara Cas Aki Kering
Panduan Cas Aki Kering Mudah

Panduan Mengecas Aki Kering

Mengingat aki kering memerlukan perawatan yang lebih jikalau dibandingkan aki lembap. Oleh alasannya adalah itu, di sini kita akan mencoba tutorial cara cas aki kering pada kendaraanmu. Dengan begitu, daya listrik pada aki menjadi maksimal Kembali. Kamu pun bisa bermanuver Kembali dengan kendaraan kesayanganmu. Berikut panduannya :

1. Pastikan Sumber Listrik Mempunyai Daya yang Stabil

Cara cas aki kering yang pertama, Kamu harus perhatikan dahulu sumber listrik di rumahmu stabil terlebih dahulu, sebab dikhawatirkan terjadi kegagalan ketika pengecasan aki kering akhir ajaran listrik yang tidak stabil. Biasanya urusan listrik di rumah yaitu adanya pemadaman listrik bergilir sehingga menimbulkan pengecekkan aki kering tidak akhir. Memang pemadaman listrik bergilir sungguh kecil kemungkinan terjadi, tetapi teap saja kamu mesti mewaspadainya.

Berbeda dengan daya listrik di bengkel yang dinilai stabil, alasannya ada generator yang mampu memasksimalkan kerja listrik meskipun terjadi pemadaman listrik bergilir. Oleh sebab itu, kalau pengecekkan aki kering akan dijalankan dirumah, maka kamu perlu tahu jadwal pemadaman listrik di wilayahmu.

Tujuan utama listrik harus stabil adalah biar pengecasan aki kering pada kendaraanmu bisa berjalan dengan tanpa hambatan. Kamu pun tidak butuhlagi mengulangi pengecasan dari awal. Sebab ada beberapa produk aki kering yang mengharuskanmu melakukan pengecasan Kembali dari awal hingga selesai tanpa ada hambatan kelistrikan sama sekali.

Baca Juga:   Cara Membuat Zip Di Windows 10 Tanpa Software Pelengkap

2. Persiapkan Perangkat Cas Untuk Aki Kering

Sebenarnya untuk cas aki kering masih mampu dijalankan tanpa harus mengeluarkan aki dari kendaraan. Namun kalau seandainya perlu dikeluarkan dengan argumentasi jauh dari sumber listrik, maka bisa juga dilakukan karena aki yaitu unsur yang bisa di bongkar pasang. Namun yang perlu kamu amati adalah sebaiknya pilih lokasi yang kondusif dengan kondisi lantai kering dan pastinya jauh dari jangkauan anak-anak.

Beberapa produsen aki memberitahukan kepada pemakai aki bahwa produk yang ditawarkannya ialah produk anti air. Ya memang tidak salah alasannya aki harus tahan terhadap air, namun untuk jaga-jaga saja lebih baik melaksanakan cas aki kering ditempat yang kondusif dan nyaman.

Sekedar info saja, bahwa pengecasan untuk aki 4,2 ampere dengan charger sebesar 2 ampere mampu memerlukan waktu yang cukup lama antara 6 sampai 7 jam waktu pengecasan, hingga daya listrik kembali sarat . Oleh alasannya itu, jikalau ingin proses pengecasan tanpa kendala atau gangguan Kamu mesti memastikan kawasan yang dekat dengan ketersediaan listrik.

3. Cara Menyambung Kabel Cas

Cara cas aki kering berikutnya yaitu memutuskan cara penyambungan kabel cas. Untuk menyambungkan kabel cas ke aki dilarang terbalik, kamu wajib menghubungkannya sesuai terminalnya. Adapun rinciannya yaitu jika kabel merah dipakai unuk terminal plus sedangan kabel hitam digunakan untuk terminal minus.

Bagi kamu yang gres pertama kali mencoba cas aki kering tanpa tahu letak posisi terminal plus atau minus. Sebaiknya jangan cemas terbalik alasannya adalah biasanya di bagian yang tak jauh dari terminal ada logo plus dan logo minus.

Makara mampu mempermudahmu melakukan pemasangan kabel cas dengan benar tanpa terbalik. Adapun kerugian jika melaksanakan pemasangan kabel terbalik yaitu bisa menyebabkan korsleting atau arus pendek.

4. Lakukan Pengecasan Sesuai Dayanya

Cara cas aki kering berikutnya yaitu lakukan pengecasan sesuai dayanya. Setiap kapasitas aki, tentu saja harus di isi menyesuaikan daya yang telah diputuskan. Seperti yang telah dijelaskan di permulaan, bahwa untuk cas aki 4,2 ampere, maka kau hanya perlu mengisi daya aki tersebut maksimal 2 ampere saja. Gunanya patuh pada ketentuan tersebut yakni biar aki bisa lebih abadi dan tidak cepat rusak.

Baca Juga:   Cara Dongkrak Mobil

5. Segera Cabut Kabel Cas Jika Pengisian Aki Sudah Selesai

Sebagai orang awam, biasanya untuk mengecak aki apakah sudah sarat atau tidak yakni dengan memegang bab samping aki. Jika terasa hangat., maka kemungkinan besar aki yang kau cas telah terisi penuh. Namun jikalau tidak terasa hangat jangan dulu di cabut, kau tunggu beberapa ketika lagi. Patokannya adalah optimal 7 jam pengisian.

Ada tutorial cara cas aki kering dengan benar yang dapat mengawasi eksklusif berapa jumlah daya aki yang sudah terisi, ialah menggunakan charger aki khusus yang telah dilengkapi dengan lampu indikator.

Setelah penuh, secepatnya cabut dan cobalah untuk menyelidiki ketegangannya apakah telah di atas 12,5 volt atau masih lemah dibawah 12,5 volt.

Oke, itulah 5 tahapan penting yang mesti diamati dalam cara cas aki kering untuk kendaraanmu. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut tanpa ada yang terlewat. Semoga berguna!

 


Bagikan:
close