counter create hit

Cara Cat Tembok Yang Benar

Bagikan:

Memiliki rumah idaman dengan desain eksterior dan interior yang anggun tentu menjadi idaman bagi siapapun yang membutuhkan kenyemanan. Kenyamanan tersebut mampu didapatkan selain dengan rancangan yang sangat baik, juga di tambah dengan warna cat rumah yang serasi. Mengingat pewarnaan cat juga penting, Kamu tentu mesti tahu bagaimana cara cat tembok yang benar.

Hal ini juga berlaku bagi Kamu yang ingin menyulap rumah lamamu menjadi terlihat seperti residensial bru. Namun dengan kekurangan dana yang dimiliki, pastinya tak cukup untuk merubah desain rumah atau melaksanakan dekorasi rumah. Sebagai alternatif supaya Kamu tetap mendapatkan nuansa rumah yang baru, maka Kamu mampu melaksanakan cat ulang pada tembok rumah secara keseluruhan atau sebagian ruangan.

Umumnya kalau seseorang ingin mengganti warna cat rumah paling cepat adalah setiap 1 tahun sekali, dan paling lama bisa 3 tahun sekali. Hal ini dikarenakan, lama kelamaan tentu saja warna cat akan tampak kusam, terlebih warna yang diberikan sebelumnya merupakan warna putih.

Cat tembok rumah bahwasanya tidak perlu mesti mengandalkan tukang untuk melakukannya. Karena Kamu sebagai pemilik rumah sekalipun, mampu melaksanakan pengecatan dengan mengikuti langkah-langkah yang akan diterangkan pada artikel kali ini.

Kelebihan melakukan pengecatan sendiri yaitu selain menghemat ongkos tukang, Kamu pastinya bisa lebih leluasa berkreasi memilih cat yang bagus dan warna yang tepat tergantung selera.

Cara Cat Tembok yang Benar

Cara Cat Tembok Yang Benar - Cara Cat Tembok Yang Benar
Tutorial Cara Mengecat Tembok yang Benar

Panduan Mengecat Tembok yang Benar

Bagi kamu yang berencana ingin mengganti warna cat tembok rumah dengan warna lain atau hanya sekedar menambalnya dengan warna yang sama pada bab yang kusam. Ada beberapa langkah cara cat tembok yang benar yang mampu dipraktekkan berikut ini :

Baca Juga:   √ 4 Cara Memindahkan Data HP ke Laptop (Video, Foto, File)

1. Persiapan Alat dan Bahan

Yang paling pertama yang harus kamu rencanakan pastinya peralatan untuk mengecat tembok rumah. Apalagi kalau kamu gres pertama kali ingin mengecat tembok rumah mempunyai arti harus mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Adapun perlengkapan cat yang dimaksud diantaranya kuas, roller, bak cat, masking tape, lakban, koran, amplas, dempul dan tangga untuk meraih tembok bagian atas. Catat perlengkapan yang disebutkan ini, lalu datanglah ke toko material untuk berbelanja satu per satu alat tersebut sampai seluruhnya siap dipergunakan.

Untuk bahan, kau harus mempersiapkan cat dengan warna yang sebelumnya sudah kamu pastikan beserta tinner selaku cairan untuk membuat cat menjadi lebih abadi. Karena kamu ingin mengecat seluruh rumah, lebih baik beli cat dalam jumlah yang banyak.

2. Bersihkan Seluruh Tembok Sebelum Dicat

Setelah mempersiapkan alat dan materi yang dibutuhkan, cara cat tembok yang benar selanjutnya menyiapkan bidang yang hendak di cat terlebih dahulu. Sebab tembok yang telah usang pastinya memiliki banyak debu yang menempel.

Cara membersihkan dari bubuk maupun kotoran bisa memakai sikat atau bisa juga dengan lap lembap. Jika kamu mendapatkan noda yang sulit dibersihkan, lebih baik membersihkannya dengan memakai detergen. Kemudian gosokkan bab permukaan yang sulit dibersihkan tersebut, lalu diamkan sampai tembok mengering.

Mungkin kau akan mendapatkan cat yang sudah terkelupas dari tembok. Cara membersihkannya yakni bersihkan cat yang mengelupas tersebut seluas bidangnya. Tujuannya yakni semoga cat gres bisa bertahan lama dan tidak mengelupas pada permukaan sebelumnya.

3. Cek Keseluruhan Tembok

Cek apalagi dulu keseluruhan tembok yang akan kamu cat, jikalau ternyata ada bab tembok yang kelihatan lembab, maka kamu mesti memperbaikinya terlebih dahulu. Kamu bisa memperbaikinya dengan memakai adonan semen dan pasir. Selain itu Kamu mampu menupu bagian retakan-retaka pada tembok menggunakan gabungan yang serupa.

Bahaya tembok lembab yakni akan menjadi sumber titik rembes saat cat mulai di pasang pada temok sehingga jadinya tidak akan bertahan lama.

4. Pilih Tembok yang Akan Dicat

Jika kamu berencana ingin mengecat seluruh tembok rumah, maka kau cukup menutup bagian-bab selain tembok dengan benda lain mirip koran atau plastik biar bisa terhindar dari cipratan cat. Namun jikalau kau cuma melaksanakan pengecatan sebagian, maka tutuplah batas antara tembok yang akan di cat dengan tembok yang tidak akan dikerjakan pengecatan ulang.

Baca Juga:   Cara Bongkar Mesin Cuci

Selain itu barang-barang yang berada di akrab tembok, lebih baik dipindahkan dahulu pada daerah yang kondusif. Tujuannya agar terhindar dari cipratan cat yang akan menyusahkanmu ketika membersihkan bagian tertentu yang terkena cipratan.

5. Aduk Cat Sebelum Digunakan

Cara cat tembok yang benar selanjutnya ialah aduk cat sebelum digunakan. Pengadukan cat sebelum dipakai bermaksud untuk menerima hasil yang optimal ketika digunakan alasannya gumpalan-gumpalan akan hancur dan cat menjadi merata. Adapun durasi waktu pengadukan berkisar 2 sampai 5 menit saja.

Perlu dikenang, semoga cat mempunyai kualitas yang bagus maka pada saat pengadukan semestinya jangan hingga diaduk memakai air. Sedikit kiat bagi kamu kalau ingin mengecat tembok bagian luar, lebih baik menggunakan produk cat anti bocor biar mampu terlindung dari rermbesan air akhir hujan. Cat anti bocor pun akan meminimalkan kelembaban pad temok.

6. Cat Warna Dasar Terlebih Dahulu

Bagi kau yang ingin mengecat tembok dengan warna dasar putih, seharusnya di amplas apalagi dahulu supaya hasilnya maksimal, alasannya dengan pengamplasan warna sebelumnya akan hilang sehingga warna putih yang gres mampu melekat kuat.

Walupun begitu, bila kau ingin memberi warna tembok dengan warna selain putih.Sebaiknya berilah warna putih terlebih dulu sebagai warna dasar biar cat dengan warna lainnya mampu terlihat lebih terang dan tidak kelihatan kusam.

Sebenarnya tidak menggunakan amplas pun tidak apa-apa, cuma saja warna dasar yang diberikan kalau tidak menggunakan amplas pada permukaan temboknya menghasilkan permukaan yang tidak rata. Jadi sarannya, mesti memakai amplas terlebih dulu.

7. Memakai Kuas dan Roller

Kuas digunakan untuk mengecat bab-bagian yang tidak mungkin terjangkau oleh roller seperti sudut rumah, baik sudut bagian bawah maupun bab atas. Sedangkan fungsinya roller yakni untuk mengecat permukaan tembok pada bagian yang luasnya. Gunakanlah teknik pengecatan yang baik semoga balasannya bisa maksimal.

8. Teknik Pengecatan yang Baik

Cara cat tembok yang benar sangat penting memperhatikan Teknik pengecatannya. Karena teknik pengecatan mampu menciptakan cat pada tembok terlihat sempurna. Agar akhirnya maksimal, maka kamu perlu mengecat tembok sampai 2 kali pelapisan dengan posisi pengecatan yang berbeda.

Baca Juga:   Cara Buat Akun Grab

Apabila pada lapisan pertama kamu mengecatnya secara horizontal, maka untuk lapisan kedua kau mesti mengecatnya secara vertikal. Tujuannya akan menghasilkan warna yang merata di setiap permukaan tembok yang kamu cat.

9. Bersihkan Peralatan

Waktu pembuatan mampu sebentar atau bisa memerlukan waktu hingga 1 atau 3 hari tergantung dari luasnya bidang yang kau cat. Permasalahannya yakni jika waktu yang kamu perlukan sungguh usang maka noda pada perlengkapan akan lebih sulit dibersihkan, ketimbang pengerjaan dalam waktu yang singkat.

Cara membersihkannya mampu dengan menggunakan tinner dan juga deterjen. Ini dikerjakan supaya peralatan kau tidak mengeras dan bisa digunakan di kemudian hari kalau akan melaksanakan mpengecatan kembali.

Itulah cara cat tembok yang benar yang perlu kau ketahui biar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga berfaedah dan selamat menjajal ya!

 

 


Bagikan:
close