counter create hit

Cara Cat Ulang Tembok

Bagikan:

Tampilan cat rumahmu sudah kusam dan Nampak kotor? Atau rumah terlihat monoton? Tenang saja, Kamu mampu kok mempercantik rumahmu Kembali dengan biaya yang terjangkau. Makara, Kamu tak perlu repot-repot renovasi sana sini dengan budget yang tidak sedikit. Salah satu solusi yang ideal yaitu dengan cara cat ulang tembok rumah.

Ya, mengecat ulang tembok rumah memang dapat mempercantik tampilan rumahmu. Sehingga rumah tak lagi tampakkusam ataupun monoton. Selain itu, akan lebih maksimal lagi jikalau Kamu pun menata ulang penempatan furniture supaya terkesan lebih fresh. Sehingga tampilan rumahmu terlihat mirip gres, padahal yang Kamu mainkan disini adalah Teknik pengecatan.

Memiliki rumah dengan warna tembok yang Kamu senangi dan lebih cerah dari sebelumnya, pastinya tak cuma lezat dilihat saja tetapi membuatmu juga lebih betah tinggal berlama-usang di dalam rumah. Selain itu, melaksanakan cat ulang rumah juga dianjurkan paling tidak 3 atau 5 tahun sekali.

Cara Cat Ulang Tembok

Cara Cat Ulang Tembok 200x112 - Cara Cat Ulang Tembok
Tutorial Cara Cat Ulang Tembok Rumah

Cat Ulang Tembok Sendiri di Rumah

Sebenarnya bila dibandingkan cara cat tembok rumah yang benar pertama kali, cara cat ulang tembok pastinya akan lebih sukar jika melakukan pengecatan ulang. Sebab untuk mengecat ulang memerlukan antisipasi yang masak dan mesti menyesuaikan keadaan tembok sebelumnya yang sudah dicat. Berikut beberapa langkah-langkahnya :

STEP 1 : Persiapan Tembok yang Akan Dicat

Persiapan tembok mencakup pembersihan areal tembok usang yang hendak dicat biar pengecatan bisa lebih maksimal. Jika tahapan pertama ini tidak dikerjakan maka kemungkinan akibatnya kurang baik dan tidak tahan usang. Beberapa persiapan yang perlu kau lakukan sebelum melakukan cara cat ulang tembok diantaranya :

Baca Juga:   Cara Arsip Video Reels Instagram Di Hp Android 100% Work

1.  Hilangkan Banyak Noda dan Kotoran di Tembok

Kondisi rumah yang sudah usang, umumnya akan ditemukan banyak kotoran dan noda. Noda-noda tersebut mampu berupa abu yang menempel atau mampu juga balasan pelapukan tembok yang menimbulkan tembok meajadi kotor.

Sebelum dijalankan pengecatan, maka terlebih dahulu bersihkan noda dan kotoran tersebut. Dengan begitu, Ketika pengecatan terjadi, tidak mengakibatkan warna yang kontras dan aneh jikalau dipaksakan harus mengecat tembok dalam keadaan kotor.

Untuk membersihkan noda pada tembok, kamu mampu memakai alat pembersih bubuk, atau kalau tidak ada bisa memakai sapu dan sikat. Untuk noda membandel, semestinya bersihkan menggunakan deterjen khusus biar noda bisa secepatnya hilang. Setelah itu, tunggulah sampai tembok tersebut mengering untuk segera dilakukan pengecatan ulang.

2. Tambal Retakan Pada Dinding

Sebelum melaksanakan cara cat ulang tembok, Kamu juga mesti mengamati retakan pada dinding. Retakan pada dinding bisa ditimbulkan dari beberapa aspek, salah satunya akhir penggunaan semen yang kurang atau tidak kuat. Sehingga mudah mengakibatkan retakan atau terjadi petaka yang menyebabkan tembok rumah milikmu rusak.

Bagi kamu yang mempunyai tembok mirip ini, sebelum pengecatan ulang lebih baik retakan tersebut di dempul terlebih dahulu dengan dempul tembok. Baru lalu ditambal memakai semen agar pengecatan mampu merata.

Jika kamu memperoleh retakan yang cukup besar, maka lakukan proses dempul berkali-kali hingga bisa dipastikan taka da lagi retakan pada daerah yang serupa dikemudian hari.

3. Cat Bagian yang Terkelupas

Persiapan cara cat ulang tembok selanjutnya ialah membersihkan cat yang telah terkelupas yang diakibatkan oleh jamur. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu membuang cat yang sudah terkelupas tersebut dari tembok.

Kelemahan kalau kau langsung mengecat pada bagian cat yang terkelupas tanpa dibersihkan terlebih dahulu ialah cat baru lama kelamaan akan ikut terkelupas juga. Sebab cat yang menempel langsung pada tembok ialah cat yang lama, sementara cat gres cuma melekat atau menumpangi cat lama.

4. Pindahkan Perabotan Rumah

Persiapan berikutnya yakni pindahkan furniture atau perabotan rumah yang menempel pada dinding yang akan Kamu cat. Tujuannya supaya perabotan tersebut tidak terkena cipratan cat. Kamu mampu menggesernya terlebih dulu agar menjauh dari tembok. Tapi tentukan untuk tetap menutup perabotanmu semoga aman dari cipratan cat.

Baca Juga:   Acer Predator Galea 500, Headset Dengan 3D Soundscape

Tak cuma piranti rumah, Kamu juga mesti mengamankan soket listrik, jendela, lantai rumah, kusen, pintu hingga kaca dari cipratan cat. Sebagai solusinya tutup semuanya memakai plastik atau koran bekas untuk menutupi bab tersebut dengan merata.

STEP 2 : Persiapan Alat dan Bahan Cat

Jika Kamu sudah melaksanakan persiapan cara cat ulang tembok rumah di atas, maka langkah berikutnya mempersiapkan alat dan bahan cat. Ada beberapa alat maupun materi yang mesti disediakan diantaranya yakni kuas, roller, tangga, cat warna dasar dan cat utama. Kamu juga mampu merencanakan perlengkapan yang lain bila diperlukan.

STEP 3 : Mulai Proses Pengecatan

Tahapan permulaan pengecatan untuk tembok rumah ulang yakni lakukan pengecatan warna dasar apalagi dulu. Dengan begitu, Ketika pengecatan menggunakan cat utama mampu merata sehingga warna yang ditimbulkan menjadi lebih cerah.

Kelemahan jikalau tidak menggunakan warna dasar yakni warna cat utama yang dihasilkan tampakkusam dan tidak rata.

Apabila warna cat sebelumnya yaitu warna putih dan kau berniat akan mengecat ulang dengan warna yang serupa, maka Kamu tidak butuhwarna dasar. Sebab warna rumahmu memang berwarna putih.

STEP 4 : Cat Memakai Warna Lain

Cara cat ulang tembok rumah lainnya adalah, jika bermaksud ingin mengganti tampilan rumah menggunakan  warna cat yang berbeda dari warna dasar, maka tahapan yang ketiga wajib kau kerjakan. Oleh alasannya itu, seharusnya pastikan dulu warna dasarnya menempel dengan baik pada tembok, biar warna lain menjadi terlihat terperinci.

STEP 5 : Teknik Pengecatan

Kamu juga mesti tetap mengamati Teknik pengecatan yang bagus, alasannya mampu besar lengan berkuasa terhadap alhasil. Baik pengecatan pada warna dasar maupun warna utama, keduanya memerlukan Teknik pengecatan yang sempurna.

Langkah-langkah pengecatan tembok yang bagus adalah dengan mengecat tembok secara horizontal apalagi dulu pada bidang yang mau kamu cat. Apabila telah akhir semua, teruskan proses dengan melakukan pengecatan secara vertikal. Pada permukaan tembok yang luas bisa menggunakan roller, sedangkan jika pada bab-bagian tertentu yang sulit dijalankan bisa memakai kuas.

Baca Juga:   Cara Apply Kartu Kredit Bca

Itulah beberapa langkah yang wajib kau lakukan agar pengecatan ulang pada tembok bisa menciptakan warna yang jelas serta lebih merata. Yang perlu kamu kerjakan yaitu sebaiknya jangan melaksanakan pengecatan tergesa-gesa, kerjakan secara perlahan dan hati-hati semoga jadinya sempurna.

Kesalahan Dalam Mengecat Tembok

Ada beberapa hal yang wajib kamu amati supaya kesalahan ini mampu kamu hindari jikalau hendak mengecat tembok, diantaranya :

1. Jangan Campurkan Cat Dengan Air

Pada praktiknya, senantiasa saja ada orang yang mencampurkan cat dengan air supaya catnya tidak mudah boros dan tidak terlampau kental. Padahal justru dengan mencampurkan cat dan air mampu menjadikan warna menjadi pudar dan ketahanan cat pada tembok akan menyusut.

Catlah tembok dengan memakai cat apa adanya tanpa diaduk dengan air biar hasil yang ditemukan menjadi maksimal.

2. Boros Memakai Cat

Idealnya untuk takaran cat yakni jangan terlalu kental dan jangan terlalu tipis ketika pengaplikasiannya. Jika terlalu kental ketika mencelupkan kedalam kaleng cat maka besar kemungkinan cat akan berceceran dan kalau terlalu tipis maka yang kuat yaitu pada kualitas pengecatan yang dihasilkan.

Oke, dengan mengamati 5 step cara cat ulang tembok rumah di atas dan menghindari terjadinya kesalahan penggunaan cat, pastinya membuat tamppilan rumahmu lebih fresh dan tenteram.

 

 


Bagikan:
close