counter create hit

Cara Cek Garansi Hp Xiaomi

Bagikan:

Cara cek garansi hp Xiaomi sangat penting untuk mengetahui keaslian hp Xiaomi yang akan Kamu beli. Meskipun menganalisa spesifikasi dan keadaan fisik hp juga penting, Kamu juga harus memperhatikan keaslian garansi. Tujuannya supaya Kamu lebih gampang mengklaim garansi saat ada kerusakan atau persoalan yang terjadi pada hpmu.

Jika Kamu membeli hp Xiaomi di konter dan bukan di Official resminya, hal yang harus dilaksanakan pertama kali adalah mengecek garansi hp Xiaomi terlebih dahulu. Sebab kenyataannya tak semua hp Xiaomi yang dijajakan di tanah air sudah bergaransi. Namun sebelumnya, cari tahu dahulu wacana jenis-jenis garansi hp yang berlaku di tanah air!

Jenis-Jenis Garansi Hp dan Perbedaannya

Kenapa sih penting sekali memeriksa garansi hp? Ya, dengan mengecek garansi hp yang mau dibeli, Kamu bisa mengetahui apakah hp tersebut ori/legal ataukah BM (black market). Pengertian dari hp BM itu sendiri yaitu hp tersebut masuk ke tanah air lewat pasar gelap, dengan kata lain nomor IMEI-nya tidak jelas.

Tapi sayangnya, Hp BM tersebut persis sama dengan produk hp resmi dan susah dibedakan, terlebih jikalau pedagang hp telah mengemasnya sedemikian rupa menggunakan kotak atau dus hp baru yang telah dilapisi oleh plastik.

Untungnya ada alternatif cara yang mampu Kamu terapkan untuk membedakan antara hp legal/ori dengan BM yang cuma mempunyai garansi toko. Ini dia ulasannya :

1. Garansi Distributor Independen

Kamu harus hati-hati apabila ada toko hp yang hanya menawari klaim dengan garansi ini. Biasanya garansi agen independent hanya nalar-akalan pedagang yang memperdaya pembeli awam yang tak terlalu mempedulikan perihal produk hp. Perlu Kamu pahami bahwa garansi biro independent ini selaku bentuk penyamaran jika perangkat yang dijual tersebut ialah produk BM.

Baca Juga:   Cara Cek Paket Indosat

2. Garansi Personal

Untuk kasus ini, Kamu mesti lebih teliti lagi selaku calon pembeli. Karena ada 2 kemungkinan produk gadget ini dijual. Pertama, mungkin saja hp tersebut bergaransi resmi tetapi kala garansinya sudah habis. Kemungkinan kedua, ini yakni hp BM dengan garansi personal. Jadi kalau hp tersebut rusak menurut waktu tertentu, maka seller yang bertanggung jawab terhadap kerusakan hp tersebut.

3. Garansi Resmi

Apabila toko hp menyampaikan hp tersebut telah dibekali garansi resmi, ini artinya smartphone yang Kamu beli telah resmi. Kaprikornus, bisa dibilang hp tersebut yaitu legal. Terlebih jika Kamu menjumpai ada lambing dari PT BPTM (Bangun Persada Tata Makmur) dan PT TAM (Taletama Artha Mandiri) pada kemasannya. Hal ini dikarenakan kedua biro ini sudah resmi menjual produk ponsel pintar di Indonesia.

Oke, selanjutnya untuk mengevaluasi garansi resmi hp yang mau dibeli, Kamu bisa mengikuti tutorial di bawah!

Cara Cek Garansi di Hp Xiaomi

Cara Cek Garansi Hp Xiaomi - Cara Cek Garansi Hp Xiaomi
Panduan Cek Garansi Hp Xiaomi

Panduan Cek Garansi Resmi di Hp Xiaomi

Untuk memastikan keaslian dan legalitas hp Xiaomi yang mau Kamu beli, Kamu perlu tahu cara cek garansi di hp Xiaomi. Sebenarnya tak jauh berbeda dari cara cek garansi hp Samsung, tetapi Kamu mampu coba ikuti langkah-langkahnya berikut :

Metode 1 : Cek Garansi Hp Xiaomi di Dus Kemasan Hp

Pada dusbox hp xiaomi, kau pastinya tidak cuma menyaksikan berita spek dan tipe hp Xiaomi yang akan kau beli. Melainkan akan ada stiker TAM jikalau memang hp tersebut bergaransi resmi. Namun sebaliknya, jikalau berbelanja hp xiaomi gres namun tidak ada stiker TAM, bisa dipastikan bahwa hp tersebut yakni hp BM.

Ini sesuai klarifikasi di atas, dimana TAM yakni agen resmi penjualan hp Xiaomi yang ada di Indonesia. Oleh alasannya itu, tentukan dengan benar apakah pada dusnya terdapat stiker TAM atau tidak. Selain TAM, tentukan pula ada stiker PT SAT Nusapersada tbk sebagai perusahaan resmi yang merakit produk Xiaomi di Indonesia.

Makara kesimpulannya, apabila kau memperoleh made in china dan bukan tulisan PT SAT Nusapersada tbk, maka garansinya hanya garansi distributor lokal saja.

Baca Juga:   Cara Membuat Foto Menjadi Video Tanpa Derma Aplikasi

Jika Kamu berbelanja hp baru mungkin sungguh gampang menjajal cara cek garansi hp Xiaomi ini, apakah resmi ataukah BM. Tapi sayangnya, kalau Kamu beli hp Xiaomi bekas akan sukar mengeceknya, terlebih jika dusnya telah tidak ada.

Metode 2 : Cek Garansi Hp Xiaomi Dengan Melihat Chargernya

Cara cek garansi hp Xiaomi selanjutnya ialah dengan mengecek chargernya. Ciri dari charger asli yang membuktikan bahwa hp tersebut bergaransi resmi adalah charger hp nya mempunyai dudukan patokan dua kaki. Biasanya eksklusif di colokkan ke listrik, serta tidak memerlukan adapter khusus.

Adapun bila kamu mendapatkan hp xiaomi dengan bentuk pipih dan mempunyai tiga kaki serta membutuhkan adapter pemanis, mampu dipastikan jikalau hp tersebut berasal dari china dengan garansi biro toko.

Sudah terperinci perbedaannya bukan? Akan tetapi, untuk hp second pedagang bisa saja menukar chargernya seakan-akan hp xiaomi tersebut yakni asli.

Metode 3 : Cek Garansi Hp Xiaomi Dengan IMEI

IMEI merupakan salah satu identitas yang diberikan pada setiap smarthphone yang beredar, apapun jenis dan mereknya. Termasuk hp xiaomi, akan dibekali dengan nomor IMEI. Nah, jika hp mempunyai garansi resmi, otomatis IMEI-nya telah masuk ke dalam sistem database Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Indonesia (Kemenperin).

Untuk mendapatkan nomor IMEI bisa dijalankan beberapa cara, namun yang paling mudah kau lakukan ialah dengan melakukan panggilan melalui kode dial. Adapun langkah-langkahnya mampu kamu ikuti dibawah ini :

  • Buka hp xiaomi yang hendak kamu beli.
  • Masuk ke sajian panggilan kemudian ketikkan aba-aba dial *#06#, setelah itu klik OK atau panggil.
  • Sesaat kemudian nomor IMEI hp akan muncul pada layar. Kamu catat nomor IMEI tersebut kemudian cek melalui situs-situs resmi pengecekan IMEI.

Pengecekkan nomor IMEI secara online mampu dijalankan pada 2 situs sekaligus. Tujuannya untuk meyakinkan kau supaya tidak terjebak dengan iming-iming pedagang yang menyatakan bahwa hp xiaomi yang dimaksudkan bergaransi resmi. Adapun langkahnya mampu diterangkan berikut ini :

1. Melalui Laman Resmi Kemenperin

Karena nomor IMEI akan senantiasa tersimpan di database Kemenperin, maka jika kau memasukkan nomor IMEI, kemudian ternyata nomor tersebut muncul. Dapat dipastikan bila hp yang hendak kau beli resmi bergaransi. Namun sebaliknya, jika nomor IMEI-nya ternyata tidak timbul di web Kemenperin, ini artinya hp tersebut adalah produk BM.

Baca Juga:   Cara Transfer LinkAja Ke Gopay dan Biaya Admin

Adapun situsnya ialah www.imei.kemenperin.go.id. Silahkan buka situs webnya, kemudian masukkan nomor IMEI yag sudah kamu dapatkan sebelumnya untuk diinputkan ke kolom pencarian. Setelah itu, akan timbul isu terkait nomor IMEI yang kau masukkan tersebut.

2. Melalui Web Resmi Xiaomi

Agar kamu lebih yakin lagi dengan hp Xiaomi tersebut, kamu pun bisa memasukkan nomor IMEI eksklusif di laman resmi xiaomi.  Dengan begitu, Kamu mampu menganalisa apakah produk tersebut bergaransi resmi atau tidak.

Untuk situsnya kau bisa masukkan pada browser dengan alamat www.buy.mi.com/id/registration. Kemudian masukkan nomor IMEI hp dan ikuti beberapa isyarat didalamnya, sampai muncul isu hp menurut nomor IMEI yang kau masukkan.

Sederhananya, kalau yang timbul goresan pena berbahasa China, maka hp kamu tidak bergaransi resmi. Sementara, jikalau yang timbul tulisan berbahasa Indonesia maka hp tersebut merupakan hp bergaransi resmi.

Oke, itulah beberapa cara cek garansi hp Xiaomi lengkap yang bisa Kamu lakukan untuk memutuskan keaslian dan legalitas hp yang mau dibeli!

 


Bagikan:
close