counter create hit

Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online dan Lewat HP

Bagikan:

Setelah sukses daftar BPJS lalu saya ingin tau mencari tahu bagaimana cara cek iuran tagihan BPJS kesehatan secara online karena ingin tahu berapa jumlah tagihan yang mesti dibayar, disamping itu ingin mengecek juga status penerima apakah telah aktif atau belum.

Ternyata untuk memeriksa tagihan BPJS kesehatan mandiri bukan pekerja sangat gampang dan dapat dikerjakan secara online lewat web site resmi BPJS atau melalui HP Android dengan menginstall dulu aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang mampu langsung di download dari Google Play Store.

Tidak hanya jumlah tagihan namun pengecekan online maupun lewat HP ini juga bisa dipakai untuk mengetahui apakah penerima BPJS aktif atau tidak, contohnya jikalau gres daftar dan belum mengeluarkan uang maka akan muncul informasi penangguhan pembayaran sedangkan kalau telah dibayar maka status akan berubah menjadi Aktif.

Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online

  1. Buka halaman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ yang ialah halaman resmi untuk menyaksikan informasi pembayaran iuran.
  2. Kemudian masukan 13 digit nomor kartu BPJS kesehatan yang hendak dicek.
  3. Masukan juga tanggal lahir peserta dengan benar.
  4. Masukan angka validasi sesuai dengan yang terlihat pada layar pc kemudian klik tombol Cek.cek iuran bpjs online - Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online dan Lewat HP
  5. Jika nomor yang dimasukan benar maka akan muncul berita berupa nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran terakhir. nominal pembayaran dan saldo.cek tagihan bpjs kesehatan - Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online dan Lewat HP

Langkah diatas dapat juga dikerjakan untuk mengenali apakah pembayaran tagihan bpjs kesehatan sudah tercatat atau belum, alasannya kalau telah bayar maka akan muncul nominal pembayaran dan juga tanggalnya mirip tampakpada gambar diatas.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Lewat HP Android

Dari berita yang aku baca bergotong-royong kita mampu mengecek tagihan lewat sms namun berkali-kali mencoba tidak pernah menerima sms balasan, jadi salah satu alternatif lain bila ingin mengetahui berapa total tagihan iuran bpjs untuk satu keluarga yang tergabung dalam satu KK (kartu keluarga) lewat HP ialah dengan menginstall aplikasi resmi BPJS dan caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Install dulu aplikasi JKN KIS dari Google Play Store lalu silahkan lakukan registrasi menggunakan alamat email yang masih aktif.
  2. Setelah berhasil daftar lalu login dan buka aplikasinya, pilih hidangan Tagihan Kemudian pilih Premi.
  3. Nanti akan muncul jumlah tagihan dari semua penerima yang tergabung dan total yang harus dibayarkan seperti tampakpada gambar dibawah ini.cara cek tagihan bpjs di hp Android - Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online dan Lewat HP
Baca Juga:   Apakah Bayi Dalam Kandungan Harus Bayar Iuran BPJS?

Pada gambar diatas terlihat total tagihan nol rupiah sebab sehari sebelumnya aku memang sudah mengeluarkan uang lewat atm berdikari, sedangkan jikalau belum dibayar maka akan ada angkanya bukan nol.

Kalau Lupa No BPJS Bagaimana Cek Tagihannya Apakah Bisa Cek Pakai No KTP atau Kartu Keluarga?

Jika kau lupa nomor akseptor maka seharusnya eksklusif tanyakan via telp di nomor 1500400 atau bisa juga lewat akun Twitter resmi BPJS yakni @BPJSKesehatanRI, kau bisa DM atau mengantarpesan untuk menanyakan no BPJS dengan menyebutkan NIK KTP, Tanggal Lahir, atas nama dan nanti pihak BPJS akan mengecek data lalu memberitahukan nomor peserta BPJS yang lupa tersebut.

Selain bisa menanyakan no peserta pada akun Twitter tersebut kau juga bisa cek status kepesertaan apakah aktif atau tidak, cek pembayaran apakah sudah tercatat atau belum dan lainnya yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan.

Sedangkan bagi kau yang tidak mempunyai akun Twitter maka mampu menanyakan dengan mengirim pesan via Facebook atau bila tidak memiliki juga maka mau tak mauvia Telp. (no tlp dan akun Facebook bisa lihat dibawah)

Makara bila kau ingin mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP caranya tanyakan langsung ke pihak BPJS lewat akun resmi Twitter, Facebook atau telepon ke call center.

Itulah dua cara cek iuran tagihan BPJS kesehatan online maupun melalui HP Android, namun jika informasi diatas kurang terperinci seharusnya anda mampu eksklusif hubungi pihak BPJS melalui call center 1500400 (24 jam) atau via akun Twitter @BPJSKesehatanRI maupun lewat akun Facebook resminya dengan alamat https://web.facebook.com/BPJSKesehatanRI/


Bagikan:
close