counter create hit

Cara Cek Memori Hp Samsung

Bagikan:

Penasaran ingin tahu berapa sih memori hp Samsung yang Kamu miliki? Tapi, sayangnya belum tahu bagaimana cara mengeceknya? Jangan khawatir, disini kita akan diskusikan tuntas cara cek memori hp Samsung yang Kamu miliki. Tujuannya pengecekan memori ini adalah supaya Kamu mampu mengetahui seberapa besar kapasitas hpmu untuk memuat program-acara dan aplikasi di dalamnya.

Memori pada perangkat hp, kerap kali diketahui selaku RAM atau Random Access Memory, dengan pengertian selaku memori yang mampu diakses diperangkat dengan cara acak tergantung kebutuhan.

Kita ambil acuan, misalnya Kamu memainkan game berukuran 30 MB, tentu saja RAM yang dipakai di hp Samsungmu kapasitasnya lebih dari 30 MB. Dengan kata lain, kalau RAM pada hp Samsung mempunyai kapasitas 2GB. Lalu Kamu memakainya untuk menjalankan sosia media, aplikasi kamera, galeri dan program lainnya, sudah niscaya kapasitas RAM menjadi berkurang.

Dengan demikian, sebelum Kamu membuka berbagai macam aplikasi di hp seharusnya pikirkan matang-matang. Kamu hanya perlu membuka aplikasi tertentu yang dibutuhkan saja, semoga sisa RAM yang ada di hpmu masih tersedia.

Apa Bedanya Memori Internal Dengan RAM?

Jika memori internal berfungsi untuk menyimpan semua data yang sudah diinstal, seperti game, aplikasi, foto, dokumen, video maupun yang lainnya. Sesudah program seperti game atau aplikasi tersebut dilaksanakan, maka sejak ketika itulah RAM mulai dipakai. Adapun persamaan antara memori internal dengan RAM ialah keduanya tersimpan menempel di hp Samsung,  sehingga keduanya tidak dapat diganti.

Baca Juga:   Cara Membaca Chat Whatsapp Tanpa Ketahuan Di Read

Memori internal dengan RAM berlainan dengan memori eksternal, alasannya kapasitas penyimpanan memori eksternal dapat diganti sesuai keperluan.

Cara Cek Memori Hp Samsung

Cara Cek Memori Hp Samsung - Cara Cek Memori Hp Samsung
Tutorial Cara Cek Memori Hp Samsung

Tutorial Cara Cek RAM Hp Samsung

Setiap produk hp Samsung tentu saja mempunyai kapasitas RAM berbeda. Maka dari itu, Kamu mampu melaksanakan cara cek RAM Hp Samsung semoga mengetahui sisa kapasitas penyimpanannya. Berikut ini ulasannya :

1. Melalui Menu Pengaturan di OS Android 10 ke Atas

Bagi pengguna ponsel pintar Samsung di atas model OS Android 10, Kamu mampu mengeceknya melalui hidangan pengaturan hp berikut ini :

  • Kamu bisa mengakses sajian pengaturan atau ‘setting’ yang ada di perangkat Samsungmu. Silahkan scroll layar ke bawah dan Kamu akan memperoleh opsi ‘Perawatan Perangkat’.
  • Selanjutnya klik ‘Memori’, lalu Kamu akan menerima info mengenai kapasitas RAM di hp Samsungmu.

Biasanya, kapasitas memori untuk RAM di hp sendiri sekitar 8-12GB. Kamu tinggal klik ‘Hapus Sekarang’ di aplikasi yang sedang berjalan di background untuk mengosongkan memori semoga performa hp lebih singkat.

2. Melalui Menu Pengaturan di OS Android 9 ke Bawah

Tenang saja, bila OS androidmu masih versi android 9 atau di bawahnya, Kamu tinggal mengikuti panduan di bawah ini :

  • Silahkan buka Pengaturan pada perangkat hp Samsung Android untuk tipe OS android 9.0 ke bawah, scroll layar sampai Kamu melihat ada pilihan ‘Pemeliharaan Perangkat’.
  • Kemudian, tekan ‘Memori’ berikutnya akan ada gosip terkait kapasitas RAM di hp Samsungmu.

3. Memakai Aplikasi CPU-Z

Cara cek memori hp Samsung selanjutnya, Kamu mampu memakai aplikasi CPU-Z di Google Play Store. Aplikasi ini mempunyai kemampuan mampu memeriksa spesifikasi smarthone dengan lengkap dan rincian. Adapun cara menggunakan aplikasi CPU-Z untuk cek RAM Samsung yaitu sebagai berikut :

  • Silahkan unduh dan pasang aplikasi CPU-Z terlebih dulu di perangkat Samsung.
  • Setelah itu, Kamu tinggal membuka aplikasi dan pilih ‘device’.
  • Jika telah, Kamu akan ditampilkan info sisa RAM hp Samsung, kapasitas memori internal dan model hp Samsung.
Baca Juga:   Cara Transfer Bsi Ke Bank Neo Commerce Atau Neo+

Aplikasi CPU-Z juga mempunyai fungsi lain, mirip mengenali OS android yang dipakai, GPU, Chipset, CPU, dan yang lain. Selain aplikasi CPU-Z Kamu juga mampu memakai aplikasi AIDA64.

4. Cek RAM Hp Samsung Dengan Aplikasi AIDA64

Aplikasi AIDA64 ialah salah satu aplikasi terbaik yang dipakai untuk mengetahui spek hp Samsung lengkap. Berikut ini beberapa langkah cara cek memori hp Samsung memakai AIDA64 :

  • Jika belum punya aplikasinya, download dan pasang AIDA64 Apps di ponsel Samsung. Atau unduh di link berikut!
  • Selanjutnya, Kamu mampu membuka lalu pilih ‘System’.
  • Kemudian Kamu akan menerima berita lengkap terkait hp Samsungmu, mulai dari kapasitas RAM, memori internal sampai jenis RAM itu sendiri.

5. Cek Memori Hp Samsung di Website Resmi

Kamu juga bisa mencoba alternatif cara cek memori hp Samsung lainnya dengan memakai situs web. Cukup cari tahu infonya di alamat https://www.samsung.com/ dan inputkan tipe hp yang sedang Kamu pakai saat ini. Selanjutnya, Kamu akan mendapatkan isu ihwal spesifikasi dan kapasitas RAM hp Samsungmu.

Itulah cara cek memori hp Samsung yang Kamu pakai dengan mengaksesnya melalui 5 metode di atas. Jika Kamu ingin kinerja hpmu tetap maksimal, sebaiknya lakukan pengurangan RAM. Adapun cara menghemat RAM di hp Samsung, mampu Kamu coba melalui bimbingan berikut!

Cara Menghemat RAM Hp Samsung

Ada beberapa langkah cara mengurangi RAM hp Samsung yang mampu Kamu coba, diantaranya :

1. Hanya Menginstal Aplikasi Penting Saja

Jika Kamu mempunyai smartphone dengan kapasitas RAM kurang dari 1 GB, maka Kamu tak perlu lagi menginstall aplikasi yang terlampau banyak. Sebab jikalau Kamu menginstal terlampau banyak aplikasi, serta ada beberapa aplikasi yang dilakukan serentak, bisa ditentukan perangkatmu akan terasa lemot dan berat. Kaprikornus, hapus beberapa aplikasi yang kurang penting. Seperti menghapus beberapa aplikasi media sosial yang tidak digunakan, cukup pakai aplikasi WhatsApp saja.

2. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan di Belakang Layar

Salah satu faktor menyusutnya RAM di hp adalah ada banyak aplikasi berlangsung di diam-diam. Aplikasi tersebut lazimnya berupa FB Messenger,Facebook, Instagram, WhatsApp dan yang lain. Apabila banyak aplikasi yang berjalan di background, bisa dipastikan smartphonemu akan terasa lemot. Apalagi jikalau kapasitas RAM Kamu hanya 512 MB, telah pasti akan sungguh berat saat mengoperasikan hp.

Baca Juga:   Cara Secret Chat Telegram

3. Jangan Pakai Widget di Layar dan Live Wallpaper

Penggunaan widget dan live wallpaper mungkin mempesona saat dilihat di layar ponsel., Akan tetapi, selain bisa menciptakan hpmu lebih boros juga mampu mencampakkan kapasitas RAM hpmu dengan percuma. Oleh alasannya adalah itu, selaku antisipasi sebaiknya hapus pemakaian widget dan live wallpaper di hp Samsungmu.

4. Matikan Hp Android Dengan Berkala

Tak cuma insan yang butuh istirahat, perangkat hp android pun perlu beristirahat. Jadi, agar hpmu tidak panas, jalan masuk tanpa kendala dan RAM-nya tidak penuh, semestinya Kamu menonaktifkan hp androidmu beberapa lama supaya mampu beristirahat.

5. Siapkan Memori Bebas 30%

Supaya kinerja hp androidmu tetap tanpa gangguan dan normal, sebaiknya sediakan kapasitas RAM dengan sekurang-kurangnya30% semoga hp Samsungmu tidak gampang nge-Lag, dan lemot. Ini ialah penyelesaian paling ideal untuk menghalangi keperluan RAM di hp Samsung. Kamu juga mampu memakai Clean Master Apps untuk mengecek kebutuhan kapasitas RAM pada beberapa aplikasi yang Kamu kerjakan.

Itulah beberapa tutorial cara cek memori hp Samsung dan cara untuk meminimalisir kebutuhan RAM di hp yang dapat Kamu coba. Semoga berfaedah!

 


Bagikan:
close