counter create hit

Cara Cek Ojk

Bagikan:

Kemudahan dalam meminjam uang secara online, kini dapat kalian dapati di berbagai macam aplikasi yang tersedia di Play Store ataupun App Store. Akan tetapi, tahukah kamu jika semua hal tersebut perlu kesepakatan dari BI? Bank Indonesia Checking ini, ialah salah satu alasan kreditur mampu mendapatkan kesepakatan. Termasuk KPR. Berikut cara cek OJK.

Permohonan untuk ajukan tunjangan terkait kartu kredit, KPR (Kredit Pemilikan Rumah), dan KTA (Kredit Tanpa Agunan) semunya mesti lewat pengecekan oleh Bank Indonesia. Ini mutlak, kalau tidak ada campur tangan BI transaksi kalian sudah niscaya tidak kondusif. Tugas dari BI, adalah memperlihatkan riwayat IDI (Informasi Debitur Individual) perihal pembayaran kredit.

Data tersebut akan dihimpun dalam SID (Sistem Informasi Debitur) yang mampu kalian periksa secara online. Namun, bersifat diam-diam. Hanya pihak tertentu saja yang mampu mengaksesnya. Contoh, pertukaran gosip antara satu bank dengan pihak dari forum finansial. Isi yang ada di dalamnya, seputar identitas dari kreditur, kepemilikan, jumlah, dan lain sebagainya.

  Cara Cek OJK

Tata Cara Permintaan Informasi Debitur iDeb SLIK 200x112 - Cara Cek Ojk
Cara Cek OJK

Cara Cek OJK Online

Transaksi yang dilaksanakan oleh pihak debitur, semuanya akan masuk ke dalam SID. Termasuk wacana tunggakan atau kendala lainnya yang dialami oleh debitur selama masih dalam abad perlindungan. Data yang terdiri dari permasalahan tersebut, disimpan terpisah di bagian daftar hitam di Bank Indonesia Checking. Supaya, peminjam tidak mampu lolos begitu saja dari BI.

Layanan SID, kini sudah digantikan perannya oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kamu bisa temukan simbolnya di aneka macam aplikasi yang melibatkan keuangan secara digital. Selain itu, SID tersebut juga berubah istilah menjadi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan). Hal ini, tidak mempengaruhi kinerja dari BI itu sendiri. Hanya saja, isu nasabah pindah di iDEB.

Cara cek OJK online, buat kalian yang khawatir ingin memakai aplikasi berbasis finance dengan aman. Dikutip dari informasi yang disampaikan pribadi oleh pihak OJK melalui situs resminya di ojk.go.id. Pelaku debitur dapat memantau histori dari kredit yang dijalani ke pelapor SLIK. Informasi ini bersifat gratis, tidak akan dipungut ongkos sepeserpun. Simak!

Baca Juga:   Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Iphone

1. Metode Online atau Daring

Terbagi menjadi dua cara yang mampu kalian pilih sesuai kemampuan diri. Artinya disini, kau diberikan opsi untuk bisa menggunakan jasa dari kantor pusat OJK atau memanfaatkan kedatangan kantor cabang lokal atau regional. Kedua daerah tersebut mampu kalian saluran secara virtual tanpa perlu mesti mengunjungi secara eksklusif ke lokasi. Berikut caranya:

Melalui Kantor Pusat

  • Pihak yang berperan sebagai pemohon dari SLIK, mesti mengajukan permohonan isu terkait Debitur SLIK di laman resmi registrasi kantor pusat di OJK. Tautan untuk menuju ke registrasinya mampu kalian klik disini
  • Mengenal dan mengetahui bagaimana tata cara atau tata cara dari permintaan isi berita pihak Debitur SLIK secara online melalui kantor sentra di OJK. Penjelasan selengkapnya, mampu kamu lihat lewat file pdf berikut
  • Melengkapi formulir registrasi dan mengisi nomor untuk antrean
  • Unggah foto hasil scan dari dokumen yang diminta oleh metode (Paspor, KTP, NPWP, Identitas Pengurus, serta Akta Pendirian Perusahaan)
  • Mengisi kolom yang berisi captcha, lalu pilih kirim
  • Tunggu sampai kalian mendapatkan email verifikasi dari OJK yang isinya yaitu bukti dari registrasi antrean di SLIK secara online
  • Pihak OJK akan melakukan konfirmasi data. Kemudian, pihak pemohon akan mendapatkan notifikasi dari OJK dalam bentuk hasil konfirmasi antrean di SLIK secara online. Pemberitahuannya, diumumkan paling lambat 2 hari sebelum tanggal di antrean
  • Apabila data yang sudah masuk ke sistem tersebut valid, maka nasabah dapat melakukan cetak formulir serta harus tandatangan kurang lebih sekitar 3 kali
  • Ambil gambar atau scan formulir yang sudah kalian tandatangani
  • Kirimkan ke nomor aplikasi Whatsapp yang telah terlampir di email dari OJK (sertakan dengan foto selfie bareng e-KTP)
  • Pihak OJK akan konfirmasi data yang telah kalian kirimkan melalui Whatsapp, serta lakukan panggilan video (jikalau diharapkan)
  • Kalau sukses, OJK akan kirim hasil iDEB dari SLIK lewat fitur email.

Melalui Kantor Cabang OJK atau Regional

  • Pengajuan ke Sistem Layanan Informasi Keuangan atau disingkat menjadi SLIK, bisa kalian peroleh sehabis melaksanakan pendaftaran secara online. Klik disini untuk mampu mengarahkan ke link registrasi individu
  • Mempelajari serta mengerti urutan atau sistem yang mesti dilakukan oleh pihak pemohon untuk dapat menerima info Debitur di SLIK lewat metode online. Berikut rangkuman isi dari penjelasan lebih lengkapnya, klik file disini.
  • Selanjutnya, kau juga perlu mengetahui panduan yang sempurna untuk bisa mengerti dan membaca terkait hasil gosip pihak Debitur di SLIK yang telah kalian terima dari pihak OJK. Berikut isyarat selengkapnya bisa kalian unduh dalam bentuk file pdf. Klik disini.
Baca Juga:   Cara Daftar BBM Transparan

2. Tatap Muka secara Langsung atau Offline atau Luring

  • Pihak permohon dari SLIK, mampu juga secara eksklusif mengunjungi kantor sentra, atau regional, atau OJK yang berada di sekeliling kawasan tinggal kalian
  • Sebelumnya, pelajari juga apa saja hal yang harus dilakukan oleh pemohon untuk mampu mendapatkan isu di SLIK dengan tata cara tatap tampang. Penjelasan lebih lengkapnya, dapat kamu temukan dalam rangkuman file pdf berikut ini.

Sebagai gosip embel-embel, kantor pusatnya OJK ini berlokasi di Jalan Lapangan Banteng Timur 2-4, Jakarta. Kode posnya yaitu 10710.  Adapun nomor call center yang dapat kalian hubungi, diantaranya (021) 2960 0000 dan fax di (021) 385 8321. Kalau malas menggunakan ketiga cara tersebut, bisa eksklusif saja kirimkan melalui email resminya di humas@ojk.go.id.

Cara Cek OJK Pinjol

Pinjaman online kini makin marak dipakai oleh masyarakat. Selain proses pengajuannya yang jauh lebih gampang, limitnya juga besar. Bunga yang dibebankan terhadap pihak kreditur tidak terlalu tinggi. Sehingga, banyak warga Indonesia yang memanfaatkan kemudahan tersebut tanpa berpikir panjang. Ini salah! Kalian juga harus memperhatikan kemampuan finansial diri.

Cara cek OJK pinjol buat kau yang sering menggunakan layanan perlindungan online tersebut. Ada beberapa cara jitu untuk kalian dapat menjauhi aplikasi pinjol yang beredar luas secara ilegal. Supaya tidak tertipu, dan lebih waspada ketika ingin menggunakan fitur kredit via online. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

  • Langsung kunjungi situs atau laman resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di link berikut. Sebagai alternatif, kalian dapat klik tautan ini: bit.ly/daftarfintechlendingOJK
  • Bisa juga dengan menelepon Call Center OJK di 157. Alternatif yang lain, bisa manfaatkan aplikasi dari Whastapp dengan mengirimkan permohonannya ke nomor berikut: 081157157157. Cara cek OJK lainnya, dapat lewat kirim pesan di alamat email pelanggan@ojk.go.id

Perlu kalian ketahui hingga dengan bulan Maret 2022, telah ada lebih dari 102 santunan online yang terdaftar secara resmi dan sudah memiliki izin edar dari pihak OJK. Artinya, aplikasi tersebut sudah sesuai dengan beberapa syarat yang ditentukan untuk peroleh surat izin. Diawali dari proses modal, sampai cara kerja bisnis di dalamnya.

Baca Juga:   Cara Siaran Eksklusif Di Fb Lite

Sekian pembahasan perihal cara cek OJK di kesempatan kali ini. Semoga berfaedah. Sampai jumpa di topik menawan lainnya. Tetap semangat dalam melaksanakan ibadah puasa, serta sehat selalu. Bue!

 


Bagikan:
close