counter create hit

Cara Cek Pajak Motor Online

Bagikan:

Kalian tergolong orang yang senang berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Nah, wajib tuh pahami cara cek pajak motor online. Biar, kalau selama perjalanan tidak perlu takut kena tilang polisi lalu lintas. Hati damai, dompet aman. Hindari kecepatan yang berlebihan dikala sedang berkendara. Selain berbahaya, mampu menimbulkan kecelakaan bagi orang lain.

Fasilitas pengecekan hingga pembayaran pajak yang tersedia secara online, sungguh menolong mengendorkan beban para pemilik kendaraan. Bagaimana tidak. Kalau keharusan dapat tercukupi dengan mudah tanpa perlu gundah menyesuaikan jadwal untuk mampir ke kantor Samsat. Otomatis, bertambah banyak juga orang yang terdorong agar bisa taat mengeluarkan uang pajak.

Warga di daerah DKI Jakarta, mampu dengan leluasa menggunakan fitur daring untuk cek tax yang wajib dibayarkan setiap tahunnya ke negara. Lebih dari 1 tata cara bisa kalian terapkan untuk melakukan pengecekan jumlah pajak per orang. Aksesnya mampu dilaksanakan selama 24 jam nonstop. Bebas dari halangan ini itu. Karena, diceknya lewat perangkat selular saja.

Cara Cek Pajak Motor Online

iilpzvef4gn28zzbeud9 200x112 - Cara Cek Pajak Motor Online
Cara Cek Pajak Motor Online

Cara Cek Pajak Motor Online Jawa Tengah

Pajak online yang tersedia bagi warga DKI Jakarta merupakan layanan yang diberikan oleh pemerintah untuk pemilik kendaraan yang berdomisili di Jakarta. Berdasarkan dari pantauan yang sudah dikerjakan di situs resmi SAMSAT PKB-BBKNB, 2017. Terlihat tidak hanya dari pihak pemerintahan saja yang mendukung. Ada Kepolisian Daerah, Badan Pendapatan, dll.

Selain itu, didukung juga oleh Dinas Komunikasi, Informatika, serta Statistik milik Pemprov DKI Jakarta. Pada performa terutama, kalian akan menemukan 2 kolom yang berisikan NOPOL (Nomor Polisi) yang mampu diisi dengan 4 digit angka. Kemudian, NIK sesuai KTP milik pemilik kendaraan yang diisi oleh 16 digit. Setelah itu, centang kolom “I’m not a robot”.

Cara cek pajak motor online Jawa Tengah, sedikit berlainan tahapannya dengan apa yang ada di pengecekan untuk area Jakarta. Secara biasa , pajak akan dibayarkan oleh pemilik motor setiap satu tahun sekali. Perhitungannya didasarkan dari besar dari kapasitas mesin, dan jenis kendaraan yang digunakan. Sedangkan salah satu aspek pendukungnya, yaitu tarif dari tax.

Baca Juga:   Cara Arisan Barang

Informasi suplemen untuk pemilik kendaraan yang sudah menuntaskan proses pembayaran pajak. Kalian tetap mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pengakuan dengan cara membawa kendaraaan secara langsung ke Samsat terdekat. Jangka waktu yang diberikan terhadap pemilik motor, kurang lebih 14 hari sesudah sukses melunasi pajak sebelumnya. Datang ke loket.

Pemohon pengesahan STNK, semestinya telah menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk melaksanakan verifikasi data di Samsat. Diantaranya ada SKPD orisinil, STNK, serta e-KTP. Proses pelaksanaannya akan dibantu oleh petugas lokal. Mulai dari pengisian NIK e-KTP, NKRB, sampai 4 digit angka terakhir dari nomor rangka yang dimiliki motor. Scan instruksi QR.

Kolom gosip yang berisikan keterangan rinci kendaraan motor, serta berita seputar PKB akan terdapat kode QR yang dapat dipindai atau scan oleh pihak petugas dari kantor Samsat Jawa Tengah. Apabila seluruh data yang terlampir telah final diproses, maka motor kau akan mendapatkan tempelan berbentukstiker. Artinya, kendaraan telah berhasil disahkan.

Cara Cek Pajak Motor Online Bekasi

Lain kawasan, beda juga link yang dituju untuk mampu melaksanakan pengecekan nominal pajak kendaraan eksklusif kalian. Soalnya, memang telah dirancang seperti itu oleh pemerintah. Hal ini, diberlakukan agar mempermudah dalam proses pendataan dari pemilk kendaraan. Lebih tertata secara rapih, pastinya. Nah, berikut ada prosedur cek pajak untuk provinsi Jawa Barat.

Cara cek pajak motor online Bekasi. Dimana, wilayah satu ini termasuk ke dalam salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Barat. Terpisah dari lingkup DKI Jakarta. Adapun plat nomor kendaraan yang sama dengan Bekasi, yaitu Depok. Sama-sama mempunyai huruf B pada

bab platnya. Kalau cuma sekedar ingin mengenali biaya pajak, mampu diakses secara online.

  • Buka link berikut : https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ melalui browser di perangkat kalian
  • Lanjutkan dengan mengisi plat nomor kendaraan dalam bentuk digit angka
  • Kemudian, isi dengan 2 huruf paling tamat yang terdapat di plat kendaraan
  • Pilih salah satu warna kendaraan roda dua kalian
  • Isi kolom selanjutnya dengan Captcha yang timbul di layar
  • Tekan tombol “Cari atau Search” untuk melanjutkan cara pengecekan
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul penampilan isu serta besar ongkos yang mesti kalian bayarkan
  • Selain itu, kau juga mampu menemukan berita yang lain seperti merk, tahun, versi, nomor rangka, warna, serta nomor mesin motor
Baca Juga:   Kiat Cara Menanggulangi Wifi Android Tidak Mampu Terkoneksi

Cara Pembayaran Pajak Motor

Umumnya, proses pembayaran pajak dilakukan secara langsung melalui kantor Samsat sesuai dengan domisili dari pemilik kendaraan. Setelah itu, kalian akan diarahkan untuk melaksanakan pengisian formulir serta melengkapi persyaratan yang telah diputuskan untuk diserahkan ke bagian loket. Selesai verifikasi, kau akan dipanggil kembali untuk mengambil STNK.

Pengecekan kendaraan saja bisa dipermudah secara daring, pembayaran pajaknya ternyata juga sama. Pemilik motor sekarang mampu menyanggupi kewajibannya terhadap negara dengan bayar pajak sesuai tanggal yang telah ditetapkan. Buat kau yang memiliki aktivitas sangat padat. Ada alternatif lain yang mampu dicoba untuk tetap patuh terhadap hukum yang berlaku. Simak!

1. Melalui Bantuan Kasir di Indomaret

Berikut beberapa tahapan yang mampu kalian kerjakan untuk melaksanakan pembayaran pajak motor di outlet Indomaret:

  • Kunjungi Indomaret terdekat dari tempat tinggal kalian, kemudian menuju kasir
  • Tanya apalagi dahulu apakah mampu melaksanakan transaksi untuk bayar pajak kendaraan roda dua
  • Serahkan infromasi yang diperlukan, seperti nomor mesin kendaraan, nomor polisi, serta nomor hp yang aktif
  • Muncul jumlah tagihan yang mesti dibayarkan oleh pemilik kendaraan pada layar kasir Indomaret
  • Pemilik dari STNK, nantinya akan mendapatkan SMS notifikasi berupa Electronic Registrastion & Identification dari pihak POLRI
  • Tekan link yang terdapat di isi pesan tersebut untuk mendapatkan tanda bukti berbentukhasil pembayaran pajak kendaraan
  • Kunjungi kantor Samsat terdekat agar kalian dapat mempunyai STNK sah yang gres.

2. Gunakan Aplikasi Tokopedia

Langkah-langkah berikut ini, mampu kalian praktekan secara pribadi bila sebelumnya sudah memiliki akun di Tokopedia. Simak klarifikasi selengkapnya!

  • Masuk ke laman browser yang terdapat di perangkat kalian
  • Ketik di kolom penelusuran dengan kata kunci “cara pembayaran pajak motor online”
  • Pilih hasil penelusuran teratas di Google, ialah pembayaran e-Samsat di Tokopedia
  • Pilih salah satu kawasan dari 8 pilihan provinsi yang tersedia
  • Contoh, Samsat Jabar (Jawa Barat)
  • Muncul tampilan instruksi bayar yang telah kalian peroleh dari aplikasi SAMBARA
  • Selanjutnya, kirim pesan dengan mengisi format berikut: esamsat_nomor rangka_NIK
  • Kirim SMSnya ke nomor 0811 211 9211
  • Selesai melaksanakan proses transaksi, kembali ke SAMBARA untuk peroleh bukti digital pembayaran atas pelunasan pajak. Unduh e-SKKP
Baca Juga:   Xiaomi Redmi 8A Harga Dan Spesifikasi Lengkap

Sekian pembahasan perihal cara cek pajak motor online di kesempatan kali ini. Semoga berguna. Sampai jumpa di info menawan lainnya. Tetap semangat menjalani ibadah puasa. Sehat selalu. Bye!

 


Bagikan:
close