counter create hit

Cara Cek Porsi Haji

Bagikan:

Rukun islam yang berisikan 5 macam, salah satunya ialah menunaikan ibadah haji. Hal ini, yang menjadi pondasi bagi para umat muslim semasa hidupnya. Namun, acap kali terjadi pergeseran hukum yang diberlakukan untuk para jamaah haji. Oleh alasannya itu, kalian mesti tahu bagaimana cara cek takaran haji. Fungsinya, agar kandidat haji dapat memperkirakan waktu tunggu.

Keberangkatan haji, secara lazim akan dijalankan setiap tahun dengan cara dibagi menjadi ke beberapa gelombang. Akan namun, khusus di tahun 2021 Indonesia telah memutuskan bahwa seluruh daftar antrean kandidat haji tidak dapat diberangkatkan ke tanah suci. Kemenag atau Kementerian Agama sendiri yang memberikan keputusan tersebut. Dikutip dari Kompas.

Penyelenggaraan di tahun 1443 Hijriah atau 2022 Masehi terkait ibadah haji, pihak Indonesia merasa optimis dapat memberangkatkan para jemaatnya. Pihak Arab Saudi, dikenali sudah mencabut peraturan larangan untuk melaksanakan haji baik dalam maupun mancanegara untuk masa tahun 2022. Sayangnya, bagi kandidat jemaah yang berusia lebih dari 65 tahun dihentikan.

Cara Cek Porsi Haji

aplikasi haji pintar terbaru 200x112 - Cara Cek Porsi Haji
Cara Cek Porsi Haji

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

Adapun beberapa syarat yang diberlakukan oleh pemerintah Arab Saudi untuk seluruh negara yang ingin ikut serta dalam program ibadah haji di tahun 1443 Hijriah. Diantaranya, selaku berikut:

  1. Usia kandidat jemaah yang berasal dari dalam atau mancanegara Arab Saudi, maksimal ialah 65 tahun
  2. Diwajibkan sudah menerima suntikan vaksinasi terhadap penyakit Covid-19 hingga dosis 3 atau booster
  3. Melampirkan hasil tes PCR dari laboratorium bahwa kandidat jemaah bebas dari virus Covid-19 (negatif Covid) dengan kisaran waktu terlama yaitu 72 jam sebelum datang di negara Arab Saudi.

Cara cek takaran haji melalui hp android bagi warga luar negeri Indonesia yang mesti kalian pahami sebelum berangkat menunaikan ibadah ke Mekkah. Berdasarkan pemaparan dari web resmi di Indonesia.go.id yang dikutip ulang dari laman official milik Kementerian Agama. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca Juga:   Cara Bayar Tagihan Listrik Dengan Biaya Admin Murah

  1. Buka hidangan Google Play Store yang terpasang di hp android kalian
  2. Ketik di kolom pencarian dengan keyword “Haji Pintar”
  3. Tekan ikon loop atau pilih tombol “OK”
  4. Pilih tombol install  untuk memulai pemasangan aplikasi
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai berlangsung. Mulai buka aplikasi “Haji Pintar”
  6. Pada halaman utama aplikasi, klik pilihan sajian “Estimasi Keberangkatan”
  7. Isi dengan nomor takaran haji yang sudah kalian peroleh dari vendor
  8. Pilih tombol “Submit”
  9. Tunggu sesaat, sampai timbul performa berisikan informasi.

Haji Pintar tersebut, akan menginformasikan isu kepada para calon jemaah secara rinci. Adapun info yang ditampilkan, terdiri dari beberapa basic individu. Seperti nama, nomor porsi, asal kota atau kabupaten, tahun kisaran keberangkatan, serta posisi dari takaran yang ditemukan menurut kuota di provinsi. Selain lewat aplikasi, kau juga bisa pakai web.

Pengecekan takaran haji yang dilaksanakan melalui situs web tanpa perlu mengunduh aplikasi dari Haji Pintar apalagi dahulu, mampu kalian praktekan sesuai kode berikut. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  1. Masuk ke sajian browser melalui perangkat gadget yang dimiliki
  2. Di halaman website, ketik tautan berikut: haji.kemenag.go.id
  3. Pilih hidangan ke bawah yang berisikan data basic
  4. Pilih perkiraan jadwal keberangkatan
  5. Isi nomor porsi haji yang sudah kalian miliki ke dalam kolom yang tersedia
  6. Pilih “Search atau Cari”
  7. Semua info yang kalian cari akan muncul di layar.

Cara Cek Porsi Haji dengan Nama

Website resmi miliik Kemenag yang berisikan informasi seputar keberangkatan haji, tersedia juga gosip perihal manasik secara virtual, data serta profil dari KBIHU, tuntunan untuk jalankan aktivitas manasi selama pandemi, hingga konsultasi manasik dan umrah. Kalian bisa menemukan doa serta dzikir yang dipakai selama melangsungkan haji maupun umrah.

Cara cek porsi haji dengan nama, belum ditampilkan aksesnya di laman resmi milik Kemenag. Masih memakai nomor takaran haji untuk melaksanakan pengecekan. Jemaah, dapat hubungi pihak vendor semoga diinfokan nomornya. Berikut disclaimer yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah. Diantanya ada:

Baca Juga:   Cara Menggunakan Whatsapp Tema Juventus Di Android

  1. Jadwal perkiraan keberangkatan untuk ibadah haji, bisa berganti kalau terjadi pergantian kuota di setiap provinsi atau kabupaten atau kota atau haji sesuai dengan peraturan yang berlaku
  2. Jadwal dari asumsi keberangkatan tersebut, hanya berlaku untuk kandidat jemaah yang memang masih aktif berpartisipasi, berlum mengalami abolisi ataupun berangkat
  3. Pengoperasian operasional ibadah haji, akan dilaksanakan setiap kali terjadi perubahan tahun. Baik di permulaan atau di akhir tahun berikutnya. Hal ini, dijalankan selaku langkah-langkah pencegahan kepada seluruh calon jemaah yang berada di status poin ke-2. Terhitung sejak mulai ekspresi dominan haji selanjutnya
  4. Apabila calon jemaah menerima nomor takaran yang dimundurkan selama operasional ibadah haji berjalan, mampu melakukan pengecekan ulang selesai kala operasionalnya selsai

Kuota Ibadah Haji di Tahun 1443 Hijriah

Calon jemaah yang sebelumnya merasa duka karena gagal berangkat di tahun 2021 silam, hal ini tidak akan terjadi di tahun 2022. Pasalnya, Yaqut Cholil Qoumas yang sekarang menjabat selaku Menteri Agama telah memberikan pernyataan. Beliau memberikan kalau tahun ini negara Indonesia menerima kuota kurang lebih sekitar 100.051 jemaat. Ada petugas juga.

Jumlah dari petugas yang mampu diberangkatkan, mencapai 1.901 orang. Adapun kloter atau gelombang pertama keberangkatan akan dimulai pada tanggal 4 Juni tahun 2022. Semua hal yang berhubungan dengan antisipasi dari berangkatnya para kandidat jemaat, sudah dimulai. Contoh, memutuskan asrama yang akan digunakan sudah sesuai dengan regulasi. Dilakukan sterilisasi.

Selain membangun rasa kenyamanan lewat kamar asrama yang sudah disiapkan di banyak sekali tempat oleh pemerintah setempat. Pihak Komisi VIII DPR RI juga menghimbau semoga pemerintah mampu memberikan pembelajaran mengenai Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) serta BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) kepada para calon jemaat haji. Yogyakarta.

Alur Pengembalian dari Perlunasan Bipih Jemaah Haji Reguler

Berikut tindakan yang mesti diamati oleh calon jemaah kalau kalian hendak melakukan pengajuan pembatalan keberangkatan ibadah haji. Terutama, bagi yang terdaftar selaku kategori regular. Instruksi didasari oleh Keputusan dari Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021, penyelenggaraan haji Tahun 1442/2021M. Prosedurnya yakni:

Baca Juga:   Cara Menghapus Akun Google Di Hp

1. Jemaah

Calon jemaah ibadah haji melaksanakan pengajuan pengembalian dana setelah dirinya tercatat sebagai pendaftar yang setorannya sudah lunas Bpih. Melalui jalur tertulis, kalian diwajibkan untuk melampirkan beberapa berkas, diantaranya:

  • Bukti orisinil dari setoran Bpih
  • FC buku simpanan calon jemaah
  • FC identitas diri (e-KTP)
  • Nomor telepon aktif milik kandidat jemaah

2. Kemenag Kota atau Kabupaten

  • Pihak petugas harus lakukan validasi dan konfirmasi data lewat aplikasi Siskohat
  • Pihak Kakamenag Kota/Kab menunjukkan surat permintaan pengembalian setoran Bpih ke Badan Ditjen PHJ

3. Ditjen PHU dari Kemenag

  • Data yang diterima dikerjakan verifikasi dan konfirmasi oleh petugas di Siskohat
  • Diryan DN nanti akan menawarkan surat permohonan pengembalian setoran Bipih ke bab Kepala BPKH

4. BPKH

  • Dilakukan verifikasi atas permintaan dari pengembalian setoran pelunasan oleh petugas
  • Penerbitan SPM berdasarkan nilai pembayaran Bpih kepada pihak BPS Bpih

5. BPS Bipih

  • Penerimaan SPM dari pihak BPKH oleh petugas
  • Transfer setoran pelunasan Bpih yang dikerjakan oleh petugas ke rekening calon jemaah
  • Konfirmasi atas pengembalian setoran Bpih di aplikasi Siskohat

Sekian isu seputar cara cek takaran haji di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dalam menjalani ibadah puasa. Sehat selalu, dan biar menjadi haji yang mabrur. Sincerly

 


Bagikan:
close